Administrasi Pramuka Untuk Penggalang dan Penegak
Administrasi pramuka |
Administrasi
Pramuka Untuk Penggalang dan Penegak
Buku administrasi
adalah kelengkapan yang harus ada pada gudep Gerakan Pramuka. Hal ini tidak
terlepas dari fungsi manajerial dan tata kelola. Maka dasar – dasar tentang
administrasi sudah seharusnya menjadi materi kegiatan kepramukaan untuk anggota
penggalang, penegak dan pandega.
Pengertian dan Fungsi
Dalam bahasa Inggris
kata administrasi adalah “administration”. Yang mana secara bentuk
infinitifnya adalah to administer yang berarti to
manage (mengelola).
Sedangkan kata
administrasi dalam bahasa Belanda adalah “administratie”. Artinya
mencakup tata usaha, manajemen organisasi, dan manajemen sumber daya.
Maka dari dua
pengertian tersebut administrasi memiliki arti secara sempit dan luas.
Dalam arti sempit
berarti kegiatan ketatausahaan. Kegiatan tata usaha yang mencakup suatu
pekerjaan mengelola informasi.
Sedangkan dalam arti
luas berarti sebagai kerjasama. Kegiatan kerjasama antar manusia atau
sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan.
Maka pada setiap
organisasi tentu memerlukan kegiatan administrasi. Tidak terkecuali organisasi
Gerakan Pramuka. Organisai pendidikan dengan banyak kegiatan yang membutuhkan
fungsi administrasi.
Lalu apa saja fungsi
administrasi?
Berikut fungsi
administrasi dalam Gerakan Pramuka:
1.
Untuk melaksanakan
pengawasan, terhadap semua pekerjaan dan
2.
Sebagai pedoman pokok
Pendidikan
administrasi pun menjadi bagian yang wajib pada materi kepramukaan penggalang
dan penegak. Tujuannya tentu untuk mengajarkan bagaimana mengelola administrasi
yang baik dan benar. Apalagi Indonesia menjadi negara yang sudah kita kenal
taat administrasi.
Dasar materi
administrasi untuk anggota penegak, penggalang dan pandega tercantum pada
petunjuk pelaksanaan pada nomor 041 Tahun 1995.
Jenis – Jenis Buku Administrasi Pramuka
Pada dasarnya setiap
gudep wajib menyelenggarakan buku – buku administrasi sesuai Petunjuk
Pelaksanaan Satuan Pramuka Nomor: 041 Tahun 1995.
Berikut buku – buku
administrasi Gudep:
1.
Permintaan Pendaftaran
Anggota untuk Peserta Didik (Pramuka Siaga dan Penggalang)
2.
Surat Pernyataan
Kesiapan Menjadi Anggota Gerakan Pramuka (Bagi Pramuka Penegak dan Pandega)
3.
Formulir Pendaftaran
Anggota Gerakan Pramuka
4.
Daftar Induk Anggota
Gerakan Pramuka Gugus depan
5.
Daftar Inventaris
Gugus depan
6.
Buku Tamu Gugus depan
7.
Laporan Semester Data
dan Kegiatan Gugus depan
8.
Catatan
Peristiwa-Peristiwa Penting
9.
Program Kerja Tahunan
Gugus depan
10.
Catatan Pribadi
Anggota Gerakan Pramuka
11.
Program Kerja (Proker)
4 Bulan Perindukan Siaga dan Penggalang
12.
Proker Ambalan Penegak
dan Racana
13.
Program Latihan
Mingguan
Selain itu setiap
gudep Pramuka juga dapat menyesuaikan buku administrasi sesuai kebutuhan.
Seperti halnya kebutuhan buku catatan kekayaan gudep (inventaris) dan catatan
rapat (notulen). Serta buku – buku lainnya yang sering menjadi bagian dari
agenda kegiatan rutin gudep.