-->

kunci jawaban latihan pemahaman dan postest PMM materi kurikulum merdeka

 Hal apa yang sepatutnya menjadi acuan utama kurikulum? Jawab: a. murid

apa sifat kurikulum ? jawab c. dinamis

Faktor apa saja yang bisa mempengaruhi adaptasi kurikulum? jawab : a geografi 

materi 2 

Latihan Pemahaman : Di dalam penerapan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, terdapat komponen yang dapat kita kaji secara berkala dalam kurun waktu tertentu. Visi dan Misi tidak termasuk di dalam komponen tersebut. Penyataan di atas adalah...
A. Benar
B. Salah jawab salah 


post test modul 1

Dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan, Bu Monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari.

Agar murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali...

A. meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan
B. mengajak murid untuk mengantisipasi sesuai konsekuensi atas aksi yang akan dilakukan
C. mendorong murid untuk memahami tujuan dirinya dan antar murid dalam melakukan aksi nyata tersebut
D. mengajak murid untuk melihat rencana aksi yang akan dilakukan dari perspektif yang berbeda.

Jawaban:

A. Meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan 

Berikut yang merupakan hal-hal unik yang dimiliki sekolah atau yang disebut karakteristik satuan pendidikan adalah….

A. Kondisi daerah satuan pendidikan
B. latar belakang ekonomi murid
C. sarana dan prasarana satuan pendidikan
D. semua benar

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Kurikulum Modul 1



1. Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid.
Jawab : Salah


2. Empat komponen kurikulum menurut Ralph Tyler adalah...
Jawab : Tujuan, isi, metode/cara, dan evaluasi.


3. (1) Mewariskan nilai dan budaya masyarakat yang relevan dengan masa kini
(2) Menerangkan sesuatu yang dibutuhkan saat ini dan masa depan
(3) Menilai dan memilih sesuatu yang relevan sebagai kontrol sosial
Hal diatas merupakan...
Jawab : Peran kurikulum


4. Dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada proyek pembelajaran yang akan dilakukan, Bu Monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari. Agar murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali...
Jawab : Meminta murid memicu aksi yang telah dilakukan


5. Pernyataan yang tepat mengenai perubahan kurikulum adalah...
Jawab : Kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman


6. Salah satu bentuk tindakan perubahan sinkronisasi yang kurang tepat dengan kondisi generasi saat ini adalah...
Jawab : Mengandalkan tugas dalam bentuk tulisan


7. Sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, Bu Solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. Beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di Indonesia. Beliau berkesimpulan bahwa negara-negara tersebut bisa jauh lebih maju dari Indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi. Saat kembali ke sekolahnya, Bu Solihat menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan tingkat materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. Ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah lain.

Pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh Bu Solihat di atas adalah...
Jawab : Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid


8. Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah adalah...
Jawab : Setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda-beda


9. Dalam rapat MGMP di daerahnya, Pak Simon ditunjuk untuk menyusun modul terbuka yang akan digunakan oleh seluruh sekolah di daerahnya. Hal yang sebaiknya dilakukan oleh Pak Simon adalah...
Jawab : Mengajar beberapa guru dari sekolah lain untuk menyusun modul berdasarkan karakteristik umum sekolah di daerahnya


10. Bu Sondang mengajar di sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan. Murid di kelasnya sedang mempelajari berbagai cara pengawetan makanan. Pada buku paket, Bu Sondang melihat latihan yang harus dilakukan murid adalah melakukan pengawetan ikan dengan penggaraman. Hal yang sebaiknya dilakukan Bu Sondang adalah...
Jawab : Mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerahnya


11. Hal-hal unik yang dimiliki sekolah, murid, sosial, budaya guru dan tenaga kependidikan lainnya disebut...
Jawab : Karakteristik satuan pendidikan


12. Pak Rudi sedang mengembangkan kurikulum yang akan dilaksanakan pada semester ini. Hal-hal berikut perlu dilakukan Pak Rudi dalam mengembangkan rencana pembelajaran pada mata pelajaran yang diampunya, kecuali...
Jawab : Menentukan kegiatan ekstrakurikuler yang harus diselenggarakan sesuai dengan minat dan bakat muridnya

13. Saat berputar operasional, Bu Atikah menilai murid belum dilibatkan secara aktif dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh sekolah. Komponen kurikulum yang dievaluasi oleh Bu Atikah adalah...
Jawab : Peorganisasian pembelajaran


14. Prinsip pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan terdiri atas...
Jawab : Berpusat pada murid, kontekstual, esensial, akuntabel, dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan


15. Berdasarkan hasil diagnostik dan analisis karakter, diperoleh bahwa siswa SMP Merdeka Belajar secara umum memiliki karakter sebagai berikut:
(1) berasal dari keluarga petani dengan ekonomi menengah ke bawah
(2) memilih untuk bekerja atau menikah dibandingkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
(3) memiliki gawai dengan spesifikasi terbatas
(4) memiliki ketertarikan dan potensi pada bidang seni dan olah raga

Hal berikut dapat dilakukan sekolah dalam rangka mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi di atas, kecuali...
Jawab : Melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah sebagai bagian penanaman nilai karakter pancasila


modul 2 
berikut yang tidak termasuk prinsip pembelajaran yang berpihak pada murid adlaah ... 
jawab : d mengusahakan seluruh materi selesai diajarkan dalam 1 tahun ajaran 

materi 2 
sebagai acuan pembelajaran. capaian pembelajaran dirutunkan menjadi ... 
jawab : c. tujuan pembelajaran 

capaian pembelajaran dibuat untuk rentang waktu ... 
jawab : 1 fase 

dimensi dimensi propil pelajaran pancasila dibangun sejak ... 
jawab : fase pondasi di paud sampai sma 

materi 3 Dalam Kurikulum Prototype (Kurikulum Merdeka) terdapat program yang memberikan pembelajaran kontekstual dan mengasah kemampuan berpikir murid.

Program ini mempunyai tujuh tema yang dapat dipilih oleh sekolah untuk dieksplorasi. Program tersebut adalah…

projek penguattan propil pelajar pancasila 


Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Kurikulum Modul 2



1. Sebelum tahun ajaran baru dimulai, Pak Seno menggali informasi mengenai kebutuhan dan kemampuan murid untuk merancang pembelajaran yang akan dilakukan. Hal yang dilakukan Pak Seno merupakan contoh penerapan prinsip umum pembelajaran paradigma baru, yaitu...
Jawab : Mempertimbangkan kebutuhan capaian pembelajaran murid saat ini.


2. Untuk memberikan wawasan dan gambaran yang kontekstual mengenai peran murid SMP Merdeka Belajar pada masa yang akan datang, Pak Ardianto bekerja sama dengan sebuah partai politik dalam mengadakan projek pembelajaran berbasis pelayanan masyarakat. Apakah hal yang dilakukan oleh Pak Ardianto tersebut tepat?
Jawab : Tidak tepat, Pak Ardianto seharusnya dapat memilih komunitas lain yang netral untuk berkolaborasi dalam pembelajaran.


3. Capaian pembelajaran merupakan kompetensi yang disusun oleh satuan pendidikan sebagai dasar rancangan pembelajaran yang harus dilalui murid.
Jawab : Benar


4. Capaian pembelajaran berisi kompetensi inti dan konten esensial yang harus dicapai dalam satu fase.
Jawab : Benar


5. Anak mulai merepresentasikan dunianya dengan kata dan gambar. Mereka mulai menggunakan bahasa serta gambar/simbol untuk menggambarkan suatu konsep yang konkret. Deskripsi tersebut menjelaskan kognitif anak pada tahapan...
Jawab : Pra-operasional


6.Belajar merupakan proses membangun pengetahuan baru dan dilakukan sendiri oleh murid. Pengetahuan baru ini dibangun dari kemampuan awal, pengalaman belajar, dan interaksi sosial yang dimiliki murid. Pandangan tersebut sesuai dengan teori belajar yang digunakan dalam penyusunan capaian pembelajaran, yaitu...
Jawab : Konstruktivisme


7. Capaian pembelajaran merupakan satu-satunya acuan yang digunakan dalam menyusun program intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar pancasila, dan ekstrakurikuler.
Jawab : Salah


8.Alur Tujuan Pembelajaran merupakan kompetensi pada capaian pembelajaran yang disusun dalam satu fase
Jawab : Benar


9. Berikut ini merupakan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, kecuali...
Jawab : Seluruh murid hanya mempelajari materi dari video pembelajaran yang dibuat guru


10. Di awal tahun pelajaran, Bu Sari mengidentifikasi murid di kelasnya (fase C) masih memiliki kemampuan membaca seperti di fase A. Hal yang sebaiknya tidak dilakukan Bu Sari adalah...
Jawab : Memberikan pendampingan pada murid tersebut


11. Projek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan dengan alokasi waktu sendiri, tidak terikat dengan mata pelajaran apapun.
Jawab : Salah


12. Salah satu perubahan struktur kurikulum pada kurikulum prototipe (Kurikulum Merdeka) di SMP adalah...
Jawab : Mata pelajaran informatika merupakan mata pelajaran wajib.
13. (1) Gaya Hidup Berkelanjutan.
(2) Sosial dan Budaya.
(3) Bineka Tunggal Ika
(4) Bangunlah Jiwa dan Raganya.
(5) Masyarakat Demokrasi.
(6) Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI.
(7) Cinta Tanah Air.
Beberapa tema yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai tema program projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah...
Jawab : 1, 3, 4, dan 6.


14. Contoh penerapan asesmen dalam Kurikulum Prototipe (Kurikulum Merdeka) yang tepat adalah...
Jawab : Bu Linda melakukan asesmen diagnostik untuk membuat pemetaan kemampuan awal murid di awal semester.


15. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Pada semester ganjil, murid hanya mempelajari Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Pada semester genap murid hanya mempelajari Bahasa Inggris dan PKN.
(2) Pelaksanaan dan penilaian dilakukan secara terpadu antar-mata pelajaran.
(3) Setiap pembelajaran dilakukan terpisah antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya.
Pernyataan yang tepat mengenai kalimat-kalimat di atas adalah?

Jawab : Kalimat satu merupakan gambaran alokasi waktu blok, sedangkan kalimat tiga merupakan alokasi pembelajaran regular.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel