-->

rangkuman PKN kelas 6 semster 1

Pengamalan sila pertama contohnya adalah percaya kepada Tuhan yang maha esa, toleransi pada agama lain
Pengamalan sila ke-2 contohnya adalah menjenguk teman yang sakit, ikut membantu korban bencana alam, menghargai hak asasi manusia. 
*menolong orang lain yang sedang memerlukan bantuan merupakan pengamalan sila kedua contohnya kita menolong menyeberangkan jalan orang yang sudah tua renta
Pengamalan sila ke-3 contohnya adalah cinta tanah air, melestarikan budaya daerah ah dan cinta produk Indonesia
*Sikap yang menunjukkan upaya mewujudkan persatuan adalah menjaga hubungan baik antar sesama umat beragama.
Sila ke-4 musyawarah
*Dalam bermusyawarah jika pendapat orang lain bertentangan dengan pendapat kita maka yang harus kita lakukan adalah menghargai dan menghormati
Sila ke-5 menghargai hasil karya orang lain, berperilaku hemat atau tidak boros

Indonesia memiliki berbagai macam suku yang berbeda-beda namun demikian kita walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua sesuai dengan pengamalan sila ke-3.
sebagai negara yang telah merdeka kita juga harus terus membina persatuan dan kesatuan seperti kata pepatah bersatu kita teguh bercerai kita runtuh yang artinya persatuan akan membuat suatu bangsa semakin kuat.. ada sebuah peristiwa yang menjadi tonggak adanya persatuan dan kesatuan dengan mengesampingkan segala macam perbedaan yaitu peristiwa proklamasi kemerdekaan. 
Untuk membina persatuan dan kesatuan kitapun tidak boleh menganggap bahwa suku kita lebih tinggi daripada suku lain. .
contoh kegiatan yang mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat contohnya adalah gotong royong membersihkan lingkungan. 

hak adalah sesuatu yang harus kita terima, kewajiban adalah sesuatu yang harus kita kerjakan
Contoh hak kita di sekolah adalah memakai fasilitas sekolah sesuai dengan fungsinya, mendapatkan pengajaran dari guru
Contoh hak di rumah yaitu mendapatkan kasih sayang dari orang tua

Akibat kita melalaikan kewajiban adalah  terjadi kekacauan, tidak memperoleh hak, setiap orang dapat berbuat semena-mena

Kewajiban kita di rumah contohnya adalah ah memakai seragam menaati peraturan sekolah.

keberagaman ekonomi masyarakat Indonesia contohnya adalah adanya berbagai jenis lapangan pekerjaan di Indonesia. 
hal yang harus kita lakukan dengan meningkatkan persaingan di bidang ekonomi yaitu meningkatkan kualitas diri dengan berinovasi kreatif. 
sebagai warga Indonesia yang baik kita harus cinta produk dalam negeri yaitu dengan membeli produk-produk dalam negeri. kita harus bangga menggunakan produk produk dalam negeri karena dengan begitu maka perekonomian di Indonesia akan maju. 

Sebagai seorang wirausahawan kita harus terus berinovasi dan kita juga harus menjaga etos kerja yang kuat membuat keputusan tepat waktu dan mendukung dan menerima kritik orang lain dengan senang hati. Banyak yang membuat seorang wirausahawan gagal contohnya adalah mudah menyerah saat menghadapi masalah. 
Kegiatan wirausaha sangat bermanfaat bagi masyarakat yaitu dengan adanya kegiatan wirausaha dapat membuka lapangan kerja baru. 
Berikut adalah faktor penting yang mempengaruhi keberagaman usaha di masyarakat contohnya banyak sumber alam yang berbeda tingkat pendidikan yang berbeda dan kemampuan penduduk yang berbeda-beda. 
Seorang yang melakukan wirausaha harus bekerja keras contoh sikap kerja keras yang dimaksud adalah berangkat dan pulang kerja tepat waktu. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel