Permainan Pramuka Siaga : Polisi & Pengacau
NAMA PERMAINAN
Polisi - Pengacau
KATEGORI
Permainan Siaga
TUJUAN
Permainan ini bertujuan meningkatkan kemampuan penginderaan, ketelitiaan, kegembiraan dan kecerdikan.
SASARAN
Setelah mengikuti permainan ini peserta mampu :
- Meningkatkan semangat kebersamaan dan keakabaran sesama teman
- Meningkatkan kemampuan penginderaan dan keelitiaan
- Meningkatkan kemampuan mengatasi persoalan dan hambatan
- Meningkatkan kecerdikan keluar situasi yang tidak nyaman
METODE
Permainan kelompok
PESERTA
Pramuka Siaga
WAKTU
45 menit
- 05 menit Pengantar dan briefing.
- 20 menit Proses
- 20 menit pemaknaan dan debriefing
Di luar - di dalam ruangan
PERALATAN
- 8 kantong kertas merah, 8 kantong kertas biru (bisa warna lain)
- Dasi/stangan leher
- Tali (rafia, kain, dll)
- Kapur untuk garis
PELAKSANAAN
- 2 barung yang ditunjuk bermain, 2 barung lainnya untuk menonton. Pada putaran kedua barung yang menonton menjadi pemaian, barung yang bermain menjadi penonton.
- 2 barung yang bermain, diatur saling berhadapan dengan jarak minimal 5 meter.
- 1 barung kepalanya ditutup dengan kantong merah sebagai polisi, 1 yang lainnya ditutup dengan kantong kertas biru sebagai pengacau.
- 1 barung yang bertindak sebagai polisi mengikat lengan tangan kanannya dengan dasi, 1 barung yang bertindak sebagai pengacau mengikat lengan kanannya dengan tali.
- Setelah semua siap, sebelum permainan dimulai Yanda dan Bunda memberi penjelasan singkat dan mengajak bersama untuk bertepuk tangan dan menyanyi terlebih dahulu biar semangat.
- Permainan dimulai. Yanda/Bunda memberi aba-aba "Jalan", maka kedua barung itu merangkak ke jurusan lawan dengan diam-diam menuju lawannya. Barung penonton bisa memberikan dukungan untuk bersemangat.
- Bila dua barung sudah bertemu maka tugasnya adalah meraba-raba lengan kanan. Jika teman dilepaskan. Jika lawan dirampas topinya.
- Barung yang berhasil mengumpulkan/merampas topi lawan merupakan barung yang menang.
- Durasi permainan antara 5 - 10 menit.
- Putaran pertama selesai dilanjutkan dengan putaran dua (bergantian dengan barung yang pada putaran pertama jadi penonton).
- Setelah permainan selesai Yanda/Bunda mengajak para siaga untuk mendiskusikan pengalamannya dengan fokus apa makna panca indera penglihatan, makna ketelitian, makna kejujuran, makna kalah menang, dst.
- Yanda/Bunda bisa mengaikan permainan ini dengan materi lain misalnya penghayatan kode kehormatan pramuks siaga, pentingnya kebugaran dan kesehatan tubuh, dll
- Acara selesai.
Selamat berlatih. Salam Pramuka.
Sumber :
Buku "284 Permainan Siaga" Kedai Pramuka Kwarnas- Jakarta, 1990