-->

cara cepat agar anak bisa perkalian dan pembagian

apakah kamu pernah kena marah karena oleh gurumu tidak bisa perkalian ?
oke baiklah, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memaafkan gurumu karena saat gurumu marah sesungguhnya dia ingin kamu bisa memperbaiki diri, hanya saja memang caranya kurang tepat. jadi ! jangan menaruh dendam pada guru karena keberkahan ilmu ada saat kita menghormati guru.

perkalian dan pembagian selalu menjadi hal yang tidak disukai oleh anak sekolah dasar. karena bagi mereka perkalian dan pembagian teramat sulit.

sulit bisa karena berbagai sebab
1. karena gurunya tidak memiliki banyak cara agar muridnya bisa
2. karena muridnya yang membandel dan malas untuk belajar.

sekarang, Masoyit akan berbagi bagaimana cara supaya kita bisa menguasai perkalian dan pembagian dengan mudah. begini caranya:

1. berpikirlah bahwa kamu pasti bisa
jauhkan pikiranmu dari kata tidak mampu atau tidak bisa, ini terlalu sulit, saya pasti gagal. buang jauh- jauh pemikiran seperti itu karena keberhasilan seseorang bisa ditentukan karena pikirannya. orang yang selalu berfikir negatif akan lebih dekat dengan kegagalan loh. jadi tetap berfikir positif
"SAYA PASTI BISA !!!!!"

2. berusaha dan berlatih berulang-ulang
pernahkah kamu bepergian kesuatu tempat yang baru saja kamu kunjungi ? pada awalnya kamu akan terasa sulit mengingat tempat namun saat itu dilakukan berulang maka smua terasa mudah benar kan ? menghafal itu adalah mengulang.
seorang penghafal alquran saja tidak akan pernah bisa mengingat ayat-ayat yang di hafalkannya jika mereka tidak melakukan murojaah atau pengulangan hafalan.

jadi, jika kamu ingin mengingat sesuatu,biasakan untuk menjadikan hal tersebut ada dalam bagian kehidupanmu. sebagai contoh perkalian. cobalah perkalian itu masukkan kedalam kehidupan sehari-hari misalkan.

"Saya punya 5 kantong plastik. setiap kantong plastik berisikan 10 kelereng, maka kelereng milik saya ada ... (jawab 5x10=50)" berhitung itu mudah !

ada sebuah peribahasa mengatakan

Alah Bisa Karena Biasa 
Arti Peribahasa :
“Apabila suatu pekerjaan telah terbiasa dilakukan, maka tidak terasa lagi kesukarannya atau sudah memiliki pengalaman praktek yang lebih baik.”
3. pilih cara belajar
sering para guru memberikan tugas menghafal tabel yang amat banyak seperti :


sumber gambar tipsiana dan kanak

saat melihat itu anak akan berfikir "banyak banget yang harus aku hafalin ya Allah"
padahal sebenarnya kita bsia sederhanakan seperti ini
sumber : facebook

4. gunakan jarimatika
menggunakan jarimatematika adalah cara lain bagi anak yang tidak memiliki hafalan  yang bagus.
intinya guru tidak harus memaksakan anak untuk berhitung cepat melainkan berhitung cermat. karena terkadang karena anak ingin menjawab cepat, anak jadi asal jawab dan sembrono dengan jawabannya.

jarimatika bisa kita lakukan sebagai berikut :
sumber : Facebook

5. buatlah sebuah games dengan bertemakan perkalian dan pembagian
banyak aplikasi di playstore atau bahkan orang tua harus memiliki peran lebih terhadap perkembangan anak. jangan hanya mengandalkan guru.
ajaklah anak bermain dengan realistik perkalian dan pembagian.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel