-->

materi IPA kelas 5 organ gerak hewan

IPA - kelas 5 

Organ gerak hewan 

Ilmu Pengetahuan Alam

Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah

tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak 

bila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak.

Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya

alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan

tidak akan membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, tulang  mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.

Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnya bergerak Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.Kaki merupakan salah satu organ gerak pada kelinci. Dengan kaki, kelinci dapat bergerak dan berpindah tempat dengan cara melompat. Kaki belakang kelinci lebih kuat dan panjang dibandingkan dengan kaki depannya.

Siput merupakan hewan avertebrata. Hewan avertebrata merupakan hewan yang tidak memiliki

tulang belakang. Adapun ciri-ciri hewan avertebrata lainnya antara lain susunan syarafnya berada di perut. memiliki rangka luar, dan otaknya tidak terlindungi oleh rangka.

Tugas



untuk memperkaya pengetahuan silahkan untuk membaca tambahan informasi berikut : 

Siput! Hewan avertebrata yang tidak memiliki tulang belakang. Aku termasuk jenis moluska karena bertubuh lunak. Untuk melindung tubuhku, aku memiliki cangkang. Aku berjalan dengan kaki perut yang lebar dan pipih.

ikan Mas! Aku adalah hewan vertebrata karena memiliki tulang belakang, dan termasuk ke dalam golongan pisces. Karena aku berenang di dalam air, aku dianugerahi sirip untuk membantu aku bergerak kea ta dan ke bawah, serta ekor untuk mendorong tubuhku.

Iguana! Aku juga sama termasuk hewan vertebrata karena bertulang belakang. Aku tergolong jenis reptile karena bergerak melata dengan otot perut, 4 kaki untuk berjalan atau berlari, dan ekor untuk penunjang.

Katak! Aku jenis hewan vertebrata karena aku bertulang belakang. Aku adalah hewan amfibi yang hidup di air dan di darat, serta mengalami metamorphosis. Aku melompat dan berenang dengan kaki

Elang! Aku juga hewan vertebrata kerana memiliki tulang belakang. Aku termasuk jenis aves atau ungags karena selain berjalan dan bertengger dengan kaki, aku pun punya sayap untuk terbang dan ekor untuk menukik dan berbelok arah saat aku terbang.

Kucing! Orang menyebutku mamalia karena aku melahirkan dan menyusui. Aku termasuk hewan vertebrata karena aku bertulang belakang. Aku berjalan dengan kaki.

Lebah! Aku juga termasuk hewan avertebrata karen tidak memiliki tulang belakang. Aku adalah binatang insekta atau serangga. Aku terbang dengan dua sayap dan tiga pasang kaki.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel