Kunci Jawaban Post Test Modul 2 topik 6 Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid PMM
Soal No. 1. Perhatikan elemen-elemen berikut: 1. Kebutuhan murid 2. Kondisi kelas 3. Pertimbangan guru 4. Lingkungan sekolah Apa saja aspek yang perlu dipertimbangkan saat Guru akan melakukan modifikasi pembelajaran? A. 1, 2 B. 2, 3 C. 3, 4 D. 1, 3 Jawaban: A
Soal No. 2 Seorang
pendidik akan melaksanakan satu kegiatan pembelajaran di kelas. Ia mendapati
bahwa murid-murid di kelas belum pernah mendapatkan satu materi yang ingin
diajarkan. Apa yang perlu ia sampaikan kepada para murid di awal pembelajaran?
A. Ia dapat menyampaikan bahwa materi ini susah maka perlu belajar konsisten B.
Ia dapat menyampaikan bahwa materi ini membutuhkan praktek yang banyak,
sehingga murid-murid harus menguasai semua perangkat dala laboratorium sebelum
kelas dimulai. C. Ia dapat menjelaskan secara umummateri yang ingin diajarkan,
memantik pengetahuan murid terhadap materi tersebut, bagaimana ini bermakna
dala kehidupan sehari-hari dan tujuan pembelajran yang diharapkan D. Ia dapat
langsung menjelaskan dan memberi soal terkait materi tersebut sehingga murid
terbiasa. Jawaban: B
Soal No. 3 Ibu Ani
menemukan banyak murid yang masih belum paham sama sekali atau bahkan
memerlukan kegiatan remedial materi di kelasnya. Manakah langkah yang paling
tepat ia lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut? A. Ia dapat merencanakan
kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses dan konten untuk yang memerlukan
remedial B. Ia dapat membuat PR yang banyak agar murid belajar sendiri dirumah
C. Ia menghubungi orang tua anak dan melaporkan bahwa anaknya kurang belajar D.
Ia meminta setiap murid mengumpulkan tugas di akhir kelas Jawaban: A. Ia dapat
merencanakan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses dan konten untuk yang
memerlukan remedial
Soal No. 4 Pak Bonu ingin
mengajak peserta didiknya untuk terlibat dalam proses pembelajaran, khususnya
pada tahap perencanaan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh Pak Bonu
adalah A. Mengajak murid untuk menyepakati target dan tujuan belajar. B.
Mengajak murid berdiskusi terkait cara belajar dan strategi belajar yang
diinginkan saat belajar. C. A dan B adalah jawaban salah D. A dan B adalah
jawaban benar Jawaban : D. A dan B adalah jawaban benar
No. 5 Bu Esther ingin
membagi muridnya dalam kelompok sehingga ia dapat melakukan pembelajran
berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan dan minat muridnya. Ternyata Bu Esther
tetap kesulitan karena semua murid tetap bertanya padanya dan proses belajar
masih berpusat pada guru. Apa yang dapat Bu Esther lakukan? A. Bu Esther dapat
melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid
dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri tanpa adanya pengawasan dari guru.
Porsi tanggung jawab guru lebih besar dari murid. B. Bu Esther dapat melakukan
praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup
untuk bekerja sendiri-sendiri dengan hasil karya yang sudah ditentukan dan
tidak boleh diubah. Murid tidak perlu bekerja sama untuk dapat memahami konsep.
C. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia
mengajak murid-murid dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan
dengan konsep yang sedang dipelajari. Murid bekerja sama untuk memperkuat
pemahaman konsep. Murid mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar
dibanding guru. D. Semua salah Jawaban : C. Baca Juga: K