-->

Soal TKP SKD 35 Soal dengan penskoran


Walaupun sebenarnya, soal SKD untuk TKP itu nantinya akan panjang-panjang, namun perlu juga untuk kita melatih diri untuk mengerjakna soal-soal TKP yang pendek. sebab dengan melatih dan membiasakan untuk menghadapi soal pendek maka kita akan terbiasa membaca.

membaca itu amat penting, dan meskipun soal HOTS dan panjang, tetap saja, kita akan menjawab inti dari soal tersebut

selamat berlatih, dan soal ini dilengkapi skor dibagian akhir. untuk lulus CPNS 2019, kita harus mendapatkan skor 126. sediakan pensil dan selamat menjawab.

SOAL  TKP

1. Pada waktu bangun tidur saya sering merasa…
A. Tugas-tugas yang begitu banyak telah menanti saya
B. Bersemangat untuk melakukan aktifitas sehari-hari
C. Agak pusing jika memikirkan suasana kantor yang kurang nyaman
D. Berharap atasan tidak akan marah lagi hari ini
E. Berharap semoga hari ini hari baik-baik saja

2. Ketika ada salah seorang tetangga Anda meniggal dunia, maka Anda akan...
A. Izin kepada atasan untuk tidak masuk kerja
B. Tetap masuk kerja setelah izin terlambat karena ingin bertakziyah dulu
C. Masuk kerja saja karena Anda akan bertakziyah ketika pulang kerja saja
D. Menitipkan pesan bela sungkawa kepada tetangga yang lainnya saja
E. Tetap bekerja saja karena Anda tidak terlalu mengenal tetangga tersebut

3. Ketika Anda berkunjung ke sebuah pusat perbelanjaan, Anda senang jika...
A. Keadaannya sepi
B. Diskonnya murah
C. Suasanananya bersih dan nyaman
D. Para satpam dan petugas yang lainnya ramah
E. Tempat ibadah dan toiletnya bersih dan memadai

4. Jika ada seorang rekan yang memberikan secara langsung berkas-berkas temannya untuk ditindaklanjuti oleh Anda, maka Anda akan...
A. Tidak mempedulikannya
B. Memberinya nomor urut seperti klien yang lain
C. Segera menindaklanjutinya
D. Menindaklanjutinya jika ada imbalan saja
E. Menindaklanjutinya karena Anda tidak enak hati dengan teman Anda itu

5. Saya berhasil mengatasi tantangan terutama karena ...
A. Nasib baik ada di tangan saya
B. Saya berani mencoba hal-hal yang tidak berisiko
C. Saya berani mencoba dengan segala risikonya
D. Saya mendapat bantuan dari lingkungan
E. Saya tidak putus asa menghadapi kegagalan

6. Jika ada kesempatan untuk berkompetisi dalam bidang yang saya senangi, maka saya…
A. Mengalahkan pesaing dengan meningkatkan diri
B. Tidak ikut kompetisi
C. Ikut kalau ada kemungkinan menang
D. Berusaha keras mengalahkan pesaing dengan mencari kelemahan mereka
E. Lebih baik tidak usah ikut karena khawatir akan kalah

7. Ketika Anda membawa anak Anda ke pasar, anak Anda tiba-tiba meminta untuk dibelikan permainan, maka Anda akan...
A. Menolaknya karena harganya mahal
B. Menolaknya karena Anda mau ia membelinya sendiri dengan uang tabungannya
C. Segera membelikannya karena ia memaksa
D. Menolaknya karena hal tersebut tak ada dalam rencana Anda dan dia
E. Mengabulkannya karena Anda takut ia menangis

8. Anda senang tinggal dalam lingkungan yang...
A. Rumahnya berdekatan
B. Tertutup
C. Sepi
D. Suasananya individual
E. Suasananya penuh kekeluargaan

9. Ketika Ketua RT Anda membutuhkan warganya untuk melakukan kerja bakti di lingkungan rumah Anda dan sekitarnya, Anda sedang sibuk. Maka Anda akan...
A. Tetap ikut dalam kerja bakti walau Anda sedang punya tugas mendadak
B. Menemui Pak RT dan warga dengan membawa maaf dan makanan
C. Meminta salah seorang pekerja Anda untuk ikut serta dalam kerja bakti
D. Tidak ambil peduli dengan semua yang terjadi
E. Meminta orang lain untuk mewakili Anda dalam kerja bakti tersebut

10. Jika Anda sedang dalam keadaan yang lelah, biasanya Anda akan...
A. Segera istirahat
B. Tetap menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai
C. Memakai balsem atau sejenisnya
D. Ngobrol dengan seseorang yang lain
E. Istirahat dan tidak bisa diganggu oleh siapa pun

11. Harga-harga saat ini berubah dengan cepat dan kecenderungannya meningkat terus. Sementara pendapatan dari saya terbatas, menghadapi keadaan ini saya..
A. Membuat rancangan penggunaan keuangan secara lebih hati-hati
B. Merancang penggunaan uang sekaligus minta tambahan gaji
C. Marah terhadap situasi yang tidak menentu
D. Mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang tidak cocok
E. Meminta tambah uang saku dari orang tua

12. Jika Anda sedang memiliki banyak pekerjaan dan atasan Anda memberi pekerjaan yang baru lagi kepada Anda padahal pekerjaan sebelumnya belum Anda selesaikan, maka Anda akan...
A. Menerimanya dan mengatakan bahwa pekerjaan sebelumnya belum selesai
B. Menerimanya dan meminta rekan kerja Anda untuk menyelesaikannya
C. Memintanya untuk memberikan pekerjaan tersebut kepada rekan Anda yang lain
D. Menolaknya karena Anda sudah memiliki banyak pekerjaan
E. Menolaknya karena Anda ingin memberikan pekerjaan juga kepada rekan Anda yang lain

13. Jika Anda sudah tidak memiliki pekerjaan apa pun di kantor, maka Anda akan...
A. Bersantai-santai hingga datang pekerjaan selanjutnya
B. Tidak mungkin karena pekerjaan saya tidak akan ada habisnya
C. Meminta pekerjaan kepada atasan Anda
D. Menawarkan diri kepada rekan kerja Anda yang mungkin sedang kerepotan
E. Menikmati keadaan kantor saja sebelum Anda kembali sibuk

14. Saat saya menghadiri pernikahan seorang kerabat dari luar kota bersamaan dengan itu ada tugas kantor, sedangkan minggu lalu saya sudah membolos saya akan..
A. Mempersiapkan diri sejak awal dan membicarakannya dengan pimpinan untuk menyelesaikan tugas di hari lain
B. Melaksanakan tugas sungguh-sungguh dan inilah kesempatan untuk memperbaiki kinerja saya
C. Meminta izin tidak dapat mengikuti tugas hari ini
D. Mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh
E. Memilih pergi dan berusaha sebaik mungkin pada tugas berikutnya

15. Anda memiliki keinginan untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang...
A. Berkualitas
B. Terjangkau
C. Elite
D. Mahal
E. Berakhlak

16. Ketika muncul suatu masalah dalam pekerjaan yang kebetulan ada kaitannya dengan hal-hal yang menjadi kewajiban saya, maka saya…
A. Akan bertanggung jawab
B. Membiarkan masalah tetap berlangsung
C. Melihat dulu adakah orang lain yang juga turut bersalah
D. Mungkin ada pihak lain yang harusnya bertanggung jawab
E. Mempertimbangkan kemungkinan bahwa saya tidak bersalah akan hal itu

17. Nonton film pada saat jam kantor menurut saya...
A. Boleh saja
B. Tidak boleh
C. Boleh asal pimpinan menyetujui
D. Boleh asal pekerjaan sudah selesai
E. Boleh asal tidak ketahuan

18. Menyediakan jajanan di meja kerja kantor menurut saya...
A. Boleh saja asal tidak terlalu banyak
B. Boleh asal bagi-bagi dengan atasan
C. Tidak boleh
D. Meminta ijin atasan dulu
E. Boleh asal atasan juga melakukan

