-->

Pemetaan dan deskripsi KD kelas 6 semester 1 kurikulum 2013

www.beginerboy.blogspot.com

Kompetensi Dasar adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dicapai / dimiliki oleh seorang siswa
untuk menunjukkan bahwa siswa tersebut telah mampu menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan.
KD merupakan penjabaran dari Standar kompetensi, kemdian KD pun nantinya dibuatkan Indikator capaian kompetensi.

Pemetaan KD Kurikulum 2013 digunakan sebagai dasar perancangan kegiatan penilaian, baik yang bersifat harian, tengah semester maupuan per semester.

Kali ini saya akan membagikan

Penjabaran KD dan pemetaan kelas 6 semester 1

semoga bermanfaat :D

Kompetensi Dasar (KD) Kelas 6 K13 Semester 1 Muatan Pelajaran PPKn

1.1 Bersyukur kepada tuhan yang maha esa atas nilai-nilai pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
2.1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.

1.3 Mensyukuri keberagaman sosial, budaya dan ekonomi masyarakat dalam konteks bhineka tunggal ika.
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial, budaya dan ekonomi masyarakat dalam konteks bhineka tunggal ika.

3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya dan ekonomi masyarakat.
4.3 Mengkapanyekan manfaat keberagaman sosial, budaya dan ekonomi masyarakat.

1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah tuhan yang maha esa beserta dampaknya.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4 Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.

Kompetensi Dasar (KD) Kelas 6 K13 Semester 1 Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia

3.1 Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1 Menyajikan simpulan secara lisan dan tulisan dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.

3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.
4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.

3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana, dengan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana, dengan kosakata baku dan kalimat efektif.

3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb).
4.6 Mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb). sesuai petunjuk pengisiannya.

Kompetensi Dasar (KD) Kelas 6 K13 Semester 1 Muatan Pelajaran Matematika


3.3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah dan atau bilangan pecahan dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah dan atau bilangan pecahan dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.

3.4 Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng dan juring.
4.4 Mengidentifikasi titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng dan juring.

3.5 Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran.
4.5 Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah.

3.6 Membandingkan prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.
4.6 Mengidentifikasi prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.

3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang serta luas permukaan dan volumenya.
4.7 Mengidentifikasi bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang serta luas permukaan dan volumenya.

Kompetensi Dasar (KD) Kelas 6 K13 Semester 1 Muatan Pelajaran IPA

3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
4.1 Menyajikan karya perkembangbiakan tumbuhan.

3.3 Menganalisis cara mahluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.3 Menyajikan karya tentang cara mahluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan, sebagai hasil penulusuran berbagai sumber.

3.4 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana.
4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel.

3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

3.6 Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan menghemat energi listrik.
4.6 Menyajikan karya tentang berbagaicara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik.

Kompetensi Dasar (KD) Kelas 6 K13 Semester 1 Muatan Pelajaran IPS

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.

3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.
4.2 Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.

3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi,
politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.

3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
4.4 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

Kompetensi Dasar (KD) Kelas 6 K13 Semester 1 Muatan Pelajaran SBDP

3.1 Memahami reklame.
4.1 Membuat reklame.

3.2 Memahami interval nada.
4.2 Memainkan interval nada melalui lagu dan alat musik.

3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah.
4.3 Menampilkan tari kreasi daerah.

3.4 Memahami patung.
4.4 Membuat patung.

Kompetensi Dasar (KD) Kelas 6 K13 Semester 1 Muatan Pelajaran PJOK

3.2 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.

3.3 Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.

3.4 Menerapkan prosedur variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif untuk membentuk gerak dasar seni beladiri.
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif untuk membentuk gerak dasar seni beladiri.

3.5 Memahami latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkatkebugaran jasmani pribadi secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melakukan push up, menghitung kelenturan tungkai).
4.5 Mempratikkan latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani pribadi secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melakukan push up, menghitung kelenturan tungkai).

3.7 Memahami penggunaan variasi dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
4.7 Mempraktikkan penggunaan variasi dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel