-->

Tips dan trik lulus UJIAN CPNS Berdasarkan pengalaman




menjadi seorang ASN tentu saja masih banyak di minati oleh siapapun terutama untuk yang memiliki orang tua yang masih berfikiran jadul. menjadi seorang ASN seakan seperti keharusan.

hidup tidak ada yang tahu, tapi jika kita ingin lolos CPNS ternyata, beginilah kata seseorang yang telah mengikuti ujian CPNS dan lulus.

Tips dan trik lulus UJIAN CPNS 2019

1. Luruskan niat

Menjadi PNS bukan untuk kebanggaan/menyombongkan diri. Jangan sampai belum apa apa aja udah niatnya sombong dan menyombongkan diri, apalagi udah jadi apa apa. Luruskan niat agar terbimbing kawan.

2. Kuasai emosi.

Ada banyak peserta yang begitu yakinnya akan lulus ujian dengan kemampuan matematis dan daya dukung lingkungan sekitarnya, nyatanya masih gagal juga.

Mereka lupa nasehat orang tua : kekuatan matematis sj tidak cukup untuk menaklukan ujian ini nak.., kau perlu banyak belajar menguasai diri, agar kemampuan matematis mu berbuah berkah

Penguasaan emosi perlu dilatih dari sekarang kawan. Sejak tahap persiapan sebaiknya dilatih, agar terbiasa kontrol emosi saat ujian dan pasca ujian. Percaya diri boleh, tetapi jangan berlebihan. Coz percaya diri dengan sombong lagi menyombongkan diri itu beda tipis.

Kemampuan matematis saja tidak cukup untuk menaklukan ujian ini kawan, kau harus mampu mengalahkan emosimu sendiri
Tak sedikit peserta yang siap secara matematis, tapi gagal ujian, hanya karena tak mampu menguasai emosi saat ujian berlangsung.

3. Kerja keras dan kerja Cerdas.

Ada banyak kesalahan pikir dari beberapa peserta ujian di tahap latihan soal Mereka mengandalkan nalar dan kemampuan dari sudut pandang dirinya tanpa merujuk pada pembahasan idealis normatifnya dari sumber sumber yang ada .Kebiasaan ini akan terbawa saat ujian sesungguhnya, mereka akan menjawab sesuai dengan pengalamannya selama ini. Padahal ini keliru. Yang diinginkan adalah jawaban yang semestinya dilakukan peserta (idealis normatif). Kasus Tes kepribadian merujuk pada kebiasaan tersebut, sebaiknya saat kawan kawan latihan soal, rujuklah dengan buku buku yang sudah ada pembahasannya agar kawan kawan bisa menemukan pola/kata kunci petunjuk jawaban yang tepat dan cepat.

 4. Berdoa minta yang terbaik kepada Allah

Berdoa minta yang terbaik berbeda dengan meminta untuk lulus. Semoga dengan meminta hasil yang terbaik, Gusti Allah akan bimbing, dipertemukan dengan lingkungan yang sehat, kolega yang sefrekuensi dalam kebaikan, dan yang tak kalah penting adalah keselamatan dan keberkahan dari tempat kerja kita.
Sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang terbaik bagi hambanya
Tidak ada sesuatu yang mustahil. Semua akan terjadi dengan kehendak-Nya. Maka dekatkan diri kepada Allah swt, jauhkan ego dan kesombongan, tetep berbagi informasi ke sesama peserta ujian tak terkecuali ke peserta yang arah tempat kerjanya sama, instansi yang sama, dan formasi yang sama. 
 
Kurangi berharap pada makhluk, karena ia bisa menjadi sebab diantara sebab kesombongan muncul. Ingatlah selalu nasihat orang tua, sekuat apapun makhluk, bahkan ketika mereka berhimpun dan menyatukan diri untuk memutuskan sesuatu, yakinlah mereka tak akan pernah bisa memberikan mudarat sedikitpun kecuali atas Ijin NYA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel