materi reklame dan lembar kerja siswa untuk kelas 6
Ø Reklame
§ Merupakan
suatu karya seni rupa yang memuat teks dan gambar yang menarik untuk menginformasikan, mengajak,
menganjurkan, atau menawarkan produk berupa barang
atau jasa.
§ Berbagai reklame
yang ada di sekitar dibedakan
menjadi beberapa, diantaranya:
|
Berdasarkan tujuan |
Reklame
komersial untuk menarik perhatian
dan menggerakkan keinginan seseorang untuk membeli barang/ jasa yang diinformasikan. |
Reklame
nonkomersial untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat untuk memberikan kesadaran masyarakat mengenai suatu hal. |
|
Berdasarkan tempat pemasangan |
Reklame
luar ruang (dipasang di luar bangunan). |
Reklame dalam ruang (dipasang di dalam bangunan). |
Jenis-jenis reklame:
1. Billboard
- Berukuran besar.
- Berisi gambar atau tulisan yang menarik dan informatif.
- Diletakkan di dinding pertokoan atau instansi tertentu dengan konstruksi permanen.
2. Baliho
- Berukuran besar.
- Berisi gambar dan tulisan menarik dan informatif.
- Diletakkan di tempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat tetapi bersifat semipermanen.

3. Spanduk
- Jenis reklame yang memuat informasi komersial atau nonkomersial.
- Dibuat secara ringkas, padat, dan jelas.
- Dibuat dengan media kain.

4. Mobile Billboard
- Reklame berbentuk media tiga dimensi yang dapat bergerak.
- Dapat bergerak sendiri karena ditiup angin (balon promosi) atau dengan kendaraan bergerak (digambar di bus, dll.).
5. Banner
- Media promosi yang dicetak dengan cetak digital.
- Umumnya berbentuk vertikal.
- Bentuk sederhana dari baliho.

- Selembar kertas yang dikemas dengan cara dilipat yang saling berhubungan satu sama lain.
- Tidak memiliki cover.
- Tidak dijilid
- Diletakkan di tempat yang mudah diambil/ langsung disebarkan.
7. Brosur
- Dibuat pada selembar kertas.
- Berisi informasi secara rinci dan jelas.
- Disebarkan atau diberikan kepada konsumen (diberikan secara langsung).
8. Poster
- Berupa selembaran kertas yang memuat gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin.
- Ditempelkan di tempat-tempat umum yang strategis agar mudah dilihat.
- Secara umum poster terdiri atas tiga unsur yaitu huruf/ teks, gambar ilustrasi, dan latar belakang.
Ciri-ciri reklame
- Menggunakan kalimat yang singkat, jelas, dan mudah dipahami.
- Komposisi desain dan warna dibuat menarik dan mencolok agar mendapatkan perhatian.
- Pesan yang disampaikan harus jujur/ nyata/ tidak dibuat-buat.
- Disampaikan secara berulang-ulang agar semakin banyak yang mengetahui.




