-->

materi kurmer kelas 6 Seni Musik cara bernyanyi

 1.Cara Bernyanyi

Sebelum bernyanyi, tentunya kita harus memahami cara bernyanyi atau teknik vokal. Berikut pembagian teknik vokal:

a Sikap bernyanyi

Sikap bernyanyi adalah bernyanyi dengan posisi atau sikap tubuh yang baik dengan cara berdiri sehingga dapat memberikan keleluasaan dalam proses pernapasan dan dapat mempengaruhi kualitas suara.

Adapun sikap bernyanyi, yaitu :

1. Berdiri dengan tegak, rileks, dan bertumpu pada kedua kaki

2. Bahu tidak tegang

3. Wajah rileks dan tidak tegang


Gambar 1.1 Posisi Bernyanyi Yang Baik

b Intonasi

Intonasi adalah ketepatan tinggi rendah nada (dari seorang penyanyi). Intonasi juga bisa disebut dengan ketepatan suatu nada (pitch) Ketika bernyanyi perlu diperhatikan tinggi rendah nada pada lagu yang dinyanyikan, sehingga nada yang terdengar akan tepat atau tidak fals.

c Artikulasi

Artikulasi merupakan perubahan rongga dan ruang pada saluran suara untuk menghasilkan bunyi atau bahasa. Artikulasi bisa disebut juga dengan pengucapan kata atau lafal. Artikulasi ini sangat penting dilakukan karena akan berdampak kepada kejelasan vokal yang dihasilkan ketika bernyanyi. Jika artikulasi tidak terdengar jelas, maka kata yang diucapkan tidak akan bisa diartikan atau dicerna oleh pendengar. Ada dua jenis huruf yang harus diperhatikan dalam bernyanyi, yakni :

1. Huruf vokal atau huruf hidup

Huruf vokal terdiri dari A, I, U, E, O. Cara melatih melafalkan huruf vokal tanpa penambahan huruf lainnya. Jika huruf A berarti dibaca “A” bukan “AH” dan begitupun huruf vokal lainnya.

2. Huruf konsonan atau huruf mati

Huruf mati ini merupakan huruf yang tidak termasuk ke dalam huruf hidup. Berlatih melafalkan huruf bisa dengan mempraktikkan menghadap ke depan cermin.

d. Phrasering

Phrasering adalah suatu teknik pemenggalan kalimat musik menjadi bagianbagian yang lebih pendek lagi, pada phrasering ini tetap mempertahankan kesatuan arti. Phrasering ini erat hubungannya dengan teknik pernafasan.  Adapun tujuan phrasering adalah untuk memenggal kalimat musik pada lagu

secara tepat sesuai dengan isi kalimat. Jadi untuk mengungkapkan suatu lagu dapat lebih mendekati kebenaran yang ada didalamnya sesuai dengan pesan lagu yang akan disampaikan ketika bernyayi.

e Ekspresi

Ekspresi merupakan penjiwaan lagu. Kemampuan penyanyi menyesuaikan isi dan jiwa lagu sesuai dengan kehendak pencipta lagu. Tentunya penyanyi harus memahami beberapa hal, seperti :

1. Menguasai materi lagu.

2. Mengerti isi lagu.

3. Menerapkan teknik phrasering dengan baik.

4. Memahami tanda-tanda yang terdapat dalam lagu, contohnya tanda tempo (cepat atau lambatnya lagu), tanda dinamika (keras atau lembutnya suara), dan tanda ekspresi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel