Cara menangani murid nakal di kelas
Cara menangani murid nakal di kelas
1. ajak bicara dari hati ke hati
saat anak nakal biasanya di picu karena dia ingin dapat perhatian.
ada umumnya anak yang anak nakal bisa saja karena dia sudah menganggap dirinya terlabeli buruk
atau public enemy. padahal mereka sebenarnya hanya ingin dilakukan secara adil.
ajaklah bicara dari hati kehati
2. jadilah guru yang menyenangkan
sukai apa yang anak sukai. apabila anak bandel tersebut memiliki ketertarikan maka usahakan kita masuk dalam
kegemarannya, ajak mengobrol karena dengan membicarakan kesukaan akan membuat mereka senang.
kita harus mengawali diri kita sebagai seorang guru yang senang dengan profesi kita.
3. jangan suka membandingkan
pada dasarnya anak-anak tidak suka di bandingkan. apabila anak berada diantara murid-murid yang pandai
tentulah itu akan memicu mereka menjadi seorang pembangkang.
4. berikan kepercayaan
berikan anak kepercayaan.dengan memberikan kepercayaan pada merka itu akan membuat hati mereka luluh. instruksikan sesuai yng sederhana pada merka
dan katakan bahwa kamu yakin mereka dapata mengerjakan denga baik.
5. berikan pujian untuk tindakan positif.
kebanyaka guru lebih mengedepankan punishmen dari pada reward. akhirnya anak hanya akan menjadikan punishmen menjadi sesuatu konsekwensi yang biasa. apabila dilanggar merka tidak akan membuat jera. tapi bagaimana jika seorang guru lebih mengedepankan reward? maka anak akan berlomba untn mendapakan reward dari guru. kita bisa menjadikan sistem bintang untuk setiap tindakan positif anak lalu mengakumulasikannya untuk diberikan hadiah besar.
atau kita juga bisa memberikan hadiah-hadiah sederhana. bahkan sebuah tepuk tangam dan sanjunganpun merupakan reward yang
di inginkan oleh anak.
1. ajak bicara dari hati ke hati
saat anak nakal biasanya di picu karena dia ingin dapat perhatian.
ada umumnya anak yang anak nakal bisa saja karena dia sudah menganggap dirinya terlabeli buruk
atau public enemy. padahal mereka sebenarnya hanya ingin dilakukan secara adil.
ajaklah bicara dari hati kehati
2. jadilah guru yang menyenangkan
sukai apa yang anak sukai. apabila anak bandel tersebut memiliki ketertarikan maka usahakan kita masuk dalam
kegemarannya, ajak mengobrol karena dengan membicarakan kesukaan akan membuat mereka senang.
kita harus mengawali diri kita sebagai seorang guru yang senang dengan profesi kita.
3. jangan suka membandingkan
pada dasarnya anak-anak tidak suka di bandingkan. apabila anak berada diantara murid-murid yang pandai
tentulah itu akan memicu mereka menjadi seorang pembangkang.
4. berikan kepercayaan
berikan anak kepercayaan.dengan memberikan kepercayaan pada merka itu akan membuat hati mereka luluh. instruksikan sesuai yng sederhana pada merka
dan katakan bahwa kamu yakin mereka dapata mengerjakan denga baik.
5. berikan pujian untuk tindakan positif.
kebanyaka guru lebih mengedepankan punishmen dari pada reward. akhirnya anak hanya akan menjadikan punishmen menjadi sesuatu konsekwensi yang biasa. apabila dilanggar merka tidak akan membuat jera. tapi bagaimana jika seorang guru lebih mengedepankan reward? maka anak akan berlomba untn mendapakan reward dari guru. kita bisa menjadikan sistem bintang untuk setiap tindakan positif anak lalu mengakumulasikannya untuk diberikan hadiah besar.
atau kita juga bisa memberikan hadiah-hadiah sederhana. bahkan sebuah tepuk tangam dan sanjunganpun merupakan reward yang
di inginkan oleh anak.