Soal PPG kisi-kisi Mampu menyusun teks laporan PTK
Soal nomor 1
Penelitian yang dirancang dengan cara menuntun peneliti ke arah suatu tindakan merupakan jenis penelitian ….
A. Diagnostik
B. Empirik
C. Partisipan
D. Ekperimental
Soal nomor 2
Langkah awal dalam Penelitian Tindakan Kelas adalah melakukan …..
A. pembatasan masalah
B. analisis masalah
C. identifikasi masalah
D. perumusan masalah
Soal nomor 3
Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang digunakan dalam PTK adalah ….
A, sampel acak
B. sampel representatif
C. sampel khusus, yaitu kelas
D. sampel purposif
Soal nomor 4
PTK adalah suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ….
A. Rochman
B. Carr dan Kemmis
C. Schmuc
D. Mc Taggard
Soal nomor 5
Maksud dari self reflective inquiry adalah ….
A. berbasis refleksi diri
B. berbasis pengamatan dan renungan guru
C. metode yang longgar dan fleksibel
D. disesuaikan dengan kemampuan guru
Soal nomor 7
Manfaat PTK bagi sekolah adalah untuk meningkatkan ….
A. daya inovasi pada diri guru
B. kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan
C. kemampuan guru di bidang instruksional
D. kualitas pembelajaran di kelas
Soal nomor 8
Berikut ini beberapa persyaratan yang haru dipenuhi agar PTK dapat diterapkan secara kelembagaan, kecuali ….
A. dukungan dari pihak sekolah
B. kebebasan guru dalam melakukan penelitian di kelasnya
C. kerjasama antar personil sekolah
D. pengawasan dari Kepala Sekolah
Soal nomor 9
Perbedaan antara PTK dan non PTK ditinjau dari hasil akhir yang ingin dicapai terletak pada ….
A. metode penelitian
B. temuan penelitian yang dapat digeneralisasikan
C. teori belajar yang akan diuji
D. meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan penelitian
Soal nomor 10
Berikut ini adalah teknik-teknik lain selain observasi yang dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ….
A. survei
B. wawancara
C. studi dokumen kelas
D. pengisian kuesoner
Soal nomor 11
Langkah awal sebelum melakukan tindakan dalam pelaksanaan PTK adalah ….
A. menentukan metode pengolahan data yang tepat
B. menyusun rencana pembelajaran dan skenario tindakan
C. mempersiapkan diri sebagai peneliti
D. mempersiapkan sarana pendukung penelitian
Soal nomor 12
Di dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan sasaran pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?
2. Apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?
3. Apakah dampak dari tindakan perbaikan yang saya berikan?
Pertanyaan yang tepat adalah nomor ….
A. 1 dan 3
B. 2 dan 3
C. 1 dan 2
D. 1, 2, dan 3
Soal nomor 13
Apabila sebagian besar peserta didik Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat dikategorikan ke dalam domain ….
A. interaksi belajar
B. disipilin belajar
C. prestasi belajar
D. kenakalan remaja
Soal nomor 14
Pengertian perencanaan tindak lanjut dalam PTK adalah ….
A. menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya
B. menyusun propoal PTK
C. merevisi pedoman observasi
D. menentukan metode yang akan digunakan
Soal nomor 15
Refleksi paling tepat dilakukan peneliti PTK pada saat …
A. sesudah melakukan upaya perbaikan
B, sesudah mengidentifikasi masalah
C. sebelum menyusun proposal
D. setelah menentukan upaya tindakan perbaikan
Soal nomor 16
Hasil analisis dapat dijadikan sebagai bahan untuk ….
1. Membuat simpulan dan tindak lanjut penelitian
2. Melakukan refleksi untuk membuat perencanaan tindak lanjut
3. Mengidentifikasi temuan penelitian
Pilih salah satu :
A. 1, 2, dan 3
B. 2, dan 3
C. 1 dan 2
D. 1 dan 3
Soal nomor 17
Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ….
1. Perilaku mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan
2. Suasana dan perilaku belajar siswa selama berlangsung tindakan perbaikan
3. Intensitas catatan penelitian yang dibuat atau ditulis pengamat
Pilih salah satu :
A. 1, 2, dan 3
B. 1 dan 2
C. 1 dan 3
D. 2 dan 3
Soal nomor 18
Hipotesis tindakan adalah ….
A. tindakan perbaikan yang dirancang pada saat menyusun Rencana Perbaikan
B. alternatif tindakan perbaikan yang akan diujicobakan
C. dugaan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
D. kajian teori yang relevan dengan masalah penelitian
Soal nomor 19
Berikut ini adalah keterbatasan PTK dibandingkan dengan penelitian formal, kecuali ….
A. metodologi
B. peneliti
C. validitas
D, instrumen
Soal nomor 20
Di bawah ini adalah beberapa alternatif cara mengembangkan tindakan dalam PTK, kecuali ….
A. mengkaji teori-teori pembelajaran yang relevan
B. mempelajari hasil penelitian yang relevan
C. refleksi pengalaman mengajar selama ini
D. mengkopi hasil PTK rekan sejawat
jawaban :
accba
dbddc
babaa
bbcdd