-->

materi kelas 5 - unsur-unsur yang terdapat pada iklan layanan masyarakat

Iklan adalah : suatu pesan atau barang/jasa (produk) yang dibuat oleh produser/pemrakasa yang disampaikan lewat media (cetak, audio, elektronik) yang di tujukan kepada masyarakat.

ada 2 macam jenis iklan berdasarkan isinya 

1. Iklan Niaga : merupakan iklan yang berisi penawaran sebuah produk. Iklan ini juga biasanya berisi penawaran jasa

2. Iklan Layanan Masyarakat : merupakan iklan yang bertujuan untuk memberikan himbauan atau informasi kepada masyarakat. Biasanya himbauan atau informasi yang di iklankan merupakan isu yang sedang ramai terjadi di masyarakat.

Unsur pada iklan 

1. Ketertarikan

2.Menarik perhatian

3.kepercayaan

4.keinginan

5.adanya tindakan


sementara untuk kriteria iklan layanan masyarakat haru memiliki unsur berikut 

Menurut dewan periklanan di Amerika Serikat yang mensponsori ILM ada beberapa kriteria yang digunakan untuk menentukan sebuah iklan tertentu merupakan iklan layanan masyarakat atau bukan.
  • Tidak komersial (contoh: iklan pemakaian helm dalam berkendara)
  • Tidak bersifat keagamaan.
  • Tidak bersifat politis.
  • Berwawasan nasional
  • Diperuntukkan untuk semua lapisan masyarakat.
  • Diajukan oleh organisasi yang telah diakui dan diterima.
  • Dapat diiklankan.
  • Mempunyai dampak dan kepentingan tinggi sehingga patut memperoleh dukungan media lokal maupun nasional.
(sumber wikipedia)

berikut ini mind map tentang apa saja yang dibutuhkan dalam iklan layanan masyarakat 


jawablah pertanyaan berikut ! 

1. Berdasarkan isinya, jenis iklan yang berisi himbauan atau informasi yang di iklankan disebut .. 
a. iklan komersil 
b. iklan niaga 
c. iklan layanan masyarakat 
d. iklan media elektronik 

2. berikut ini, iklan yang bukan terasuk kedalam iklan layanan masyarakat adalah ... 
a. iklan mencuci tangan 
b. iklan mengunakan masker
c. iklan sampo 
d. iklan tertib lalu lintas 

perhatikan contoh iklan dibawah ini untuk menjawab soal no 3-5: 























sumber gambar tersedia (https://www.postel.go.id/uploads/pages/20200318091401-cegah_corona.JPG)

3. berdasarkan gambar diatas, iklan tersebut termasuk kedalam iklan ... 
a. iklan komersil 
b. iklan niaga 
c. iklan layanan masyarakat 
d. iklan media elektronik 

4. berikut ini yang bukan merupakan gerakan masyarakat  hidup sehat adalah .. 
a. makan dengan gizi yang seimbang 
b. mencuci tangan dengan sabun 
c. minum air mineral 8 gelas perhari 
d. merokok 

Perhatikan unsur iklan dibawah ini : 
1) Tidak komersial
2) Tidak bersifat keagamaan.
3) Mempunyai dampak dan kepentingan tinggi 
4) Diperuntukkan untuk sebagian lapisan masyarakat.

5. unsur yang sesuai dengan iklan diatas adalah ... 
a. 1 dan 2 
b  2 dan 4 
c. 1,2 dan 3 
d. 4  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel