-->

8 sunah di hari jumat



sumber gambar dakwahislamindonesia.

saya akan sharing tentang 8 Sunnah di hari jumat. mungkin diantara kita masih melewatkan bahkan cuek terhadap hal ini, padal jumat adalah hari penuh keberkahan. dengan melaksanakan sunah ini semoga kita mendapatkan ridho dari Allah subhanahuwataa'la

8 sunah di hari jumat  yang bisa kita laksanakan yaitu :

Sunah 1 

membaca surat al-kahfi

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)
Surat al-Kahfi terdiri 110 ayat. Di dalamnya termuat empat kisah yang dengan mentadaburinya  mampu mengantar pembaca kepada lima pelajaran penting dalam kehidupan. jika kamu memiliki waktu yang sibuk maka, bisa dengan membagi perayat dan tidak lupa untuk mentadaburi isinya ya ! 

Waktu baca
Ayat
Kisah
Selepas magrib
(kamis-malam jumat)
1-31
Ashabul kahfi
Selepas isya
(kamis-malam jumat)
32-59
2 pemilik kebun
Selepas subuh
jumat 
60-83
Nabi musa dan khidir
Selepas dzuhur
jumat 
84-110
Zulkarnain dan yajuz majuj
Barang siapa yang membaca surat alkahfi pada malam jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan kabah (HR. Ad Darimi)
Barang siapa yang membaca surat al kahfi pada hari jumat dia akan disinari cahaya diantara dua jumat (HR An Nasai dan Baihaqi)

sunah 2 

membaca as-sajdah dan al-insan saat sholat subuh 

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu , dia berkata, “Adalah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari Jum’at dalam shalat Fajar (Shubuh) biasa membaca Alif Lâm Mîm Tanzîl as-Sajdah dan Hal ata ‘alal insâni hînum minad dahri”. [HR. Al-Bukhâri, no. 891 dan 1068]
Sunah  3

memperbanyak dzikir, sholawat dan baca alquran 


Sunah 4 

mandi besar 


Sunah 5

Memakai wewangian, menyikat gigi, bersiwak, berpakaian bagus dan memotong kuku 

karena kita akan menghadap Allah maka sudah sepatutnya untuk memakai memakai pakaian yang terbaik, rapih dan memakai wewangian, menjaga kebersihan dengan menyikat gigi serta bersiwak, tidak lupa untuk memotong kuku.

Sunah keenam 

berangkat lebih awal menuju masjid dan sholat sunah tahiyatul masjid 

Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui".(QS. Al Jumuah:9)

jangan mengakhirkan saat pergi ke mesjid apalagi jika imam sudah naik mimbar dan berkhutbah
dari Jabir bin Abdullah berkata, "Seorang laki-laki masuk masjid pada hari jum'at sementara Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkhutbah. Laki-laki itu melangkahi orang-orang hingga Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Duduk! Sungguh engkau telah terlambat dan menyakiti (orang lain).
ada larangan bagi melangkahi pundak orang lain 

"Barangsiapa di hari jum'at melangkahi pundak orang lain, maka akan dibuatkan baginya jembatan ke jahannam. (HR. ibnumajah No.1106].
Larangan ini ditujukan bagi orang yang terlambat datang ke masjid saat khatib sedang berkhutbah lalu melihat ada celah di shaf dan berupaya melewati pundak orang lain untuk menempati celah yang kosong tersebut.

Namun, jika melewati pundak orang lain sebelum khatib naik mimbar untuk khutbah maka dibolehkan.
Sunah ke 7 

Wajib khitmat mendengarkan khutbah jumat dan menghadap kiblat 

Imam Ahmad rahimahullah mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ibnu Namir, dari Mujalid, dari Asy-Syabi, dari Ibnu Abbas yang telah mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Barang siapa yang berbicara pada hari Jumat, padahal imam sedang berkhotbah, maka perumpamaannya sama dengan keledai yang memikul kitab-kitab yang tebal. Dan orang yang berkata kepadanya, "Diamlah!" Maka tiada (pahala) Jumat baginya
Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari duduk dengan memeluk lutut pada saat imam sedang berkhutbah.” (HR. Tirmidzi no. 514 dan Abu Daud no. 1110. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)
Sunah 8

Doa mustajab dipenghujung hari


Keutamaan doa di akhir jumat 

di hari jumat terdapat suatu waktu yang tidak lah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan salat lantas dia memanjatkan suatu doa pada allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan allah akan memberi apa yang dia minta (hr bukhari  935 ,HR muslim 2016, HR Ahmad 10574) dan yang lainnya 

pada hari jumat ada 12 jam diantaranya ada satu waktu apabila ada seorang muslim yang memohon kepada allah di waktu itu niscaya akan allah berikan. Carilah waktu itu di penghujung hari setelah ashar. 
HR abu Daud 1048, badai 1389 dan disahihkan oleh Al Bani.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel