materi kelas 5 - unsur-unsur yang terdapat pada iklan layanan masyarakat
Iklan adalah : suatu pesan atau barang/jasa (produk) yang dibuat oleh produser/pemrakasa yang disampaikan lewat media (cetak, audio, elektronik) yang di tujukan kepada masyarakat.
ada 2 macam jenis iklan berdasarkan isinya
1. Iklan Niaga : merupakan iklan yang berisi penawaran sebuah produk. Iklan ini juga biasanya berisi penawaran jasa
2. Iklan Layanan Masyarakat : merupakan iklan yang bertujuan untuk memberikan himbauan atau informasi kepada masyarakat. Biasanya himbauan atau informasi yang di iklankan merupakan isu yang sedang ramai terjadi di masyarakat.
Unsur pada iklan
1. Ketertarikan
2.Menarik perhatian
3.kepercayaan
4.keinginan
5.adanya tindakan
sementara untuk kriteria iklan layanan masyarakat haru memiliki unsur berikut
Menurut dewan periklanan di Amerika Serikat yang mensponsori ILM ada beberapa kriteria yang digunakan untuk menentukan sebuah iklan tertentu merupakan iklan layanan masyarakat atau bukan.- Tidak komersial (contoh: iklan pemakaian helm dalam berkendara)
- Tidak bersifat keagamaan.
- Tidak bersifat politis.
- Berwawasan nasional
- Diperuntukkan untuk semua lapisan masyarakat.
- Diajukan oleh organisasi yang telah diakui dan diterima.
- Dapat diiklankan.
- Mempunyai dampak dan kepentingan tinggi sehingga patut memperoleh dukungan media lokal maupun nasional.
berikut ini mind map tentang apa saja yang dibutuhkan dalam iklan layanan masyarakat