-->

berbagi pengalaman : Penjelasan mengenai SOAL HOT SKD CPNS

Dalam postingan kali ini akan berisi tentang share pengalaman saat mengikuti seleksi CPNS 2018. 
Tentang, apa itu soal HOT, Cara menghadapi SKD, persiapan SKD, dan hal penting lainnya yang berkaitan dengan SKD.

Namun saya meminta maaf apabila penulisan kurang rapih dan terstuktur dikarenakan waktu penulisan yang sangat singkat dikarenakan kesibukan. Namun semoga bermanfaat dan kurangnya akan saya perbaiki di kemudian hari.

Sebagai sharing pengalaman CPNS 2018, saya akan menyampaikan hal penting yang harus di ketahui untuk kalian yang baru mengikuti CPNS di tahun 2019 yang akan dilaksanakan di 2020. Untuk yang sudah pernah mengikuti semoga menjadi pengingat.

Tes CPNS akan dilaksanakan dengan menggunakan CAT suatu metode ujian dengan alat bantu computer yang digunakan untuk medapatkan standar minimal kompetensi dasar Maupun standar kompetensi keegawaian.

Tujuannya:

1. Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian

Setelah ujian CAT selesai kamu bisa melihat langsung hasil dari SKD mu berdasarkan nilai TWK, TIU dan TKP di layar computer. Kamu bisa mencatat hasilnya (usahakan untuk nilai, lolos pasing grade agar menjadi P1) jangan berharap jika tahun ini akan diambil dari nilai kumulatif karena berdasarkan pasing grade yang turun, bisa jadi ini membuat peluang p1 menjadi lebih banyak.

Nanti saat tes, apabila waktu habis, maka hasilmu tidak akan hilang, melainkan akan otomatis di simpan dan diakhiri oleh computer. Manfaatkan sisa waktu apabila masih tersisa walaupun 5 menit. koreksi karena 1 menit pun amat berharga. jangan terburu-buru dan pastikan berlatih menagemen waktu.

2. Menciptakan solidaritas hasil ujian secara nasional

3. Mentepkan stadar nilai

4. Meningkatkan transparansi, objektivitas , akuntabilitas dan efisiensi.

Nilai yang kamu dapatkan, tidak hanya bisa dilihat dari layarmu saja loh, temanmu atau keluargamu bahkan orang lain bisa melihat melalui layar luar ruangan. Wow ! Jadi jangan takut ada kecurangan. Bahkan saat tes nanti kita tidak diperkenankan membawa apapun, petugas akan memeriksa peserta sebelum masuk keruang tunggu.

Soal yang akan kamu hadapi pada CAT adalah soal tipe HOTS

Apa itu hots ?

Soal HOTS memiliki alur cerita , mengandung informasi yang tidak dibutuhkan, hanya berupa bentuk soal, membutuhkan latihan membaca cepat, manajemen waktu.

Usakan untuk latihan membaca karena waktu yang 90 menit itu nantinya tidak akan terasa.

Kalau kamu tidak bisa memanage waktu, maka kamu akan gagal ! (KECUALI KALAU BERUNTUNG)

Ingat ! keberhasilan SKD bukan dari nilai kamu yang tinggi salah satu bidang, melainkan ketiga bidang itu memiliki nilai pas pasinggrade atau lebih.

Soal yang akan kamu hadapi, tidak akan seperti soal-soal yang ada di buku CPNS. Makanya perlu untuk belajar memahami soal-soal panjang. namun bukan berarti kita fokus mencari soal panjang. soal mudahpun bisa menambah wawasan loh ! 

Soal TKP dan TWK itu amat panjang sekali. Untuk TIU, tidak begitu panjang apabila berhubungan dengan numerik, figural, namun soal cerita matematis tentu saja sangat panjang. Dulu bahkan saya saat mengerjakan soal bentuk cerita mengenai posisi tempat duduk memakan waktu kurang lebih 1 menit. dan itu 1 menit dianggap cukup. jangan lebih dari 3 menit. itupun jika kamu memiliki disisa waktu. lewat saja soal yang kamu anggap susah.

Ingat ya sekali lagi! lewat pertanyaan yang menurutmu susah, jangan dipaksakan. Makanya berlatihlah sebelum CPNS itu soal – soal yang nantinya bisa kamu kuasai.

Untuk SOAL TKP usahakan jawab semua, tidak ada yang kosong. Sebab semua pilihan akan mendapatkan poin rentang 1-5.

Namun, kamu harus punya target dan perkiraan, skitar 26 soal harus bernilai maksimal yaitu 6.
sisanya tembak saja jika tidak ada waktu

Ingat ! managemen waktu amatlah penting. Usahakan untuk menyisakan waktu untuk mengoreksi. Nanti kamu akan mendapatkan kertas selemmbar dan kertas tersebut jadikan sebagai pencatat nomor yang ragu.

Hilangkan semua gangguan teknis, acuhkan yang ada di sekitarmu, dan utamakan soal yang mudah dan bila sulit jangan lebih dari 3 menit. Jangan pernah kerjakan soal TKP terakhir ! mengapa ? karena dari 3 bidang itu soal TKP memiliki PAsing grade yang tinggi.

Jangan senang dulu, meskipun pasing gradenya turun tapi kesulitannya tetap sama ! jangan pernah menyepelekan dan kenali trik-trik TKP. Kebanyak peserta 2018 gagal di TKP karena nilai mereka kecil!

Dalam TKP itu bukan soal kesesuaian dengan hati, jangan sok jadi pahlawan. Ingat TKP memiliki trik dan aturan sendiri sesuai dengan yang diinginkan pembuat soal !

Semoga pengalaman ini dapat menjadikan pengetahuan, mohon maaf apabila banyak kekurangan, saya harap pengunjung blog saya dapat lulus CPNS. Jangan lupa belajar, saat kamu bemalasan ada banyak orang yang sedang memperjuangkan apa yang kamu inginkan.

Usaha tidak akan mengkhianati hasil, apabila hasilnya tidak sesuai, mungkin rizkimu belum tiba waktunya atau nasibmu bukan menjadi PNS.

Perlu diketahui pula, hal penting yang selalu disepelekan adalah

Peserta yang salah kostum sebelum SKD, atau tidak membawa kartu peserta.

Memang biasanya, akanada tempat untuk memprint, tapi jangan buang-buang waktu deh. Sebelum berangkat ke tempat tes usahakan semua sudah terbawa dan tidak tertinggal.

ini adalah syarat untuk ketentuan berpaaian. 
no jeans !!!!!!




apabila bermanfaat, share informasi ini agar temanmu dapat informasi ini juga. kebaikan bsa dimulai dari berbagi. mulai dari hal-hal kecil. 

baca juga :

untuk buku / modul cpns lainnya silahkan KLIK DISINI TIPS AGAR GURU SD LOLOS CPNS KLIK DISINI
untuk trik dan info mengenai CPNS bisa di cek DISINI
untuk memahami strategi menghadapi SKD dan SKB silahkan KLIK DISINI
tips dan trik lain lolos SKD KLIK DISINI

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel