-->

Soal TKP SKD 35 Soal dengan penskoran part 2


1. Pimpinan kantor biasaya datangnya siang, memang sebagai pimpinan memiliki hak khusus terbebas dari absen, mengenai hal ini saya ...
A. Menegurnya
B. Memang sudah haknya sebagai pimpinan
C. Cuek
D. Normal
E. Memberinya masukan agar datang lebih pagi

2. Hasil rapat kepegawaian yang saya ikuti menghasilkan beberapa keputusan penting yang bersifat rahasia, beberapa teman saya bertanya tentang hasil rapat tersebut, sikap saya ...
A. Tidak memberi tahu hasil rapat
B. Menghindar dari teman kerja
C. Memberitahu yang kurang penting
D. Mengatakan hal lain yang tidak ada hubungannya dengan hasil rapat
E. Memberitahu bila ada yang penting

3. Ibu saya menyuruh untuk membeli gula di toko, beliau bilang apabila ada kembalian tidak apa-apa bila dibelikan jajanan, sikap saya ...
A. Membeli apabila ada uang kembalian
B. Tidak membeli
C. Membeli apabila ada jajanan yang saya inginkan
D. Tidak membeli karena tidak ada uang kembalian
E. Tidak membeli karena uangnya ditabung

4. Saya biasanya makan siang bersama teman kantor ketika jam makan siang, sambil mengobrol tidak terasa sudah melebihi jam makan siang, sikap saya ...
A. Tidak masalah mumpung tidak ada kerjaan
B. Membatasi 5 menit lagi kemudian kembali ke ruangan
C. Kembali ke ruangan langsung
D. Mengajak teman kerja agar segera kembali
E. Memberi pengertian dan mengajak agar segera kembali ke ruangan

5. Anda merupakan direktur pemasaran dari suatu produk, sikap yang anda ambil ketika
banyak pesaing yang juga memasarkan produk yang sama adalah ..
A. Saya tetap memasarkan sama seperti biasa dilakukan
B. Saya tidak mau memasarkan barang itu lagi dan ingin memasarkan barang yang baru
C. Meminta petunjuk direksi sebaiknya bagaimana
D. Tetap memasarkan produk tersebut dengan strategi yang baru
E. Saya gunakan strategi baru dengan mengedepankan nilai lebih dari produk yang saya pasarkan

6. Setiap perlombaan yang saya ikuti, saya selalu ...
A. Berusaha sekuat tenaga agar menang
B. Memberikan bterbaik yang biasa saya berikan
C. Melakukan cara apapun agar dapat menang
D. Biasa saja karena hanya iseng
E. Meminta bantuan teman untuk berlatih

7. Pimpinan rapat meminta ide dari semua peserta rapat yang sebagian besar adalah pejabat eselon, saya yang hanya sebagai pelaksana biasa sebaiknya ...
A. Diam saja karena hanya pimpinan yang berhak menyuarakan pendapat
B. Memberikan ide ke pimpinan kita agar disuarakan pendapat kita
C. Memberikan ide apabila kita mempunyai ide yang kemungkinan dapat membantu masalah yang ada
D. Saya mengundurkan diri dari rapat karena tidak percaya diri
E. Menulis ide kita kemudian memberikan ke pimpinan rapat

8. Saya diberi kesempatan untuk pergi short course ke Belanda selama sebulan, tetapi nilai TOEFL saya tidak mencukupi, sikap saya ...
A. Ikut tahun depan saja ketika nilai TOEFL saya naik
B. Tidak ikut karena saya memang kurang pandai berbahasa Inggris
C. Ikut tes TOEFL sekali laagi siapa tahu nilainya berubah
D. Berusaha sekuat tenaga untuk meningkatkat nilai TOEFL
E. Sesegera mungkin menerima tambahan waktu ke pimpinan untuk memperbaiki nilai TOEFL

9. Saya selalu suka dengan pertunjukkan ...
A. Seni rupa
B. Seni musik
C. Seni tari
D. Pemutaran film
E. Kerajinan karya seni lokal

10. Saya sebagai kepala divisi pemasaran sebuah produk, dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat, maka produk yang saya pasarkan ...
A. Tidak jauh berbeda dengan produk yang lain
B. Semaksimal mungkin saya beri perbedaan dan inovasi produk
C. Saya beri sedikit perbedaan dengan produk lain
D. Saya rancang strategi pemasaran yang beda dengan produk sejenis
E. Saya lebih baik memasarkan produk yang lain yang belum punya pesaing

11. Setiap pekerjaan berat yang saya terima, saya selalu coba kerjakan untuk melatih ..
A. Proses berpikir kreatif dan inovatif
B. Rasa tanggung jawab
C. Rasa loyal pada atasan
D. Sebagai bahan menuju kesuksesan kedepan
E. Berpikir cepat dan tepat

12. Memperingati hari pelanggan, tempat anda pekerja berencana memberikan reward pada pelanggan. Konsep yang akan anda berikan sebagai tim kreatif adalah ...
A. Buy one get one free untuk produk tertentu
B. Potongan diskon 50% untuk produk tertentu
C. Memberi potongan tertentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku
D. Memberikan souvenir tanda terima kasih pada setiap pengunjung
E. Memberikan voucher untuk pembelanjaan berikutnya

13. Karena kesalahan anda, banyak pelanggan anda yang beralih ke kompetitor anda. Maka cara anda untuk menanggulangi hal tersebut dengan cara...
A. Mengevaluasi kesalahan tersebut kemudian mancari solusi terbaik
B. Menarik simpati pelanggan dengan memberi potongan harga sebanyak-banyaknya
C. Berusaha keras mencari pelanggan baru
D. Menghubungi pelanggan lama anda dan memberinya hadiah
E. Berusaha mengetahui kemampuan kompetitor dari segi kelebihan maupun kekurangan

14. Resolusi anda untuk tahun depan ingin meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Maka langkah yang anda terapkan adalah ...
A. Meningkatkan kualitas produksi
B. Memperluas jaringan pangsa pasar
C. Meningkatkan jumlah produksi
D. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
E. Meningkatkan mutu dengan memperbaiki fasilitas pelayanan dan mempersingkat waktu pelayanan agar lebih efektif dan efisien

15. Saat anda berada di bus, ada penumpang yang terlihat kebingungan. Maka reaksi anda ketika itu ialah ...
A. Mencurigainya
B. Sesekali meliriknya
C. Menanyakan keadaanya
D. Membiarkannya
E. Segera pindah bangku

16. Sahabat anda ingin meminjam uang dengan jumlah yang besar, sedangkan saat itu anda tidak memilikinya. Maka yang akan anda lakukan untuk sahabat anda adalah ...
A. Mengatakan padanya tidak memiliki uang tersebut
B. Membantunya dengan uang yang anda miliki
C. Membantunya dengan menanyakan teman lain yang memiliki uang
D. Menyarankan agar meminjam uang di bank
E. Menggadaikan emas untuk membantunya

17. Karena jalanan macet, anda memutuskan untuk naik ojek. Pada saat perjalanan, tiba-tiba ban ojek yang anda naiki kempes. Maka yang akan anda lakukan adalah ...
A. Langsung naik transportasi lain
B. Membayar separoh dari ongkos yang disepakati
C. Memarahi tukang ojek
D. Menunggunya menambal ban dan tetap minta diantarkan ke tempat tujuan
E. Tetap membayar ojek tersebut lalu segera mengganti transpotrasi lain

18. Anda baru saja dipindahkan ke unit kerja yang beban kerjanya sangat sulit. Maka anda akan ...
A. Mengajukan mutasi
B. Melobi atasan anda untuk tidak dipindahkan
C. Bekerja semampunya
D. Mencoba memahami situasi pada pekerjaan baru dan mempelajari tugas baru dengan penuh keyakinan bahwa mampu mengerjakannya
E. Memprotes keras keputusan tersebut

19. Anda dinilai lambat bekerja oleh atasan anda. Maka reaksi yang akan anda lakukan atas penilaian tersebut dengan ...
A. Meminta saran pada atasan bagaimana utnuk memperbaiki performa kerja
B. Menahan rasa malu karena mendapat teguran
C. Meminta bantuan temanuntuk memperbaiki performa
D. Berusaha lembur untuk mengejar ketertinggalan
E. Menerima penilaian tersebut dan berusaha memperbaiki performa kerja

20. Harga kebutuhan pangan melonjak naik, tetapi pendapatan yang anda terima tetap. Maka yang anda lakukan ...
A. Mengurangi jumlah konsumsi
B. Mencoba mncari tambahan penghasilan
C. Merencanakan ulang pembelanjaan anda agar tetap seimbang dengan pendapatan
D. Tidak merubah apapun dengan anggapan harga akan kembali normal
E. Mengganti barang yang bisa dibeli dengan yang lebih murah

21. Suatu waktu anda diminta atasan secara mendadak untuk melaporkan hasil perkembangan pekerjaan yang dibebankan kepada anda, maka anda akan ...
A. Panik
B. Mencari alasan
C. Semakin termotifasi
D. Biasa saja
E. Melaporkan perkembangan seadanya

22. Anda secara tidak sengaja melakukan kesalahan dalam suatu pekerjaan, lalu junior anda membentak anda, maka sikap anda ...
A. Tabah
B. Diam sejenak dan kemudian meminta maaf
C. Membentaknya kembali karena anda rasa tidak sopan
D. Biasa saja
E. Melapor pada atasan

23. Ketika berada di lift, tiba-tiba liftnya mati, maka anda akan ...
A. Menenangkan diri, kemudian meminta pertolongan
B. Menenangkan orang lain di dalam lift
C. Panik
D. Ingin mati saja
E. Berdoa

24. Anda adalah seorang penyanyi, suatu ketika anda sedang konser kemudian anda mendapat kabar bahwa istri/suami anda mengalami kecelakaan, maka anda akan ...
A. Melanjutkan konser karena harus bersikap profesional
B. Pura-pura tidak tahu
C. Menanyakan keadaan terlebih dahulu
D. Menyuruh saudara untuk mengurus istri/suami anda
E. Panik

25. Anda adalah seorang supir pribadi atasan, suatu ketika anda mengantar atasan ke suatu tempat tiba-tiba anak anda sakit keras dan harus dibawa ke rumah sakit, maka anda akan ...
A. Mengantarkan atasan dulu kemudian meminta izin untuk mengantar anak
B. Meminta izin atasan untuk mengantar anak
C. Panik
D. Segera berbalik arah untuk mengurus anak
E. Meminta tetangga mengurus anak

26. Orang yang lembur menurut anda ...
A. Banyak pekerjaan
B. Suka menunda pekerjaan
C. Tidak punya kehidupan luar
D. Pekerja keras
E. Terlalu loyal pada pekerjaan

27. Anda dipindahkan di bidang lain di kantor anda, maka anda akan ...
A. Merasa takut
B. Merasa tidak pantas
C. Segera mempelajari SOP-nya
D. Menolaknya
E. Biasa saja

28. Ketika ada penawaran beasiswa, maka anda akan ...
A. Tidak tertarik
B. Segera melengkapi persyaratannya
C. Biasa saja
D. Tidak ada waktu untuk sekolah lagi
E. Membaca persyaratan yang ada, apabila sesuai maka segera mengurus keperluannya

29. Saat bearada dalam kondisi yang rumit dan penuh tekanan, biasanya anda ...
A. Stress
B. Mengambil pelajaran dari setiap peristiwa
C. Berusaha bijak
D. Menenangkan diri sejenak
E. Tenang

30. Anda berada dala satu tim kerja yang sebagian besar rekan setim anda merupak orang yang sibuk, maka anda akan ...
A. Mencoba mengetahui jadwa masing-masing sehingga mereka semua dapat meluangkan waktunya untuk rapat kerja
B. Mulai mengajak mereka bekerja ketika mereka tidak sibuk lagi
C. Mulai mengajak mereka bekerja ketika tenggak waktu penyelesaian sudah hampir tiba
D. Cuek saja yang penting saya menyelesaikan apa yang menjadi tugas saya
E. Menasehati rekan-rekan yang menurut anda sangat sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk mengerjakan pekerjaan tim

31. Ketika anda dan tim anda sedang menyusun jadwal kerja, maka yang anda lakukan adalah ...
A. Memberi tahu waktu-waktu yang anda bisa dan tidak bisa
B. Ikut dengan jadwal yang disepakati rekan-rekan saya saja
C. Mencoba mencari jadwal yang tidak berbenturan dengan jadwal saya meski harus mengorbankan jadwal rekan yang lain
D. Saya pusing jika harus disuruh menyusun jadwal
E. Saya takut bersuara jika jadwal tersebut mangganggu jadwal saya yang sudah ada

32. Dalam menyusun program kerja tima anda, biasanya anda sering ...
A. Melakukannya dengan beberapa orang dalam tim saja
B. Melakukannya dengan melibatkan aspirasi dari semua anggota tim
C. Melakukan sendiri saja
D. Menyerahkannya kepada atasan saja
E. Ikut kesepakatan teman-teman saya saja

33. Saya ditempatkan di bagian kepegawaian. Salah satu tugas kami adalah memberikan orientasi pada pegawai baru. Maka saya akan ...
A. Membagi tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh rekan-rekan yang terlibat
B. Mengarahkan rekan-rekan saya yang lain untuk turut terlibat dalam kegiatan tersebut
C. Menunggu hingga atasan memberikan perintah apa yang mesti dilakukan
D. Menyibukkan diri dengan pekerjaan yang lain agar saya tak perlu repot
E. Berdiam diri saja sebab jika ada yang butuh bantuan saya, mereka menghubungi

34. HUT republik Indonesia merupakan hari yang tepat dalam rangka mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan dan mempertahankannya. Sebagai pegawai di kantor anda, maka anda akan ...
A. Menikmati liburan di rumah
B. Ikut upacara bendera
C. Mengajak rekan-rekan sekantor untuk mengadakan acara peringatan HUT RI
D. Menyarankan kepada atasan untuk mendekorasi ruangan
E. Mengajak rekan sekantor untuk berlibur

35. Di kator saya akan diadakan pengajian pekanan selama waktu istirahat siang, maka saya akan ...
A. Makan di kantin saja
B. Mengajak rekan-rekan sekantor untuk berpartisipasi dalam acara tersebut
C. Pulang ke rumah
D. Tidur siang karena saya sangat lelah
E. Izin tidak ikut pengajian dulu karena masih ada pekerjaan yang harus anda selesaikan segera

Poin
No 5 4 3 2 1
1 E A D B C
2 B A D C E
3 E C B A D
4 E D C B A
5 E D B C A
6 B A E D C
7 C B E A D
8 E D C A B
9 C E B A D
10 B C D A E
11 A B C D E
12 D A B C E
13 A E B C D
14 E D A B C
15 C B D E A
16 C E B D A
17 E B D A C
18 D C A B E
19 E D C A B
20 C B E A D
21 C E D A B
22 B A D E C
23 A E B C D
24 C D A E B
25 A B E C D
26 A E D B C
27 C E A B D
28 E B C D A
29 E D C B A
30 A E B C D
31 A B C D E
32 B A C D E
33 A B C D E
34 C D E B A
35 B E D A C


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel