-->

Materi IPA Pembuatan Makanan pada Tumbuhan

 Pembuatan Makanan pada Tumbuhan

 1.     Fotosintesis

Fotosintesis merupakan proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau. Proses fotosintesis ini memerlukan bantuan sinar matahari. Fotosintesis berlangsung di bagian daun. Namun proses ini terkadang juga terjadi di bagian lain yang mengandung klorofil. Klorofil merupakan zat warna warna hijau pada tumbuhan. Klorofil berfungsi untuk menyerap energi cahaya matahari

Fotosintesis memerlukan cahaya matahari, klorofil, air, dan karbon dioksida. Air diserap oleh akar dari dalam tanah. Air dari akar menuju daun memalui pembuluh kayu (xylem). Karbon dioksida diserap dari udara oleh daun melalui mulut daun atau stomata. Melalui fotosintesis, air dan karbon dioksida kemudian diubah menjadi glukosa dan oksigen dengan bantuan energi cahaya matahari.

Apabila energi cahaya matahari tidak ada, energi cahaya yang lain dapat menggantikannya. Misalnya cahaya lampu neon. Oleh karena itu, fotosintesis dapat terjadi pada siang maupun malam hari.

Reaksi fotosintesis dapat dituliskan sebagai berikut.

 



Hasil fotosintesis yaitu glukosa dan oksigen. Glukosa di edarkan ke seluruh tubuh tumbuhan hijau melalui floem. Hasil fotosintesis ini digunakan untuk pertumbuhannya dan perkembangannya. Apabila kebutuhan sudah cukup maka kelebihan glukosa yang ada akan diubah menjadi karbohidrat dan disimpan sebagai cadangan makanan.

Setiap tumbuhan memiliki tempat menyimpan timbunan makanan yang berbeda-beda. Ada tumbuhan yang menyimpan timbunan makanan pada akar, batang, ataupun buah. Berdasarkan tempat menyimpan timbunan makanannya, tumbuhan dikelompokkan menjadi empat, yaitu:

a.     Tumbuhan yang menyimpan timbunan makanan di dalam umbi

Jenis tumuhan umbi – umbian dibagi menjadi umbi batang, umbi akar dan umbi lapis

- umbi batang adalah bagian batang tumbuhan yang menggembung karena dpakai untuk menyimpan cadangan makanan : contohnya kentang

- umbi akar adalah bagian akar tumbuhan yang mengembung karena berfungsi sebagai tempat menyimpan cadanggan makanan. Contohnya : talas, wortel, singkong / ketela pohon

- umbi lapis adalah bagian batang yang menggembung berlapis-lais karena dipakai untuk menyimpan cadangan makanan. Contohnya ? bawang putih dan bawang merah

b. Tumbuhan yang menyimpan timbunan makanannya di dalam buah

Buah-buahan yang kita makan sehari-hari, seperti mangga, pepaya, apel, dan jeruk merupakan timbunan makanan. Timbunan makanan tersebut disimpan oleh tumbuhan di dalam buah.

c. Tumbuhan yang menyimpan timbunan makanan di dalam biji

Kacang hijau, kacang tanah, dan kacang kedelai merupakan kelompok tumbuhan yang meyimpan timbunan makanannya di dalam biji.

d. Tumbuhan yang menyimpan timbunan makanan di dalam batang

Tumbuhan tebu dan sagu merupakan kelompok tumbuhan yang menyimpan timbunan makanannya di dalam batang.

 

Jawab pertanyaan di bawah ini

1.     Faktor-faktor apa saja yang dibutuhkan agar proses fotosintesis dapat berlangsung? Jelaskan proses fotosintesis dan hasilnya!

 

2.     Tumbuhan memerlukan energi cahaya untuk melakukan fotosintesis. Energi cahaya apakah yang dapat digunakan untuk fotosintesis tumbuhan hijau yang berada di dalam ruangan tertutup?

 

3.     Fotosintesis dapat terjadi pada pagi, siang, maupun malam hari. Jelaskan pernyataan tersebut!

 

 

 

2.     Ketergantungan Manusia dan Hewan terhadap Tumbuhan Hijau

Fotosintesis menghasilkan oksigen. Selain digunakan oleh tumbuhan, sebagian oksigen dilepaskan ke udara di lingkungan sekitarnya. Oksigen dihirup oleh manusia dan hewan pada saat bernapas. Tanpa tumbuhan hijau, oksigen lama-kelamaan akan habis jika digunakan terus oleh manusia dan hewan. Namun, tumbuhan selalu menyediakan oksigen di alam. Jadi, manusia dan hewan membutuhkan tumbuhan hijau agar oksigen tetap tersedia di alam. Tumbuhan hijau juga merupakan sumber energi bagi manusia. Sebagian besar bahan makanan kita berasal dari tumbuhan. Bagian tumbuhan yang biasa digunakan sebagai bahan makanan sebagai berikut.

a)     Akar, contohnya wortel, lobak, dan singkong (ketela pohon).

b)    Batang, contohnya tebu dan sagu.

c)     Daun, contohnya bayam dan daun kol.

d)    Bunga, contohnya kembang kol dan brokoli.

e)     Buah, contohnya jeruk dan pisang.

f)     Biji, contohnya kacang tanah dan kacang kedelai.

g)    Tunas, contohnya rebung (tunas bambu) dan asparagus.

 

Selain sebagai sumber energi, manusia memanfaatkan tumbuhan untuk berbagai keperluan  seperti berikut.

a)     Bahan penyedap rasa, contohnya merica, pala, dan cengkeh.

b)    Bahan obat-obatan, contohnya kencur, temulawak, dan kunyit.

c)     Bahan sandang, contohnya serat tanaman kapas.

d)    Bahan peralatan rumah tangga, contohnya kayu dan bambu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel