-->

Permainan Pramuka Siaga : Polisi & Pengacau



NAMA PERMAINAN
Polisi - Pengacau

KATEGORI
Permainan Siaga

TUJUAN
Permainan ini bertujuan meningkatkan kemampuan penginderaan, ketelitiaan, kegembiraan dan kecerdikan.

SASARAN
Setelah mengikuti permainan ini peserta mampu :
  • Meningkatkan semangat kebersamaan dan keakabaran sesama teman
  • Meningkatkan kemampuan penginderaan dan keelitiaan
  • Meningkatkan kemampuan mengatasi persoalan dan hambatan
  • Meningkatkan kecerdikan keluar  situasi yang tidak nyaman

METODE
Permainan kelompok

PESERTA
Pramuka Siaga

WAKTU
45 menit
  • 05 menit Pengantar dan briefing.
  • 20 menit Proses
  • 20 menit pemaknaan dan debriefing
TEMPAT
Di luar - di dalam ruangan

PERALATAN
  • 8 kantong kertas merah, 8 kantong kertas biru (bisa warna lain)
  • Dasi/stangan leher
  • Tali (rafia, kain, dll)
  • Kapur untuk garis

PELAKSANAAN
  • 2 barung yang ditunjuk bermain, 2 barung lainnya untuk menonton. Pada putaran kedua barung yang menonton menjadi pemaian, barung yang  bermain menjadi penonton.
  • 2 barung yang bermain, diatur saling berhadapan dengan jarak minimal 5 meter.
  • 1 barung kepalanya ditutup dengan kantong merah sebagai polisi, 1 yang lainnya ditutup dengan kantong kertas biru sebagai pengacau.
  • 1 barung yang bertindak sebagai polisi mengikat lengan tangan kanannya dengan dasi, 1 barung yang bertindak sebagai pengacau mengikat lengan kanannya dengan tali.
  • Setelah semua siap, sebelum permainan dimulai Yanda dan Bunda memberi penjelasan singkat dan mengajak bersama untuk bertepuk tangan dan menyanyi terlebih dahulu biar semangat.
  • Permainan dimulai. Yanda/Bunda memberi aba-aba "Jalan", maka kedua barung itu merangkak ke jurusan lawan dengan diam-diam menuju lawannya. Barung penonton bisa memberikan dukungan untuk bersemangat.
  • Bila dua barung sudah bertemu maka tugasnya adalah meraba-raba lengan kanan. Jika teman dilepaskan. Jika lawan dirampas topinya.
  • Barung yang berhasil mengumpulkan/merampas topi lawan merupakan barung yang menang.
  • Durasi permainan antara 5 - 10 menit.  
  • Putaran pertama selesai dilanjutkan dengan putaran dua (bergantian dengan barung yang pada putaran pertama jadi penonton).  
DEBRIFING
  • Setelah permainan selesai Yanda/Bunda mengajak para siaga untuk mendiskusikan pengalamannya dengan fokus apa makna panca indera penglihatan, makna ketelitian, makna kejujuran, makna kalah menang, dst.
  • Yanda/Bunda bisa mengaikan permainan ini dengan materi lain misalnya penghayatan kode kehormatan pramuks siaga, pentingnya kebugaran dan kesehatan tubuh, dll
  •  Acara selesai.

Selamat berlatih. Salam Pramuka.

Sumber :
Buku "284 Permainan Siaga"  Kedai Pramuka Kwarnas- Jakarta, 1990 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel