-->

Prinsip dan Metode Kepramukaan

Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan merupakan identitas yang membedakan kepramukaan dari lembaga pendidikan lain dalam upaya membina watak dan membentuk karakter peserta didik, yang dilaksanakan sesuai dengan kepentingan, kebutuhan, situasi dan kondisi masyarakat.

Prinsip Dasar Kepramukaan sebagai norma hidup seorang anggota Gerakan Pramuka, ditanamkan dan ditumbuhkembangkan melalui proses penghayatan oleh dan untuk diri pribadi anggota Pramuka dengan dibantu oleh pembina.

Dengan demikian, pelaksanaan dan pengamalan Prinsip Dasar Kepramukaan dilakukan dengan penuh kesadaran, kemandirian, kepedulian, tanggung jawab serta keterikatan moral, baik sebagai pribadi maupun anggota masyarakat.

Empat Prinsip Dasar Kepramukaan Berikut ini adalah empat Prinsip Dasar Kepramukaan yang harus dimiliki oleh anggota Pramuka sesuai seperti yang tercantum dalam Anggara Dasar Gerakan Pramuka :
1. Iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa;
2. Peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya;
3. Peduli terhadap diri pribadinya;
4. Taat kepada Kode Kehormatan Pramuka;

Bentuk Pelaksanaan Prinsip Dasar Kepramukaan

Bentuk pelaksanakan Prinsip Dasar Kepramukaan dalam diri anggota Pramuka adalah sebagai berikut.
  • Taat kepada Tuhan Yang Maha Esa dan beribadah sesuai tata cara menurut agama yang dipeluknya, menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
  • Mengakui bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri, akan tetapi hidup bersama dengan sesama manusia dalam kehidupan bersama dengan didasari prinsip perikemanusiaan yang adil dan beradab.
  • Diberi tempat hidup dan berkembang bersama, berkeluarga, bermasyarakat, dan berbangsa secara rukun serta damai.
  • Memiliki kewajiban untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sosial serta memperkokoh persatuan, menerima kebhinekaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Merasa wajib peduli terhadap lingkungan dengan cara menjaga, memelihara, dan menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik.
  • Menyadari bahwa sebagai anggota masyarakat wajib peduli pada kebutuhan diri sendiri agar dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan.
  • Selalu berusaha taat pada Satya dan Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi Prinsip Dasar Kepramukaan


Fungsi Prinsip Dasar Kepramukaan sebagai berikut.
1. Norma hidup anggota Gerakan Pramuka
2. Landasan kode etik Gerakan Pramuka
3. Landasan sistem nilai Gerakan Pramuka
4. Pedoman dan arah pembinaan kaum muda anggota Gerakan Pramuka
5. Landasan gerak kegiatan Pramuka dalam mencapai sasaran dan tujuannya

Metode Kepramukaan

Metode Kepramukaan merupakan cara belajar progresif melalui :
1. Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka;
2. Belajar sambil melakukan;
3. Sistem berkelompok;
4. Kegiatan yang menantang dan meningkat serta mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani anggota muda dan anggota dewasa muda;
5. Kegiatan di alam terbuka;
6. Sistem tanda kecakapan;
7. Sistem satuan terpisah untuk putera dan untuk puteri;
8. Kiasan dasar, dalam hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah tumpah darah di mana dan kapanpun seorang Pramuka berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel