Soal dan kunci jawaban Pretest PPG SD part 7
11. Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan mengelola perbedaan
pendapat ketika dilakukan diskusi kelompok. Guru tersebut membuat lembar daftar cek (check
list) dalam bentuk skala yang harus diisikan oleh siswa untuk menilai teman kelompoknya.
Jenis penilaian otentik-holistik yang dapat dipilih oleh guru tersebut yaitu….
xA. Penilaian kinerja B. Penilaian proyek
C. Penilaian portofolio D. Pertanyaan terbuka E. Penilaian diri
12. Jika guru memberikan penugasan kepada siswa yang bertujuan untuk mengukur
kemampuan dalam menghasilkan karya tertentu dan dilakukan secara berkelompok. Maka
jenis penilaian otentik yang tepat adalah….
A. Peniaian kinerja B. Peniaian portofolio
xC. Penilaian proyek D. Penilaian jurnal E. Penilaian diri
13. Pada akhir pembelajaran siswa diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar
yang diberikan guru dengan tujuan agar siswa tersebut mengaplikasikan kemampuan
keterampilan yang dimilikinya dan guru dapat menilai kompetensinya. Instrumen yang
dapat dipilih oleh guru untuk merekam hasil belajar yaitu….
xA. Daftar cek (check list)
B. Benar salah (true false)
C. Pilihan ganda (multiple choice)
D. Menjodohkan (matching)
E. Jawaban bebas (Completion test)
14. Sebagian siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh
guru hal tersebut disebabkan materi dalam soal sebagian belum dipelajari oleh siswa,
karena materi tersebut seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya. Hal yang
seharusnya dilakukan guru dalam menyusun soal tes pilihan ganda pada aspek materi
yaitu….
xA. Soal harus sesuai dengan indikator
B. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas
C. Pilihan jawaban harus homogen dan logis
D. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama
E. Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya
15. Hasil penilaian akhir yang dilakukan oleh guru diketahui beberapa siswa telah memenuhi
ketuntasan belajar dan ada juga siswa yang belum memenuhi kreteria ketuntasan belajar.
Mendasarkan pada kasus tersebut guru dapat melakukan tindak lanjut hasil penilaian yang
dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal. Berikut merupakan pemanfaatan hasil penilaian
oleh Guru, kecuali…
A. Memperbaiki program pembelajaran
B. Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah
C. Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi
xD. Mengadministrasikan hasil penilaian
E. Menyusun laporan hasil penilaian