-->

perkembangbiakan generatif dan vegetatif pada hewan

pada pembelajaran sebelumnya kamu mengetahui bahwa tujuan hewan berkembangbiak adalah untuk melestarikan keturunannya. nah ! 

kamu juga telah mengetahui bahwa perkembangbiakan hewan secara generatif itu melalui proses fertilisasi 

Fertilisasi adalah proses penggabungan sel-sel kelamin jantan (sperma) dengan sel-sel kelamin betina (ovum atau sel telur) pada hewan yang bereproduksi secara seksual. Proses ini merupakan langkah awal dalam pembentukan zigot atau sel telur yang telah dibuahi yang kemudian akan berkembang menjadi embrio.

Pada hewan ovipar, proses fertilisasi terjadi di luar tubuh induk, biasanya di dalam sarang atau lingkungan eksternal. Sperma yang dilepaskan oleh hewan jantan akan bertemu dengan sel telur betina yang siap dibuahi.

Pada hewan vivipar dan ovovivipar, proses fertilisasi terjadi di dalam tubuh induk. Sperma yang masuk ke tubuh betina akan bertemu dengan sel telur dan pembuahan terjadi di dalam tubuh betina sebelum membentuk zigot.

Fertilisasi merupakan tahap penting dalam reproduksi seksual karena menghasilkan zigot yang memiliki materi genetik dari kedua induk, sehingga memastikan terjadinya variasi genetik dalam populasi hewan. Variasi genetik ini penting untuk kelangsungan hidup dan adaptasi hewan terhadap perubahan lingkungan.

Hewan berkembangbiak dengan cara kawin / generatif yaitu dengan bertemunya sel kelamin jantan dan betina. 

perkembangbiakan generatif dibagi menjadi 3 

vivivar = berkembangbiak dengan cara melahirkan. ciri hewan ovivar adalah menyusui dan memiliki daun telinga. sebagai contoh kuda, kambing dll 

ovivar = berkembangbiak dengan cara bertelur. ciri hewan ovivar adalah tidak menyusui dan  tidak memiliki daun telinga. sebagai contoh ayam, belalang dll 


ovovivivar = berkembangbiak dengan cara melahiran dan bertelur. 

umumnya hewan yang berkembangbiak dengan cara ini adalah hewan berdarah dingin seperti kadal, iguana dll 


untuk lebih mudah menghafal silahkan lihat rangkuman berikut ! 


perkembangbiakan selanjutnya adalah perkembangbiakan tidak kawin atau vegetatif. 
mungkin diantara kamu baru mengetahui bahwa ternyata hewan juga ada yang seperti tumbuhan ya ! berkembangbiak dengan cara vegetatif atau tidak kawin. tidak ada pertemuan antara sel kelamin betina dan jantan. 

ada beberapa jenis perkembangbiakan secara vegetatif. 
1. tunas 
2. membelah diri 
3. fragmentasi
untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan materi berikut ! 

semoga bermanfaat. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel