-->

Memahami stategi menghadapi SKD dan SKB


setelah seleksi administrasi, maka kita akan melaju ketahap selanjutnya yaitu melaksanakan ujian seleksi kompetensi bidang. dalam hal ini menurut pasal 2 SKD terdri dari

1. TKP    tes karakteristik pribadi
2. TIU     tes intelegensi umum
3. TWK  tes wawasan kebangsaan

tidak hanya memahami ketiganya, kita juga harus mengetahui pasing grade yang harus kita capai.

apabila kita masuk dalam passing grade yang ditentukan maka kita akan masuk kedalam kategori P1.
apabila tidak memenuhi Pasing grade maka kita akan masuk kedalam kategori P2 yang merupakan lulus berdasarkan nilai kumulatif minimun. itupun apabila dalam intansi yang dipilih tidak ada yang P1.

biasanya apabila ada yang memenuhi pasing grade disalah satu intansi hanya 1 maka dalam seleksi SKB sudah dipastikan kita akan lolos. tapi apabila ada 2 atau 3 peserta lolos pasing grade maka akan melakukan di seleksi melalui SKB.
dengan catatan apabila diantara ketiganya ada salah seorang memiliki sertifikat pendidik untuk guru maka orang yang memiliki sertifikan pendidik akan otomatis lulus karena mendapatkan nilai SKB 100. atau sempurna.

untuk pasing grade 2019 adalah
TKP 126
TIU    80
TWK 65

hal ini adalah angin segar untuk kita bahwa TKP menjadi lebih rendah, maka yangharus kita fokuskan adalah TIU. sebab tahun lalu TIU amat menyita waktu .

untuk mendapatkan nilai TWK yang tinggi kita harus tahu poin apa saja yang menjadi fokus wawasan kebangsaan.
menurut BKN , TWK terdiri dari 4 pilar kebangsaan.  dan beberapa poin diantaranya juga terdapat soal bahasa indonesia. jadi kita harus mempelajari Ejaan yang disempurnakan dan hal-hal yang berkaitan dengan materi bahasa indonesia.

JUMLAH SOAL 35



JUMLAH SOAL 30
meskipun jumlah soal lebih sedikit, tapi pengerjaan untuk soal ini amatlah panjang. tertutama untuk logika analisis. kita harus bisa menguasai silogisme dan terutama logika gambar / kemampuan figural yang pada tahun lalu amat banyak muncul.


terakhir adalah TKP
pada tahun 2018 ini menjadi momok menakutkan sebab nilai pasingradenya tinggi namun sebenarnya untuk TKP kita memiliki trik tersendiri untuk mendapatkan nilai sebab apapun jawabannya kita mendapatkan poin. dari 1-5.


JUMLAH SOAL 35




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel