Rangkuman PKN materi Ujian Sekolah
Sila pancasila
Sila ke 1 : Ketuhanan yang maha esa
(bintang)
Sila ke 2 :Kemanusiaan yang adil dan beradab (rantai)
Sila ke 3 :Persatuan Indonesia (pohon
beringin)
Sila ke 4 :Kerakyatan yag dipimpin
oleh hikmat kebijaksanaan …..(kepala banteng)
Sila ke 5 :Keadilan sosial bagi …..
(padi dan kapas)
Perilaku Penerapan Sila Pancasila
Sila ke 1
1. menghormati
pemeluk agama lain/ Menghormati sesama
umat beragama.
cocontohnya : ketika umat muslim berpuasa, maka umat yang tidak berpuasa harus menghargai untuk tidak makan di tempat umum. ketika hari raya nyepi umat hindu berdiam diri di rumah tidak berkegiatan diluar karena mengargai umat hindu.
2.
menghormati teman yang berbeda agama yang sedang
melaksanakan ibadah
3. Berdoa sebelum dan setelah belajar
4.
Melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama
Sila ke 2
2. menjenguk teman yang sakit
3. membantu korban bencana
4. memperlakukan sama kepada semua orang
5. Mencintai sesama manusia
6. tidak semena-mena kepada orang lain
Sila ke 3 (pohon beringin)
1. mengenakan batik
2. membeli produk dalam negeri / Menggunakan produk dalam negeri
3. mempelajari bahasa daerah budaya
4. Bangga sebagai bangsa Indonesia
5. Cinta tanah air dan bangsa.
6. Rela berkorban demi Negara
SILA KE 4 (KEPALA BANTENG)
1. Menetapkan keputusan dengan musyawarah
2. musyawarah mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi
(hasil musyawarah yang diputuskan bersama harus di hormati dan dilaksanakan dengan sepenuh hati)
3. tidak memaksakan kehendak kepada orang lain
memilih ketua kelas atau memilih presiden saat pemilu adalah contoh dari pelaksanaan sila ke 4.
SILA KE 5 (mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan)
contoh
1. gotong royong2. menghargai hasil karya orang lain
3. tidak merugikan kepentingan umum
4. bersikap adil dan tidak pilih-pilih dalam berteman
5. Tidak bergaya hidup mewah / boros
6. Menyantuni fakir miskin di panti sosial
Hak dan kewajiban
menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban merupakan salah satu sikap yang myang ditunjukan berkaitan dengan Hak asasi manusia. sikap tersebut terdapat pada butir sila ke lima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.
hak : sesuatu yang harus kita dapatkan
contoh hak :
Dirumah |
Disekolah |
Di masyarakat |
mendapatkan kasih sayang dari orang tua menonton televisi mendapatkan makanan enak buatan ibu |
belajar dalam suasana yang kondusif memanfaatkan fasilitas sekolah secara adil mendapatkan perlindungan selama berada di lingkungan sekolah mendapatkan ilmu yang bermanfaat mendapatkan perlakuan yang adil di sekolah |
pekerjaan dan penghidupan yang layak mendapatkan perlindungan hokum mendapatkan pelayanan kesehatan mendapatkan pengakuan dari masyarakat |
Contoh Kewajiban
Dirumah |
Disekolah |
Di masyarakat |
Membantu orang tua Selalu menjaga nama baik
keluarga Patuh terhadap perintah dan
nasihat orang tua. |
Belajar Mengikuti upacara bendera mentaati peraturan sekolah merawat tanaman yang ada di halaman membuang sampah pada tempatnya |
Membayar pajak mengikuti pendidikan dasar |
1.
Setiap orang mempunyai kewajiban dalam
masyarakat untuk menjaga keamanan dan
ketertiban
lingkungan. Kewajiban tersebut jika tidak dijalankan dapat merugikan diri
sendiri dan orang lain
2.
Hak dan kewajiban harus dilaksanakan dengan
seimbang
Pelaksanaan tanggung
jawab
Di rumah |
Disekolah |
Di masyarakat |
1.Melaksanakan tugas yang diberikan orang tua sebaik mungkin 2. mematuhi tata tertib sekolah 3. mengikuti upacara setiap hari senin |
Mematuhi tata tertib sekolah Mengerjakan tugas dengan baik |
Mematuhi peraturan lalu lintas Merawat dan tidak merusak fasilitas umum |
Kegiatan budaya daerah yang dapat
memperkukuh semangat kebangsaan
Melakukan karnaval kebudayaan daerah.
Mengadakan lomba tari tradisional daerah.
Manfaat melestarikan budaya adalah agar
budaya semakin berkembang
Contoh : Pemerintah mendaftarkan kesenian
Reog Ponorogo ke UNESCO agar diakui sebagai
warisan budaya asli Indonesia. Nilai
persatuan yang terkandung pada kebijakan pemerintah tersebut adalah melindungi
kesenian masyarakat local
Bentuk kerjasama yang terjadi di sekolah : 1. Melaksanakan piket sekolah, 2. Berdiskusi kelompok
Persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.
Sikap yang menunjukan persatuan dan kesatuan
1. saling menghargai teman yang berbeda suku, budaya dan agama
2. membersihkan kelas bersama-sama
sikap dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan wilayah NKRI adalah dengan mengamalkan seluruh nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. melaksanakan pertahanan negar, menjalankan kehidupan berbangsa sesuai UUD dan menggelorakan semangat bhineka tunggal ika.
faktor penyebab kebragaman
1. kondisi geografis
2. keturunan
3. pengaruh kebudayaan asing
Pembentukan
organisasi kepemudaan telah memperkuat nilai persatuan pada masa
penjajahan.
Nilai yang memperkuat persatuan di kalangan pemuda pada masa itu adalah senasip
dan sepenanggungan.
Manfaat persatuan dan kesatuan adalah
pekerjaan cepat selesai
cara menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah mematuhi aturan dalam keluarga
mendengarkan nasihat orang tua ,memberikan hadiah kepada adikperbuatan mencerminkan persatuan dan kesatuan
1. Berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
2. Membersihkan lingkungan sekolah bersama-sama
3. Menjenguk teman yang sakit
cara menjaga persatuan dan kesatuan di rumah
1. mematuhi aturan dalam keluarga, 2. mendengarkan nasihat orang tua, 3. memberikan hadiah kepada adik.
Tujuan negara kesatuan republik indonesia berdasarkan UUD Alinea 4
yaitu: Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Memajukan kesejahteraan umum. Mencerdaskan kehidupan bangsa