-->

kunci jawaban PMM iklim sekolah aman : mencegah perundungan semua modul

 

Kunci Jawaban Topik 3 Dosa Pendidikan: Perundungan Lengkap Dari Modul 1 Hingga 3 Aplikasi PMM


Artikel ini menyajikan kunci jawaban topik 3 Dosa Pendidikan tema perundungan yang terdapat pada aplikasi PMM.

Dalam topik 3 Dosa Pendidikan: Perundungan ini terdapat 3 modul dengan materi yang berbeda.

Materi modul 1 topik 3 Dosa Pendidikan: Perundungan membahas tentang pengertian, jenis, dan mitos atau fakta tentang perundungan.

Sedangkan materi modul 2 topik 3 Dosa Pendidikan: Perundungan membahas tentang peran sekolah dalam mengatasi perundungan yang sudah terjadi.

Kemudian materi modul 3 topik 3 Dosa Pendidikan: Perundungan membahas tentang mencegah perundungan dalam satuan pendidikan.


Apa Itu Perundungan?

Latihan Pemahaman

1. Apa indikator dari perundungan?
A. Tindakan yang disengaja
B. Adanya ketidakseimbangan kekuatan
C. Dilakukan secara berulang
D. Semua benar

Jawaban: D. Semua benar

2. Yang termasuk jenis-jenis perundungan dari pilihan berikut adalah...
A. Perundungan fisik
B. Perundungan daring
C. Perundungan verbal
D. Semua benar

Jawaban: D. Semua benar

3. Perundungan dapat terjadi di..
A. Area publik
B. Dunia maya
C. Rumah
D. Semua benar

Jawaban: D. Semua benar

4. Jika pendidik melihat situasi perundungan dan tidak mengambil tindakan, peran apakah yang diemban pendidik?
A. pelaku
B. Korban
C. Bystander aktif
D. Bystander pasif


Jawaban: D. Bystander pasif

Cerita Reflektif
Saat bersekolah dahulu, apakah Anda pernah terlibat dalam kejadian perundungan? Ceritakan peranmu dalam kejadian tersebut.

Jawaban:
Pernah. Namun saya hanya menjadi peran membantu untuk mengolok-olok teman dengan menggunakan nama orang tuanya.

Materi 2

Mitos dan Fakta Mengenai Perundungan

Latihan Pemahaman

1. Jika didiamkan saja, kasus perundungan akan...
A. Berhenti dengan sendirinya
B. Memiliki dampak lebih ringan terhadap korban
C. Terkesan seolah dibenarkan oleh lingkungan

D. Membangun karakter korban

Jawaban: C. Terkesan seolah dibenarkan oleh lingkungan

Cerita Reflektif
Ceritakan salah satu mitos mengenai perundungan yang pernah Anda saksikan atau alami

Jawaban:
Semakin kuat membully, semakin disegani oleh teman

Post Test

1. Yang termasuk fakta mengenai alasan seseorang menjadi penonton/ bystander dalam situasi perundungan adalah...
A. Ia takut bahwa akan menjadi target perundungan berikutnya jika membela teman
B. Ia tidak mau repot dan ikut campur urusan orang lain
C. Ia tidak mengetahui bahwa suatu perilaku adalah perundungan dan merupakan hal yang tidak benar
D. Semua benar

Jawaban: D. Semua benar

2. Lengkapi pernyataan berikut dengan fakta perundungan. Perundungan di lingkungan sekolah...
A. Tidak selalu terlihat langsung
B. Tidak meninggalkan luka emosional
C. Wajar terjadi
D. Merupakan lelucon peserta didik

Jawaban: A. Tidak selalu terlihat langsung

di indonesia kebijakan yang pernah dan sedang mengatur tenang perundungan di lingkngan seklah adalah sebagai berikut kecuali ...

A. Undang-Undang No 35 Tahun 2014 B. Permendikbud No 82 Tahun 2015 C. Undang-Undang No 34 Tahun 2015 D. Undang-Undang No 23 Tahun 2002 Jawaban Referensi jawaban untuk soal di Indonesia, kebijakan yang pernah dan sedang mengatur tentang perundungan di lingkungan sekolah adalah sebagai berikut, kecuali : C. Undang-Undang No 34 Tahun 2015.

dibawah ini yang merupakan contoh perundungan di dunia maya adalah ... 

a. toni bertanding seklah dengan sekolah lain 

b. ani di ejek teman sekelasnya karena pesek 

c. foto nuna sedang menangis di sebar di medsos 

d. tidak ada yang benar

jawab : C  

berikut ini yang bukan merupakan dampak perundungan adalah ... 

a. cemas berlebih 

b. percaya diri 

c. enggan bersosialiasasi 

d. rendah diri 


jawab : B 

3. Cyberbullying atau perundungan di dunia maya dapat terjadi secara...

A. Langsung dan tidak langsung
B. Baik dan buruk
C. Digital dan analog
D. Cepat dan lambat

Jawaban: A. Langsung dan tidak langsung

4. Dibawah ini yang merupakan contoh perundungan di sekolah adalah...
A. Dodo mengejek adiknya dengan sebutan di hitam
B. Ani diejek teman sekelasnya karena bermata sipit
C. Yosef bermain kejar-kejaran dilapangan dengan Musa
D. Rosa mendapatkan pesan negatif berupa ancaman dari orang-orang di media sosial

Jawaban: B. Ani diejek teman sekelasnya karena bermata sipit

5. Yang termasuk 'hazing' perpeloncoan dari kasus-kasus berikut adalah...
A. Tiko memerintah adik kelasnya membelikan cemilan di kantin
B. Doni memerintah temannya untuk membawakan tas Doni yang berat dari sekolah sampai rumah, tanpa alasan darurat
C. Joni memukuli Soni yang melihat dia merokok di sekolah
D. a dan b benar

Jawaban: D. a dan b benar


MODUL 2
Bagaimana Mengatasi Perundungan yang Sudah Terjadi?

Materi 1
Menyikapi Pihak yang Terlibat dalam Perundungan

Latihan Pemahaman

1. Yang termasuk dalam dampak interaksi sosial korban perundungan adalah...
A. Sering tertawa bersama teman-teman
B. Menarik diri dari pergaulan
C. Aktif mencari kegiatan bersama orang sekitar
D. Senang bersosialisasi dengan guru

Jawaban: B. Menarik diri dari pergaulan

2. Berikut ini, yang merupakan dampak sosial pelaku perundungan adalah...
A. Disenangi teman
B. Suka menolong
C. Dijauhi teman
D. Senang bersosialisasi dengan guru

Jawaban: C. Dijauhi teman

3. Kasus perundungan akan terkesan dibenarkan oleh lingkungan jika...
A. Penonton melaporkan kasus perundungan
B. Guru menindaklanjuti kasus perundungan
C. Lingkungan sekolah diam saja
D. Penonton menemani korban

Jawaban: C. Lingkungan sekolah diam saja


4. Salah satu ciri lembaga pendidikan yang melanggengkan perundungan adalah...

A. Tidak adanya makanan sehat
B. Tidak adanya taman yang sehat
C. Tidak adanya komunikasi yang sehat
D. Tidak adanya udara yang sehat

Jawaban: C. Tidak adanya komunikasi yang sehat

Cerita Reflektif
Pernahkan Anda menghadapi pihak yang terlibat dalam perundungan? Ceritakan pengalaman Anda.

Jawaban: saya belum pernah menjumpai kasus perundungan di tempat saya mengajar

Materi 2
Peran Sekolah dalam Mengatasi Perundungan

Latihan Pemahaman


1. Sikap apa yang tepat saat korban menceritakan perundungan yang ia alami?

A. Meragukan cerita korban
B. Menghiraukan cerita korban
C. Menyalahkan korban atas kejadian yang ia alami
D. Mendengarkan dengan empati

Jawaban:D. Mendengarkan dengan empati

2. Kebijakan Anti Perundungan yang disusun sekolah sebaiknya dibuat bersama antara pihak sekolah dan...
A. Keluarga
B. Peserta didik
C. Tetangga
D. Pemerintah Kota/Kabupaten

Jawaban: B. Peserta didik

Cerita Reflektif
Bagaimana cara satuan pendidikan Anda mengatasi perundungan yang pernah terjadi?

Jawaban:
Langsung mendatangi korban dan pelaku, memisahkan, memberi rasa aman kepada korban dan menangani pelaku dengan lembut dan tepat.

Post Test

dibawah ini yang bukan respon terhadap pengaduan korban adalah ... 

d. mengidentifikasi kebutuhan korban 


1. Salah satu bantuan yang dapat disediakan oleh sekolah bagi korban perundungan adalah
A. Beasiswa pendidikan
B. Voucher membeli buku gratis
C. Bantuan alat belajar
D. Rujukan dan pembiayaan konseling gratis

Jawaban: D. Rujukan dan pembiayaan konseling gratis

2. Dibawah ini sikap yang tepat terhadap bystander adalah...
A. Menyalahkan karena bersikap pasif
B. Menanyakan kondisinya
C. Atuh atas keberadaanya
D. Ikut menghukum bystander

Jawaban: B. Menanyakan kondisinya

3. Layanan pengaduan kasus perundungan di sekolah harus memastikan bahwa dua aspek ini dipenuhi, yaitu...

A. Kemudahan dan Keamanan
B. Kemudahan dan Kerahasiaan
C. Kerahasiaan dan Keamanan
D. Kerahasiaan dan Pengertian

Jawaban: C. Kerahasiaan dan Keamanan

4. Dari skenario berikut, mana yang merupakan perubahan sosial yang bisa diidentifikasi dari korban perundungan?
A. Sinta tidak lagi aktif berinteraksi dengan teman-teman dekatnya
B. Mikael memakan bekalnya sendirian di lapangan
C. Putu enggan menyampaikan pendapatnya dalam berdiskusi
D. Semua benar

Jawaban: D. Semua benar

5. Berikut ini yang bukan kecenderungan yang sering ditemukan pada pelaku perundungan adalah...
A. Kurang berempati
B. Mengganggu teman-teman
C. Tidak peduli perasaan orang lain
D. Sering mengikuti kepanitiaan di sekolah


Jawaban: D. Sering mengikuti kepanitiaan di sekolah

6. Apa yang tidak boleh dilakukan oleh seorang ally atau sekutu?

A. Melaporkan perundungan
B. Menghiraukan korban
C. Menghiraukan perundung
D. Menghentikan tindakan perundungan

Jawaban: A. Melaporkan perundungan

7. Ketika menerima aduan mengenai kejadian perundungan, hal pertama yang perlu dilakukan oleh tim pengaduan adalah...
A. Melaporkan ke kepolisian
B. Melihat kebutuhan peserta didik yang menjadi korban
C. Berkonsultasi dengan Komnas Perlindungan Anak
D. Berkonsultasi dengan Dinas Pendidikan Kecamatan

Jawaban: B. Melihat kebutuhan peserta didik yang menjadi korban

agar lebih efektif pemberian konskwensi kepada pelaku harus mempertimbangkan 

jawab : kesesuaian tindakan dan proporsionalitas 

setelah mengalami perundungan adi berhenti mengharidi kegiatan ekstrakulikuler musiknya. untuk menanggapi ini guru dapat ... 

jawab : mengajak adi mendiskusikan hambatan dan kebutuhannya 

berikut yang termasuk kedalam faktor penyebab menjadi pelaku perundungan adalah ... 

jawab : semua benar 

MODUL 3
Mencegah Perundungan di Satuan Pendidikan

Materi 1
Tanggap Cegah Perundungan!

Latihan Pemahaman : 
1. Pencegahan perundungan dapat dilakukan dalam tiga kerangka layanan yang berdasar pada Prinsip Penanggulangan di Satuan Pendidikan, antara lain...
a. Layanan Standar
b. Layanan Dasar
c. Layanan Menengah
d. Layanan Atas
Jawab : b


2. Seberapa tepatkah penanganan guru yang langsung menasehati korban dan pelaku pada saat perundungan terjadi?
a. Tepat
b. Sangat Tepat
c. Tepat Sekali
d. Kurang Tepat
Jawab : d

Cerita Reflektif : Bagaimana cara satuan pendidikan Anda melakukan pencegahan perundungan?
Jawab : Melakukan sosialisasi dan penyuluhan tentang perudungan.Mengajak siswa untuk diskusi dan membuat mind map dan presentasi tentang perundungan, bahaya, dampak, dan cara pencegahannya

Materi 2

Latihan Pemahaman
1. Pencegahan perundungan di satuan pendidikan perlu diupayakan oleh...
A. Orang tua

B. Murid
C. Guru
D. Semua benar

Jawaban: D. Semua benar

2. Menciptakan iklim sekolah yang positif dapat dilakukan dengan...
A. Terlibat dalam program pencegahan perundungan
B. Membuat kebijakan anti kekerasan
C. Interaksi terbuka dengan peserta didik
D. Semua benar

Jawaban: D. Semua benar

3. Di sekolah, murid menjadikan guru sebagai teladan. Hal yang perlu dihindari saat berinteraksi dengan murid adalah...
A. Mendengarkan murid secara aktif
B. Tidak menghakimi perasaan murid
C. Menasehati murid secara berlebihan
D. Menunjukkan gestur tubuh yang hangat

Jawaban: C. Menasehati murid secara berlebihan


Cerita Reflektif
Menurut Anda, mengapa pelibatan seluruh warga sekolah menjadi hal yang penting dalam mencegah perundungan?

Jawaban:

Karena semua pihak bertanggung jawab penuh atas keamanan dan kenyamanan peserta didik dan sekolah

Post Test

bagaimana fasilitator guru harus bersikap selama pertemuan program roots 

Bagaimana Fasilitator Guru harus bersikap selama pertemuan Program Roots? a. Mengadakan pertemuan yang interaktif dan ceria b. Meneruskan pertemuan walaupun murid belum memahami c. Menyampaikan materi dengan metode ceramah d. Meminimalisasi terjadinya diskusi agar durasi program tidak terlalu lama Jawaban : A

Salah satu kegiatan menumbuhkan empati yang dapat dilakukan pada jenjang PAUD adalah… a. Membuat lomba esai anti-perundungan b. Menonton dan menganalisis film c. Membuat lomba debat mengenai isu perundungan d. Menceritakan perasaan Jawaban : D

1. Berikut adalah contoh pencegahan perundungan di sekolah berdasarkan kerangka layanan responsif, yaitu...
A. Tanggap menangani kasus perundungan dengan menggunakan prosedur penanganan yang telah ada
B. Bekerja sama dengan klinik kesehatan mental terdekat
C. Seminar Anti Cyber-bullyng saat Masa Orientasi Peserta Didik Baru
D. Konsultasi dengan Dinas Pendidikan untuk membuat prosedur penanganan dan pendampingan kasus perundungan

Jawaban: A. Tanggap menangani kasus perundungan dengan menggunakan prosedur penanganan yang telah ada

2. Salah satu langkah yang dapat dilakukan guru untuk mencegah terjadinya perundungan di sekolah adalah...
A. Memastikan keadaan anak di rumah baik-baik saja
B. Berkunjung ke seluruh rumah peserta didik untuk memastikan keadaan murid
C. Memberikan pengetahuan mengenai perundungan kepada murid
D. Menjadi narasumber terkait isu perundungan di lingkungan tempat tinggal

Jawaban: C. Memberikan pengetahuan mengenai perundungan kepada murid

3. Di bawah ini yang bukan merupakan informasi layanan pengaduan perundungan di satuan pendidikan yang tepat adalah...
A. https://sekolahaman.kemdukbud.go.id
B. Nomor telepon sekolah
C. www.lapor.go.id
D. Nomor telepon kantor polisi terdekat

Jawaban: D. Nomor telepon kantor polisi terdekat

4. Berikut ini yang bukan termasuk metode antara fasilitator dengan murid agen perubahan pada Program Roots adalah...
A. Diskusi tatap muka
B. Diskusi daring
C. Pemaparan dengan ceramah
D. Bermain peran

Jawaban: C. Pemaparan dengan ceramah

5. Cara yang kurang tepat dalam berempati dengan korban perundungan adalah...
A. Memberikan opini saat korban tengah bercerita
B. Menghampiri dan menanyakan kondisi korban
C. Menanyakan apa yang korban butuhkan agar lebih nyaman
D. Mendukung korban untuk menceritakan pengalamannya dirundung ke orang tua, guru, atau pihak berwenang lain

Jawaban: A. Memberikan opini saat korban tengah bercerita

Berikut ini yang bukan termasuk pelibatan orangtua dalam upaya pencegahan kasus perundungan adalah? A. Memberikan layanan dasar kepada orangtua terkait isu perundungan di sekolah B. Meminta orangtua memberikan donasi agar sekolah dapat bekerja sama dengan psikolog/ psikiater C. Membangun komunikasi yang efektif dengan orangtua

jawaban B 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel