KELAS 5 TEMA 8 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN 1
Kunci Jawaban Halaman 52
Perhatikan gambar-gambar di atas.
1. Apa komentarmu melihat kedua gambar tersebut?
Gambar A menunjukkan daerah yang subur dengan cadangan air yang melimpah, sedang gambar B menunjukkan daerah yang gersang dengan tidak adanya cadangan air.
2. Gambar manakah yang lebih indah dilihat?
Gambar A
3. Dapatkah lingkungan seperti gambar A berubah seperti gambar B? Apa yang menyebabkannya?
Dapat, disebabkan hilangnya cadangan air tanah (sumber air) yang diakibatkan tidak adanya daerah peresapan air.
4. Dapatkah lingkungan seperti gambar B berubah seperti gambar A? Bagaimana caranya?
Dapat, dengan cara selalu menyediakan daerah peresapan air, salah satunya dengan menjaga kelestarian hutan yang merupakan daerah resapan air utama, serta selalu menyediakan daerah-daerah/tanah resapan air di daerah pemukiman.
5. Sebutkan cara-cara yang biasa kamu lakukan dalam menjaga lingkungan rumah dan sekolahmu!
· Menjaga kebersihan
· Menjaga kelancaran saluran air/selokan
· Menanam tanaman/pohon yang bermanfaat di daerah lingkungan rumah dan sekolah
· Bijaksana dalam menggunakan air/hemat air
Kunci Jawaban Halaman 55
Kamu telah membaca teks "Siklus Air Tanah". Peristiwa apa yang terdapat pada teks? Bagaimana urutannya? Tuliskan dalam diagram alir berikut.
SIKLUS AIR TANAH
PERISTIWA 1
AIR BERGERAK MENINGGALKAN TANAH KE UDARA MELALUI PENGUAPAN DAN AI R KEMBALI TURUN LAGI KE TANAH DALAM BENTUK AIR HUJAN
PERISTIWA 2
AIR YANG TURUN KEMBALI KE TANAH KEMUDIAN MASUK KE DALAM TANAH MELALUI CELAH / PORI PORI TANAH
PERISTIWA 3
TUMBUHAN BEFUSNGIS MENYERAP AIR YANG MASUK KEDALAM TANAH MELALUI AKARNYA DAN AKHIRNYA MENJADI AIR CADANGAN
Kunci Jawaban Halaman 56
Ayo Berdiskusi
Kerjakan tugas berikut bersama kelompokmu!
1. Tulislah proses terjadinya air tanah
Jawaban :
Air bergerak meninggalkan tanah ke udara melalui penguapan dan air kembali turun lagi ke tanah dalam bentuk air hujan. Air yang turun kembali ke tanah dalam bentuk air hujan kemudian masuk ke dalam tanah melalui celah-celah/pori-pori tanah. Air yang masuk dalam tanah kemudian diserap oleh tumbuhan melalui akar-akarnya untuk kemudian menjadi air cadangan (sumber air)
2. Tulislah faktor-faktor yang memengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah!
Jawaban :
Faktor alam :
· Kondisi tanah
· Kondisi iklim
Faktor kegiatan manusia :
· Penebangan hutan secara liar
· Pembukaan lahan pertanian, perumahan, perindustrian
· Pembangunan jalan yang menggunakan aspal/beton, yang menyebabkan terhalangnya air meresap ke dalam tanah
3. Tulislah kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air tanah
Jawaban :
· Bijaksana dalam menggunakan air/hemat air
· Menanam pohon/penghijauan
· Membuat lubang resapan
· Mengurangi sampah/limbah
Kunci Jawaban Halaman 57
Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan berikut bersama kelompokmu (4-5 orang)
1. Siapkan air, batu bata, bongkahan-bongkahan batu, dan dua buah wadah, misalnya loyang
2. Pada satu loyang letakkan batu bata. Pada loyang lain letakkan bongkahan-bongkahan batu
3. Tuangkan air ke dalam loyang setinggi 5 cm. Diamkan selama lebih kurang 1 jam
4. Setelah 1 jam, amati tinggi air pada setiap loyang
5. Apa hasil pengamatanmu? Adakah perbedaan tinggi permukaan air pada kedua loyang?
Jawaban :
Ada perbedaan tinggi permukaan air pada kedua loyang
6. Apa yang terjadi pada air di loyang berisi batu bata?
Jawaban :
Pada loyang berisi batu bata, air berkurang
7. Apa yang terjadi pada air di loyang berisi bongkahan-bongkahan batu?
Jawaban :
Pada loyang berisi bongkahan-bongkahan batu, tinggi air tetap
8. Apa yang dimaksud air tanah?
Jawaban :
Air tanah adalah air hujan yang meresap dan mengalir di bawah permukaan tanah
9. Apa yang dimaksud air permukaan?
Jawaban :
Air permukaan adalah air yang ada di permukaan tanah dan tidak terserap ke dalam tanah
10. Dari percobaan di atas, loyang manakah yang menunjukkan terbentuknya air tanah dan loyang mana menunjukkan terbentuknya air permukaan?
Jawaban :
Loyang berisi batu bata menunjukkan terbentuknya air tanah. Batu bata terbuat dari tanah liat yang dapat menyerap air. Sedangkan, loyang yang berisi bongkahan-bongkahan batu menunjukkan terbentuknya air permukaan, karena batu tidak dapat menyerap air
Ayo Bercerita
1. Tuliskan hasil pengamatan dan analisis kalian. Kemudian, ceritakan hasil diskusi kelompokmu pada kelompok lain
· Ada perbedaan tinggi permukaan air pada loyang berisi batu bata dan loyang berisi bongkahan batu
· Pada loyang berisi batu bata, air berkurang
· Pada loyang berisi bongkahan batu, tinggi air tetap
· Pada loyang berisi batu bata menunjukkan terbentuknya air tanah, sebab batu bata terbuat dari tanah liat yang dapat menyerap air
· Pada loyang berisi bongkahan batu menunjukkan terbentuknya air permukaan, karena bongkahan batu tidak dapat menyerap air
2. Dari hasil percobaan tersebut, jelaskan terjadinya air tanah dan air permukaan
terjadinya air tanah :
Air hujan yang terserap oleh tanah melalui celah/pori-pori tanah, yang kemudian mengalir di bawah permukaan tanah
Terjadinya air permukaan :
Air hujan yang tidak terserap oleh celah-celah/pori-pori tanah, yang kemudian mengalir di atas/permukaan tanah