19. Ketika berkunjung ke kantor klien yang akan Anda audit, Anda mendapatkan uang dari klien sebagai pengganti transport, maka Anda akan....
A. Menerimanya sepanjang tidak diketahui oleh rekan yang lain
B. Mengembalikan dengan halus
C. Marah karena klien telah berusaha menyogok Anda
D. Menolak bila disuruh atasan
E. Menolak karena Anda tahu itu gratifikasi

20 Sehubungan dengan pekerjaan Anda, kantor Anda memberikan jatah uang makan sebesar Rp.500.000,- untuk makan siang setiap harinya. Uang tersebut akan
diganti seusai dengan bukti pembayaran makan siang. Namun menurut Anda makan siang Anda selama ini tidak sebesar jumlah tersebut. Oleh karena itu Anda akan...
A. Tetap makan dengan jumlah tersebut demi mendapatkan uang reimburse
B. Makan dengan jumlah yang secukupnya menurut Anda
C. Makan secukupnya tapi memalsukan kwitansinya
D. Makan secukupnya dengan kwitansi yang sebenarnya
E. Ikut bagaimana rekan saya yang lain saja

21. Tugas Anda harus diselesaikan dalam satu minggu. Maka Anda akan...
A. Menyelesaikan tugas yang lainnya dulu lebih yang lebih dekat batas waktunya
B. Menumpuk tugas tersebut pada daftar tugas Anda
C. Membiarkan tugas tersebut hingga Anda tergerak untuk menyelesaikannya
D. Menyelesaikan tugas tersebut manakala sudah ditagih oleh atasan Anda
E. Menyelesaikan tugas jika ada yang membantu Anda

22. Suatu hari Anda sedang rapat bersama para pimpinan, salah seorang pimpinan mengeluarkan pendapatnya. Namun Anda tidak setuju dengan pendapat tersebut,
maka Anda akan...
A. Langsung mengeluarkan pendapat Anda juga walau ia pimpinan
B. Menutup mulut karena tidak mau membantah pimpinan
C. Mengiyakan saja untuk menyetujui pendapat pimpinan tersebut
D. Meninggalkan ruangan rapat karena Anda geram dengan pimpinan Anda
E. Biasa saja karena hal tersebut sudah sering terjadi

23. Menurut rekan-rekan saya, saya ini orang yang…
A. Tidak memiliki ketekunan dalam mengerjakan pekerjaan rutin
B. Memiliki ketekunan rendah
C. Terkadang tekun
D. Terkadang mudah jengkel dan kurang tekun mengerjakan sesuatu
E. Cukup tekun

24. Setelah menyelesaikan pekerjaan tertentu, saya …
A. Langsung melakukan aktifitas lain
B. Istirahat sejenak
C. Mengakses situs jejaring sosial semacam facebook untuk mengetahui kabar terbaru dari kerabat dan kawan saya
D. Membaca Koran
E. Meneliti pekerjaan tersebut apakah masih ada kekeliruan, lalu melakukan aktifitas lain

25. Jika mengalalami kegagalan dalam rangka mencoba sesuatu maka saya..
A. Mencari bantuan untuk jalan keluar
B. Menganggap kegagalan sebagai resiko sekaligus latihan
C. Akan berusaha terus untuk mencoba lagi sampai berhasil
D. Kecewa tetapi masih ada semangat untuk mencoba
E. Merasa kehilangan semangat untuk memulai

26. Ketika saya diminta melakukan pekerjaan berat, saya..
A. Menolak diberikan pekerjaan seperti itu
B. Mempertimbangkan dulu untuk menerimanya
C. Tetap menerimanya, meskipun tidak suka dengan pekerjaan itu
D. Merasa tertantang melakukan pekerjaan itu
E. Menyerahkan pekerjaan tersebut kepada orang lain

27. Jika Anda diminta untuk menggambar pemandangan, maka yang terlintas pertama kali dalam pikiran Anda untuk digambar ialah...
A. Gunung
B. Sawah
C. Lautan
D. Pantai
E. Kardus

28. PNS yang kreatif itu adalah PNS yang...
A. Bisa membagi waktunya
B. Cepat kerjanya
C. Bisa membunuh rutinitasnya
D. Menikmati pekerjaannya
E. Aneh

29. Pasangan saya tidak menyukai tempat dimana saya bekerja, sikap saya…
A. Menanyakan alasan pasangan saya mengatakan hal tersebut
B. Menjelaskan bahwa saya juga mencintai pekerjaan saya
C. Mempertimbangkan untuk berhenti dari pekerjaan saya
D. Tetap memilih pekerjaan saya dengan resiko memutus hubungan dengan pasangan saya
E. Membawa pasangan saya ketempat saya bekerja dan membiarkan dirinya menilai

30. Saya sedang tidak dalam kondisi fit untuk bekerja, sikap saya…
A. Izin kepada atasan saya untuk pulang dan beristirahat
B. Beristirahat sejenak dengan harapan dapat lebih sehat nantinya
C. Melimpahkan pekerjaan kepada teman lalu izin kepada atasan untuk pulang
D. Tetap bekerja semampu saya
E. Menyuruh teman saya untuk mengerjakan pekerjaan saya

31. Teman saya menanyakan proses pekerjaan saya, sikap saya…
A. Tidak membahasnya, karena pekerjaan saya biarlah hanya saya dan atasan yang tahu
B. Mengatakan bahwa semua berjalan dengan baik
C. Mengatakan apa adanya dan meminta saran kepada teman anda bila diperlukan
D. Mengatakan bahwa anda dapat menyelesaikannya sendiri
E. Tidak membahasnya dan mengalihakan topik agar teman saya tidak sakit hati

32. Saya mempunyai seorang saudara yang ingin sekali bekerja ditempat saya bekerja, yang saya lakukan…
A. Memberinya alamat rumah HRD kantor saya
B. Memberitahukan pihak HRD bahwa saudara saya akan mendaftar lowongan pekerjaan
C. Memberikan trik dan celah untuk bisa mendapatkan lowongan tersebut
D. Menyemangatinya namun tak membantu apapun
E. Tidak mempedulikannya

33. Tim bola voli unit kami diperkirakan akan kalah melawat tim bola voli unit lain dalam instansi kami. Sikap saya dalam pertandingan…
A. Lebih baik diam karena sadar akan kekuatan tim kami
B. Berusaha bersembunyi agar tidak diketahui bahwa saya adalah pendukung tim lemah
C. Tetap memberikan dukungan dengan penuh semangat
D. Jika tim kami kalah tidaklah mengapa, karena sudah diprediksikan demikian
E. Memberikan dukungan daripada saya dicap tidak setia kawan

34. Bagi saya, kegagalan adalah
A. Isyarat tegas bahwa kita harus berhenti
B. Justru meningkatkan ketangguhan saya untuk mencoba lagi dengan lebih baik
C. Sering menjatuhkan mental saya
D. Saya upayakan untuk tidak mengurangi semangat saya
E. Mungkin ada unsure kekeliruan dari anggota tim saya

35. Menurut saya, para pemimpin besar dunia itu…
A. Mereka memang sudah Tuhan takdirkan menjadi pemimpin besar
B. Mereka berusaha keras dalam hidupnya untuk sukses
C. Mereka mengusahakan kesempatan dan fasilitas sehingga bisa sukses
D. Mereka adalah pribadi yang langka
E. Mereka sangat beruntung bisa sukses dan menjadi pemimpin besar

Poin
No 5 4 3 2 1
1 B E A D C
2 B A C D E
3 D E B C A
4 B A E C D
5 E C D B A
6 A D C E B
7 B C D E A
8 E A C B D
9 B C E A D
10 C B A D E
11 D A B E C
12 E D C B A
13 C B D A E
14 A B E D C
15 E A B C D
16 A E B C D
17 B D E C A
18 D A C B E
19 B E C D A
20 D B A E C
21 A B E D C
22 A E C B D
23 E D C B A
24 E A B C D
25 C B A D E
26 D C B E A
27 E A B C D
28 D A B C E
29 B E A D C
30 A B E D C
31 B D A E C
32 C B D E A
33 D C B A E
34 C D A E B
35 B D E C A

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel