Pemetaan dan deskripsi KD kelas 6 semester 2 kurikulum 2013
PENJABARAN KD SEMESTER 2 KELAS 6
untuk pemetaan silahkan download paling akhir artikel
ASPEK KOGNITIF (K3)
PAI
3.4 memahami hikmah beriman kepada qadha dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia3.5 memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga
3.6 memahami sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al Kafirun
3.7 memahami hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam
3.8 memahami kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
3.9 memahami kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
3.10 memahami kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
3.11 memahami kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
3.12 memahami kisah Nabi Muhammad saw.
3.13 memahami kisah keteladanan
3.14 memahami kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an
PPKN
3.1 Memahami moralitas yang terkandung dalam sila pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan
B. INDONESIA
3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang diri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3 Menguraikan isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
MATEMATIKA
3.4 Menentukan prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antarsimbol, informasi yang relevan dan mengamati pola.3.11 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan beberapa jenis data saling terkait yang diolah menggunakan tabel dan grafik
IPA
3.2 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari.3.3 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, revolusi bulan, dan peristiwa terjadinya gerhana bulan, dan gerhana matahari.
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan
3.5 Memahami hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat suhu melalui pengamatan serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
IPS
3.1 Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang,waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia.3.4 Menelaah manfaat kelembagaan politik sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia
3.5 Menelaah landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi dalam berbagai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya)
PJOK
3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi pada gerak dasar lokomotor,nonlokomotor dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.3.6 Memahami konsep rangkaian tiga gerak dasar senam lantai dengan konsisten, tepat dan kontrol yang baik dalam aktivitas senam.
3.9 Memahami konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular
SBDP
3.4 Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukan3.5 Memahami nilai-nilai yang melekat dalam unsur budaya daerah dalam bahasa daerah
MULOK BAHASA SUNDA
3.5 memahami teks wawancara tentang wirausaha
3.6 mengamati teks pidato tentang kesehatan masyarakat
ASPEK KETERAMPILAN
PAI
4.4 menunjukkan hikmah beriman kepada qadha dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
4.5 mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga
4.6 menunjukkan sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al Kafirun
4.7 menunjukkan hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam
4.8 menceritakan kisah keteladananNabi Yunus a.s.
4.9 menceritakan kisah keteladananNabi Zakariya a.s.
4.10 menceritakan kisah keteladananNabi Yahya a.s.
4.11 menceritakan kisah keteladananNabi Isa a.s.
4.12 menceritakan kisah keteladananNabi Muhammad saw.sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.
4.13 menceritakan kisah keteladanansahabat-sahabat Nabi Muhammadsaw.
4.14 menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an
PPKN
4.1 Memberikan contoh pelaksanaan nilai-nilai dan moral pancasila dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan sehari-hari dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat4.2 Melaksanakan kewajiban menegakkan aturan dan menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
4.6 Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
B. INDONESIA
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang diri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3. Menyampaikan teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan dengan memilih dan memilah kosakata baku
Matematika
4.8 Menggambar plotting titik-titik di kuadran pertama4.10 Menggunakan data statistik hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian
4.11 Mengumpulkan data menggunakan kuesioner sederhana, mengelola, dan memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang sesuai
4.12 Menarik kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistik sederhana, tabel dan grafik.
IPA
4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehati-hari4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut
IPS
4.1 Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita, tulisan atau media lainnya.4.4 Menyajikan pemahaman mengenai manfaat kelembagaan politik sosial ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia dalam berbagai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, foto dan lainnya
4.5 Menyajikan hasil telaah mengenai dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi dalam berbagai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya)
PJOK
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar4.6 Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan pengukuran status kebugaran
4.9 Menyajikan konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular
SBDP
4.1 Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan4.6 Menyanyikan lagu daerah dua suara dengan iringan
4.14 Membuat karya kerajinan teknik jahit dan aplikasi dengan tangan
4.16 Membuat produk olahan sampah organik atau sampah anorganik di lingkungan sekitar
4.17 Memamerkan dan mempertunjukan karya seni
BAHASA SUNDA
4.5 menyajikan teks laporan hasil wawancara dengan wirausaha
4.6 membacakan teks podato tentang kesehatan masyarakat dengan suara nyaring
DOWNLOAD PEMETAAN DISINI