-->

MATERI PENJAS CARA BERENANG YANG BENAR, SARANA DAN PERALATAN RENANG

Sumber gambar : google

Cara Berenang Yang Baik dan Benar

1. Lakukan sebuah pemanasan
Mulailah dengan melakukan sebuah pemanasan agar otot tidak kram.
Pemanasan turut berguna agar suhu pada tubuh meningkat dan detak jantung tetap normal. Gerakan pemanasan diantaranya yaitu sebagai berikut :

Berjalan ringan di sekitar kolam renang.
Mengayunkan kaki dan juga tangan kira-kira selama 10 hingga 15 menit.
Latihan pada pergelalangan kaki.

2. Menyamankan diri dalam air

Rendamlah seluruh tubuh sebatas leher, lalu basahi muka berulang-ulang dengan dua tangan.
Ambil sebuah posisi duduk pada dasar kolam, letakkan kepala di permukaan air dan dua tangan di samping kanan dan kiri paha.

3. Berlatih Pernapasan
Berlatih pernapasan juga sangat penting sebagai bagian dari menyamankan diri dalam air yakni :

Ambil napas panjang sembari memasukkan tubuh ke dalam kolam renang.
Tahan napas selama beberapa detik dan juga keluarkan gelembung udara dari hidung serta mulut.
Keluarkan kepala dari pada permukaan kolam, kemudian tarik napas penuh.

Sejarah Renang

Renang ini sudah dikenal sejak zaman pra-sejarah. Dari berbagai gambar-gambar yang berasal dari zaman batu dapat diketahui adanya bentuk dari berbagai gua-gua untuk para perenang di dekat Wadi Sora di sebelah barat daya Mesir.

Di Negara Jepang, renang ialah sebuah kemampuan yang wajib dimiliki oleh para samurai. Sejarah mencatat, dalam sebuah pertandingan renang pertama kali diselenggarakan oleh Kaisar Suigui pada tahun 36 sebelum Masehi.

Pertandingan pada renang yang memperebutkan gelar juara sudah dimulai di negara Eropa sekitar tahun 1800 an dan sebagian besar pertandingan ini menggunakan gaya dada.

Renang yang dengan menggunakan gaya bebas ini pertama kali diperkenalkan oleh Arthur Trudgen. Gaya ini kemudian dapat mulai digabung atau dikombinasikan dengan gaya kaki yang menendang oleh Richard Cavill pada tahun 1902.

Di abad pertengahan, renang juga termasuk dalam 7 kemahiran yang wajib dimiliki oleh para ksatria termasuk berenang dengan membawa sebuah senjata.

Pertandingan pada olahraga renang pertama kali diadakan dalam sebuah Olimpiade modern pada tahun 1896 di Athena, Yunani. Pada Olimpiade ini, hanya empat nomor pada cabang olahraga yang dapat dipertandingkan dari rencana semula enam nomor. Masing-masing antara lain sebagai berikut :
Nomor 100 meter
Nomor 500 meter
Nomor 1.200 meter
Nomor bebas
100 meter bagi para pelaut.

Olimpiade yang kedua diselenggarakan di kota Paris, Prancis pada tahun 1900 dan mempertandingkan diantaranya yakni :
Nomor 200 m
Nomor 1.000 m
Nomor 4.000 m
Nomor bebas
200 m gaya dada
200 m nomor beregu

Persatuan Renang Internasional atau Federation Internationale De Natation De Amateur (FINA) sudah dibentuk pada tahun 1908 yang pada awalnya dapat menetapkan, gaya kupu-kupu juga merupakan variasi gaya dada. Gaya ini baru menjadi salah satu gaya terpisah pada tahun 1952.

Wanita yang baru diperkenankan ikut dalam sebuah pertandingan renang yaitu pada Olimpiade tahun 1912 di kota Stockholm, Belanda. Itupun hanya nomor bebas saja.

Seiring dengan perkembangan pada olahraga renang, renangpun menjadi semakin popular. Penggemar olahraga renang akan semakin bertambah. Bahkan, tidak jarang anak-anak juga dapat diajarkan renang pada usia sangat dini.

Sarana dan Prasarana Olahraga Renang

sarana dan prasarana olahraga renang adalah sebagai berikut :

1. Pakaian Renang
Pakaian renang wajib digunakan baik oleh para pemula ketika berlatih renang maupun para atlet ketika berlomba.

2. Pelampung
Pelampung ada yang berbentuk papan, ada juga yang bentuknya seperti ban. Fungsi papan pelampung adalah untuk berlatih meluncur di atas air, sedangkan pelampung berbentuk ban berguna untuk berlatih mengambang.

3. Kacamata Renang
Kacamata renang berfungsi untuk melindungi mata Anda agar tidak terkena air ketika berenang.
Sementara itu, untuk perlombaan berenang, sarana dan prasarana yang disiapkan harus memenuhi ketentuan internasional sebagai berikut.

4. Kolam Renang
Kolam renang untuk perlombaan harus memiliki panjang 50 meter untuk lintasan panjang dan 25 meter untuk lintasan pendek. Adapun kedalaman kolam renang adalah 1,35 meter, mulai 1 meter pertama sampai minimal 0,6 meter dari dinding kolam yang dilengkapi balok start.

5. Lintasan
Setiap lintasan kolam renang memiliki lebar minimal 2,5 meter dengan jarak tepi sekitar 0,2 meter di luar lintasan pertama dan terakhir. Lintasan dibatasi oleh tali yang panjangnya sama dengan panjang lintasan dan terbuat dari pelampung berukuran kecil yang diikat pada seutas tali.

Pelampung pada tali lintasan dapat berputar jika terkena gelombang dan memiliki warna berbeda sesuai nomor lintasan. Pelampung berwarna hijau digunakan untuk lintasan nomor 1 dan 8, biru untuk lintasan nomor 2,3, 6, dan 7, sedangkan warna kuning dipakai untuk lintasan 4 dan 5.

6. Pecatat Waktu
Pada perlombaan renang berskala internasional, digunakan papan sentuh untuk mencatat waktu secara otomatis yang diletakkan di kedua sisi kolam renang. Perenang harus menyentuh papan yang memiliki ketebalan 1 cm tersebut ketika berbalik dan saat mencapai finish.

7. Balok Start
Balok start adalah tempat perenang bersiap memulai pertandingan dengan ukuran 0,5 x 0,5 meter dengan tinggi antara 0,5 hingga 0,75 meter dari permukaan air. Bagian atas balok dilapisi bahan anti-licin untuk mencegah perenang terpeleset dan memiliki kemiringan tidak lebih dari 10 derajat.

Balok ini dilengkapi pengeras suara untuk membunyikan tembakan pistol sebagai tanda pertandingan dimulai. Selain itu, balok start juga memiliki sensor waktu untuk mencatat waktu ketika perenang mulai meloncat dari balok.

Resiko Renang

  • Infeksi Jamur Kaki
  • Influenza
  • Infeksi Telinga dan Kulit
  • Infeksi Mata
  • Diare dan Infeksi Cacing

SOAL LATIHAN 

Bacalah dengan cermat soal berikut dan jawab di buku latihanmu ! 
  1. Jelaskan cara pemanasan yang baik saat mulai berenang ! 
  2. Sebutkan 3 cara berenang yang baik dan benar ! 
  3. Sebutkan nomor yang dipertandingkan pada olimpiade modern pertama pada tahun 1896 di athena ! 
  4. Sebutkan sarana dan alat yang harus ada saat perlombaan renang ! 
  5. Sebutkan kriteria lintasan yang digunakan untuk perlombaan renang ! 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel