kata kerja operasional KKO taksonomi bloom
dalam membuat indikator HOTS , dalam kognitif harus c4 keatas.
perhatikan kko dari taksonomi bloom yang direvisi.
sebagai contoh saya memiliki KD. Mambandingkan prisma dan tabung.
dalam hal ini membandingkan ada dalam C2 dan C4
IPK nya
Menelaah sifat-sifat prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola. (C4)
Membandingkan jenis-jenis bangun ruang (prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola). (C4)
pertanyaan : apakah boleh KD dan IPK sama ?
argumen yang bisa di ungkapkan adalah boleh selama tingkat cognitifnya tidak turun. contoh di KD levelnya adalah C4 tapi membuat indikator C2. itu salah. lagi pula untuk membandingkan ada pada C2 dan C4.
Psikomotor
sedangkan untuk psikomotor indikatornya adalah
mendesain yang merupakan psikomotor ke lima P5 yaitu menghasilkan karya cipta.
indikator yang saya buat ini tentu saja di dasari atas kebutuhan siswa, aspek yang ingin dikembangkan dan penilaian yang dapat di ukur.
dengan membandingkan bangun ruang kita bisa membayangkan LKPD dan isntrumen evaluasinya.
dengan mendesain siswa dapat diukur dalam ketepatannya menggambar bentuk yang berkesuaian dengan bentuk bangun ruanng yang diminta.