materi reklame dan lembar kerja siswa untuk kelas 6
Ø Reklame
§ Merupakan
suatu karya seni rupa yang memuat teks dan gambar yang menarik untuk menginformasikan, mengajak,
menganjurkan, atau menawarkan produk berupa barang
atau jasa.
§ Berbagai reklame
yang ada di sekitar dibedakan
menjadi beberapa, diantaranya:
Berdasarkan tujuan |
Reklame
komersial untuk menarik perhatian
dan menggerakkan keinginan seseorang untuk membeli barang/ jasa yang diinformasikan. |
Reklame
nonkomersial untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat untuk memberikan kesadaran masyarakat mengenai suatu hal. |
Berdasarkan tempat pemasangan |
Reklame
luar ruang (dipasang di luar bangunan). |
Reklame dalam ruang (dipasang di dalam bangunan). |
Jenis-jenis reklame:
1. Billboard
- Berukuran besar.
- Berisi gambar atau tulisan yang menarik dan informatif.
- Diletakkan di dinding pertokoan atau instansi tertentu dengan konstruksi permanen.
mengapa gambar diatas termasuk dalam billboard karena konstruksinya permanen.
2. Baliho
- Berukuran besar.
- Berisi gambar dan tulisan menarik dan informatif.
- Diletakkan di tempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat tetapi bersifat semipermanen.
2. Baliho
- Berukuran besar.
- Berisi gambar dan tulisan menarik dan informatif.
- Diletakkan di tempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat tetapi bersifat semipermanen.
mengapa gambar diatas termasuk kedalam baliho karena bersifat semi permanen yang artinya disana kita bisa mencopot tiang penyangga untuk baliho tersebut. berbeda dengan billboard yang tidak bersifat permanen.
3. Spanduk
- Jenis reklame yang memuat informasi komersial atau nonkomersial.
- Dibuat secara ringkas, padat, dan jelas.
- Dibuat dengan media kain.
4. Mobile Billboard
- Reklame berbentuk media tiga dimensi yang dapat bergerak.
- Dapat bergerak sendiri karena ditiup angin (balon promosi) atau dengan kendaraan bergerak (digambar di bus, dll.).
5. Banner
- Media promosi yang dicetak dengan cetak digital.
- Umumnya berbentuk vertikal.
- Bentuk sederhana dari baliho.
memiliki penyangga dan berntuknya vertikal seperti pada gambar diatas. berbeda dengan spanduk yang berbentuk horizontal
6. Pamflet
- Selembar kertas yang dikemas dengan cara dilipat yang saling berhubungan satu sama lain.
- Tidak memiliki cover.
- Tidak dijilid
- Diletakkan di tempat yang mudah diambil/ langsung disebarkan.
7. Brosur
- Dibuat pada selembar kertas.
- Berisi informasi secara rinci dan jelas.
- Disebarkan atau diberikan kepada konsumen (diberikan secara langsung).
- Selembar kertas yang dikemas dengan cara dilipat yang saling berhubungan satu sama lain.
- Tidak memiliki cover.
- Tidak dijilid
- Diletakkan di tempat yang mudah diambil/ langsung disebarkan.
7. Brosur
- Dibuat pada selembar kertas.
- Berisi informasi secara rinci dan jelas.
- Disebarkan atau diberikan kepada konsumen (diberikan secara langsung).
mari kita bahas perbedaan pamplet dan brosur
Pamflet dan brosur sama-sama memiliki unsur informasi dari sebuah produk atau jasa. Yang membedakan adalah brosur membahas secara rinci dari produk yang ditawarkan, sedangkan pamflet menjelaskan informasi tapi bukan untuk media promosi
8. Poster
- Berupa selembaran kertas yang memuat gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin.
- Ditempelkan di tempat-tempat umum yang strategis agar mudah dilihat.
- Secara umum poster terdiri atas tiga unsur yaitu huruf/ teks, gambar ilustrasi, dan latar belakang.
8. Poster
- Berupa selembaran kertas yang memuat gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin.
- Ditempelkan di tempat-tempat umum yang strategis agar mudah dilihat.
- Secara umum poster terdiri atas tiga unsur yaitu huruf/ teks, gambar ilustrasi, dan latar belakang.
9. logo
Reklame Logo: reklame yang berbentuk gambar yang di fungsikan sebagai simbol atau lambang produk maupun barangCiri-ciri reklame
Pada umumnya reklame memiliki ciri-ciri:
- Menggunakan kalimat yang singkat, jelas, dan mudah dipahami.
- Komposisi desain dan warna dibuat menarik dan mencolok agar mendapatkan perhatian.
- Pesan yang disampaikan harus jujur/ nyata/ tidak dibuat-buat.
- Disampaikan secara berulang-ulang agar semakin banyak yang mengetahui.
- Menggunakan kalimat yang singkat, jelas, dan mudah dipahami.
- Komposisi desain dan warna dibuat menarik dan mencolok agar mendapatkan perhatian.
- Pesan yang disampaikan harus jujur/ nyata/ tidak dibuat-buat.
- Disampaikan secara berulang-ulang agar semakin banyak yang mengetahui.