-->

Menghitung peluang lulus dan strategi dalam CPNS 2019


untuk kamu yang membaca ini tentunya memiliki harapan untuk lulus tahun ini, ya kan ?
maka dari itu semoga apa yang saya tulis ini bisa menjadi tukar pikiran, tentu saja ini adalah pandangan saya yang rasanya sangat boleh untuk anda tidak setuju.
perlu di ketahui bahwa di tahun ini. CPNS 2019 memiliki peraturan yang sedikit berbeda dengan tahun 2018.

hal inilah yang harus menjadi pertimbangan untuk anda  dalam mengatur strategi.

jangan berfikir Gimana ntar ! tapi kamu harus berfikir Ntar gimana !

Hal yang harus kamu ketahui mengenai pembaharuan peraturan adalah

1. formasi pelamar di hilangkan. 


Seperti yang saya singgung pada postingan sebelumnya bahwa BKN Menghapus kolom pesaing.
BACA DISINI
jadi kita tidak bisa memantau berapa banyak jumlah pendaftar pada intansi yang kita pilih.
beberapa orang mesiasati dengan membuat grup whatsapp dan mendata beberapa orang. namun, keakuratan data tersebut hanya 10% sebab bisa saja orang-orang berbohong untuk keuntungan dirinya sendiri. begitulah manusia jadi pada intinya untuk memilih intansi KITA HARUS MEMILIH DENGAN ISTIKHARAH DAN MEMANJATKAN DOA PADA ALLAH, AGAR DIBERIKAN YANG TERBAIK. jangan berharap pada manusia karena berharap pada manusia tentu bisa membuatmu jatuh dalam kekecewaan. 


2.  P1/TL bisa langsung masuk tahap SKB tanpa SKD 

untuk kamu yang belum paham. P1/TL  adalah orang yang kemarin lolos pasing grade tapi gagal menjadi ASN. nah kali ini nilai kita di tahun 2018 itu bisa dipakai, dan keistimewaannya kitapun bisa mengikuti  SKB tanpa mengikuti tes SKD.


Tahapan Tes ---> tahap 1 (administrasi) -----> tahap 2 (SKD) -----> tahap 3 (SKB) 
apabila mengikuti tes dan hasilnya kecil maka nilai test pertama akan menjadi acuan / yang dipakai untuk penilaian kelayakan mengikuti SKB. Hal ini tentu saja menjadi keuntungan dan disisi lain ancaman bagi pendaftar baru yang tidak memiliki pengalaman atau pendaftar kemarin yang tidak memenuhi pasing grade.

apabila tahun lalu kita masuk p1/TL maka sudah dipastikan peluang keberhasilan sebesar 75% menurut saya. Yng bisa mengalahkan adalah saingan dengan nilai yang bisa menyaingi nilai pasing gradenya. belum lagi apabila jka peserta p1/TL ini memiliki sertifikat pendidik (SERDIK/KHUSUS UNTUK PROPESI GURU) Sebab jika menggunakan sertifikat pendidik maka nilai SKB menjadi 100 atau dinyatakan sempurna.

Hal ini pernah saya alami tahun lalu bahwa ketika nilai saya yang dihitung secara manual  nilai SKB dan SKD (70) sementara saingan saya (40) namun karena di keterangan tersebut tertulis (SP) yang artinya memiliki sertifikat pendidik maka sayapun gagal karena nilai SKB saingan saya yang menjadi 100.

jadi patut diwaspadai apabila lawan kita memiliki serfikat pendidik saya sarankan untuk berhenti bersaing karena berapapun nilai SKB mu kamu tidak akan bisa mengalahkan yang memiliki sertifikat pendidik.

saran saya, ikuti SKD dan raih nilai setinggi mungkin diatas pasing grade, selama masa tunggu, kamu harus mendapatkan sertifikat pendidik.

3. PASING GRADE TURUN. 

kali ini, sebab pasing grade turun, kita harus lebih fokus untuk mendapatkan nilai terbaik. apabila tahun ini kita gagal namun kita masuk dalam passing grade, kita akan mendapatkan keuntungan pada test berikutnya. apa yang kita takutkan kemarin adalah nilai karakteristik pribadi ya kan ? padahal seharusnya yang patut kita incar adalah nilai TIU.


STRATEGI ! 


untuk kamu yang ingin berusaha lulus (khususnya untuk profesi guru) maka langkah yang harus kamu lakukan adalah mempelajari materi SKD sebaik mungkin. Latihlah kemampuan di TIU, TKP, dan TWK.

gunakan metode khusus untuk belajar TWK. jangan berfokus pada hafalan sebab saat test soalnya bukanlah hafalan saja melainkan analisis dan bentuk soalnya pun panjang.

belajarlah dengan menggunakan waktu. sebab nanti kamu saat test akan merasa waktu berjalan lebih cepat. berlatihlah untuk tenang dan tidak tergesa-gesa mengerjakan soal.
kamu hanya perlu menghitung batas soal yang benar untuk sampai ke pasing grade jika itu diterapkan kamu pasti akan lolos.

pilihlah tempat yang cocok dengan hati, berdoalah dan dirikanlah istiqarah. 
semua kembali lagi kepada izin Allah Subhanahuwata'ala. Hanya Allah yang bisa mengabulkan doa, dibarengi dengan iktiar.

kesimpulannya :
peluang lulus bagi pendaftar baru tanpa serdik dan P1/TL adalah 25%
peluang lulus bagi pendaftar P1/TL adalah 75%
peluang lulus bagi pendaftar dengan P1/TL dan serdik adalah 85%

yang bisa mengalahkan  peluang lulus bagi pendaftar dengan P1/TL dan serdik adalah dengan orang yang memiliki serfikat pendidik dan memiliki nilai SKD yang lebih besar.

presentase diatas hanyalah pendapat saya dan kamu berhak untuk tidak setuju

trik dan tips sebelum ujian KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel