Mengalikan Pecahan dengan Bentuk Desimal Kelas 6 SD Lengkap dengan Contoh dan Soal


Materi: Mengalikan Pecahan dengan Bentuk Desimal

Pengantar

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai perhitungan yang melibatkan pecahan dan desimal secara bersamaan, misalnya saat menghitung sebagian dari harga barang, bahan makanan, atau jarak.
Untuk itu, kita perlu memahami cara mengalikan pecahan dengan bilangan desimal.


📗 Langkah-langkah Mengalikan Pecahan dengan Desimal

Ada dua cara yang bisa digunakan:

Cara 1: Ubah Desimal ke Pecahan

  1. Ubah bilangan desimal menjadi pecahan.
    Misalnya, 0,4 = ⁴⁄₁₀

  2. Lakukan perkalian pecahan seperti biasa.

  3. Sederhanakan hasilnya jika perlu.

Cara 2: Ubah Pecahan ke Desimal

  1. Ubah pecahan menjadi desimal.
    Misalnya, ¾ = 0,75

  2. Kalikan dua bilangan desimal.

  3. Tempatkan koma sesuai banyaknya angka di belakang koma.

Kedua cara hasilnya sama, jadi siswa bisa memilih mana yang paling mudah.


💡 Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh 1:
Hitung hasil dari 35×0,4\frac{3}{5} \times 0,4

Langkah 1:
Ubah 0,4 menjadi pecahan: ⁴⁄₁₀

35×410=1250=625\frac{3}{5} × \frac{4}{10} = \frac{12}{50} = \frac{6}{25}

Jawaban: 625\frac{6}{25} atau 0,24


Contoh 2:
Hitung 0,5×230,5 × \frac{2}{3}

Langkah 1:
Ubah 0,5 menjadi pecahan: ½

12×23=26=13\frac{1}{2} × \frac{2}{3} = \frac{2}{6} = \frac{1}{3}

Jawaban: 13\frac{1}{3} atau 0,333…


Contoh 3 (Soal cerita):
Ibu membeli 0,6 kg tepung. Ia menggunakan ⅔ bagian untuk membuat kue.
Berapa kg tepung yang digunakan?

23×0,6=0,4\frac{2}{3} × 0,6 = 0,4

Jadi, Ibu menggunakan 0,4 kg tepung.


🎯 Catatan Penting

  • Hasil perkalian pecahan dan desimal lebih kecil dari bilangan yang paling besar.

  • Gunakan bentuk yang lebih mudah (pecahan atau desimal) sesuai kenyamanan.

  • Jika hasilnya dalam bentuk pecahan, ubahlah ke desimal agar mudah dibaca.


🧠 Latihan Soal Mengalikan Pecahan dengan Bentuk Desimal

  1. 25×0,3=\frac{2}{5} × 0,3 =

  2. 0,25×34=0,25 × \frac{3}{4} =

  3. 12×0,8=\frac{1}{2} × 0,8 =

  4. 0,6×56=0,6 × \frac{5}{6} =

  5. 310×0,9=\frac{3}{10} × 0,9 =

  6. Seorang siswa membaca ⅖ bagian dari buku. Jika jumlah halamannya 0,5 bagian lagi yang belum dibaca, berapa bagian buku yang sudah dibaca?

  7. 45×0,25=\frac{4}{5} × 0,25 =

  8. 0,7×310=0,7 × \frac{3}{10} =

  9. 58×0,4=\frac{5}{8} × 0,4 =

  10. Panjang tali 0,9 meter digunakan ⅔ bagiannya untuk mengikat barang. Berapa meter tali yang digunakan?


Kunci Jawaban

  1. 0,12

  2. 0,1875

  3. 0,4

  4. 0,5

  5. 0,27

  6. ⅖ × 0,5 = 0,2

  7. 0,2

  8. 0,21

  9. 0,25

  10. 0,6 meter