KELAS 5 TEMA 8 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN 2
POLA LANTAI TARI
KELAS 5 TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2 HALAMAN 60, 63, 64, 65, 66
Kunci Jawaban Halaman 60
Ayo Mengamati
Lihatlah peragaan tari daerahmu, baik secara langsung maupun melalui rekaman video. Fokuslah untuk memperhatikan gerak para penari
1. Bagaimana formasi para penari saat melakukan gerak tari?
(tergantung tari daerah yang diperhatikan siswa)
2. Bagaimana arah hadap gerak penari selama peragaan tari?
(tergantung tari daerah yang diperhatikan siswa)
3. Bagaimana bentuk garis imajiner yang dilalui penari selama melakukan gerak tari?
(tergantung tari daerah yang diperhatikan siswa)
Jelaskan hasil pengamatanmu dalam bentuk gambar sederhana, lalu peragakan.
(tergantung tari daerah yang diperhatikan siswa)
Kunci Jawaban Halaman 63
Tugas
Berdasarkan teks "Pola Lantai Gerak Tari" pada halaman 61-63, kerjakan tugas berikut.
1. Tuliskan kembali pengertian pola lantai menggunakan bahasamu sendiri. Usahakan agar orang lain memahami dengan mudah saat membaca tulisanmu. Gunakan kosakata baku
1. Tuliskan kembali pengertian pola lantai menggunakan bahasamu sendiri. Usahakan agar orang lain memahami dengan mudah saat membaca tulisanmu. Gunakan kosakata baku
Pola lantai adalah Garis Imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari
2. Gambarlah pola lantai yang terlihat dari gambar dua tarian pada teks tersebut
gambar tarian dari buku tematik kelas 5. halaman 63.
2. Gambarlah pola lantai yang terlihat dari gambar dua tarian pada teks tersebut
gambar tarian dari buku tematik kelas 5. halaman 63.
Kunci Jawaban Halaman 64
Ayo Berlatih
1. Lihatlah sebuah video tari kreasi daerah
(tergantung tari daerah yang diperhatikan siswa)
2. Perhatikan gerakan dan pola lantai penari dalam menyajikan tarian
(tergantung tari daerah yang diperhatikan siswa)
3. Tirukan 5 gerakan dari tarian tersebut. Berlatihlah melakukan gerakan-gerakan tari tersebut hingga dapat meragakan dengan benar
(tergantung tari daerah yang diperhatikan siswa)
4. Buatlah pola lantai sesuai dengan gerakan yang dipelajari
(tergantung tari daerah yang diperhatikan siswa)
Kunci Jawaban Halaman 65
Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu
1. Peristiwa apa saja yang terjadi pada teks "Siklus air dan Bencana kekeringan"?
Peristiwa yang terjadi antara lain : siklus air, penguapan air, hujan, aliran air/air mengalir, terjadinya air tanah
2. Bagaimana proses siklus air menghasilkan air yang bersih? Jelaskan!
Pada proses siklus air, ada tahap penguapan air dari permukaan bumi, bisa berasal dari laut, sungai, danau atau dari genangan air lainnya. Pada saat penguapan air, kotoran pada air akan tertinggal. Uap air yang naik dan membentuk awan merupakan uap air yang bersih. Saat awan menjadi mendung lalu turun menjadi hujan, air yang turun merupakan air bersih
3. Apa yang dimaksud dengan air tanah?
Air tanah adalah air yang terserap masuk ke dalam lapisan tanah dan mengalir di bawah permukaan tanah. Air tanah lebih jernih dan bersih karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan.
4. Bagaimana perbedaan air tanah dengan air permukaan?
Air tanah lebih bersih dan jernih daripada air permukaan karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan
5. Mengapa air permukaan biasanya lebih kotor dibandingkan dengan air tanah? Jelaskan!
Air permukaan lebih kotor karena mengandung lumpur dan benda-benda lain yang terbawa aliran air di permukaan tanah.
6. Apa akibat dari musim kemarau yang panjang?
Air permukaan dan air tanah menyusut. Kekurangan air akan menyebabkan bencana kekeringan.
Kunci Jawaban Halaman 66
Ayo Berkreasi
Berdasarkan bacaan "Siklus Air dan Bencana Kekeringan", buatlah poster tentang dampak siklus air bagi kehidupan. Buatlah semenarik mungkin. Pada pembelajaran 5 nanti kamu akan mempresentasikan poster yang kamu buat.
Ayo Berlatih
1. Lihatlah sebuah video tari kreasi daerah
(tergantung tari daerah yang diperhatikan siswa)
2. Perhatikan gerakan dan pola lantai penari dalam menyajikan tarian
(tergantung tari daerah yang diperhatikan siswa)
3. Tirukan 5 gerakan dari tarian tersebut. Berlatihlah melakukan gerakan-gerakan tari tersebut hingga dapat meragakan dengan benar
(tergantung tari daerah yang diperhatikan siswa)
4. Buatlah pola lantai sesuai dengan gerakan yang dipelajari
(tergantung tari daerah yang diperhatikan siswa)
Kunci Jawaban Halaman 65
Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu
1. Peristiwa apa saja yang terjadi pada teks "Siklus air dan Bencana kekeringan"?
Peristiwa yang terjadi antara lain : siklus air, penguapan air, hujan, aliran air/air mengalir, terjadinya air tanah
2. Bagaimana proses siklus air menghasilkan air yang bersih? Jelaskan!
Pada proses siklus air, ada tahap penguapan air dari permukaan bumi, bisa berasal dari laut, sungai, danau atau dari genangan air lainnya. Pada saat penguapan air, kotoran pada air akan tertinggal. Uap air yang naik dan membentuk awan merupakan uap air yang bersih. Saat awan menjadi mendung lalu turun menjadi hujan, air yang turun merupakan air bersih
3. Apa yang dimaksud dengan air tanah?
Air tanah adalah air yang terserap masuk ke dalam lapisan tanah dan mengalir di bawah permukaan tanah. Air tanah lebih jernih dan bersih karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan.
4. Bagaimana perbedaan air tanah dengan air permukaan?
Air tanah lebih bersih dan jernih daripada air permukaan karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan
5. Mengapa air permukaan biasanya lebih kotor dibandingkan dengan air tanah? Jelaskan!
Air permukaan lebih kotor karena mengandung lumpur dan benda-benda lain yang terbawa aliran air di permukaan tanah.
6. Apa akibat dari musim kemarau yang panjang?
Air permukaan dan air tanah menyusut. Kekurangan air akan menyebabkan bencana kekeringan.
Kunci Jawaban Halaman 66
Ayo Berkreasi
Berdasarkan bacaan "Siklus Air dan Bencana Kekeringan", buatlah poster tentang dampak siklus air bagi kehidupan. Buatlah semenarik mungkin. Pada pembelajaran 5 nanti kamu akan mempresentasikan poster yang kamu buat.