Soal dan kunci jawaban Pretest PPG SD part 6
1. Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifi kasi
jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya,
maka rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta
(C6) yang tepat, adalah….
A. Mengelompokan bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
B. Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
C. Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
D. Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa
xE. Membuat produk karya sei rupa dari tanaman pandan
2. Pada sebuah rancangan pembelajaran (RPP) tertulis contoh rumusan indikator kompetensi
yaitu “menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras”, jika seorang
pendidik akan menyusun menjadi tujuan pembelajaran maka rumusan yang tepat adalah….
A. Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa dapat menjelaskan
kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses
dan output
xB. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi,
siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara
benar
C. Siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa
komponen input, proses dan output secara benar
D. Menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras komponen input,
proses dan output tanpa melihat catatan
E. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi,
materi kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar tanpa
melihat catatan.
3. Pada saat menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang Unggas, seorang
guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mendefi nisikan hewan
unggas, mengelompokan dan membedakan jenis-jenis unggas. Adapun pilihan strategi
pembelajaran untuk menjelaskan materi kepada siswa tersebut yaitu strategi pembelajaran
deduktif. Mendasarkan tujuan dan strategi pembelajaran tersebut mencerminkan ragam
pengetahuan yang jenisnya….
A. Fakta B. Prosedur C. Keterampilan xD. Konsep E. Prinsip
4. Perencanaan pembelajaran yang menenkankan pada proses keterlibatan peserta didik
secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan dihubungkan dengan
situasi kehidupan sehari-hari sehingga mendorong peserta didik dapat menerapkan dalam
kehidupan mereka, pilihan strategi pembelajaran yang tepat yaitu….
A. Kooperatif B. Inkuiri C. Problem solving
D. Discovery xE. Kontekstual
5. Saat merancang pembelajaran seorang guru ingin menyederhanakan konsep/prinsip /
hukum yang kompleks sehingga dapat memperjelas penyajian pesan secara tertulis, media
apa yang paling tepat dipilih oleh guru tersebut....
xA. Bagan B. APE (Alat Permaian Edukadif)
C. Flip Chart D. Foto E. Gambar
6. Seorang guru merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan
pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP. Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk
menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa, maka jenis evalausi yang tepat dipilih oleh
guru adalah….
A. Evaluasi formatif
xB. Evaluasi sumatif
C. Evaluasi selektif
D. Evaluasi diagnostik
E. Evaluasi penempatan
7. Seorang Guru mencari materi dan media dari internet saat menyusun rencana pembelajaran
(RPP), materi dan media tersebut akan disampaikan pada proses pembelajaran dengan
maksud agar siswa tidak mengalami kesulitan memahami pelajaran. Langkah apa yang
harus dilakukan oleh seorang Guru saat memilih materi pelajaran….
xA. Mengidentifi kasi aspek-aspek yang terdapat dalam kompetensi inti, kompetensi dasar,
dan indikator
B. Menganalisis potensi peserta didik; relevansi dengan karakteristik daerah; dan struktur
keilmuan
C. Menyesuaikan dengan tingkat perkembangan fi sik, intelektual, emosional, sosial, dan
spritual peserta didik
D. Melihat kebermanfaatan bagi peserta didik; aktualitas, kedalaman, dan keluasan
materi pembelajaran
E. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, alat dan sumber
bahan, dan alokasi waktu
8. Dengan mencermati silabus, seorang guru akan merancang pelaksanaan pembelajaran
(RPP). Sebagaimana yang tertuang dalam Permendikbud RI No 22 tahun 2016 Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencakup sekurang-kurangnya....
A. Kompetesi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi ajar, model
pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
B. Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model
pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar, dan bobot
penilaian hasil belajar
C. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran,
sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci jawaban tes
D. Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media,
sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
xE. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, media,
sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
9. Seorang guru senior mengajar siswanya dengan metode diskusi dan menggunakan media
gambar yang sudah berlangsung dari tahun ke tahun. Pada awal semester baru 2019
siswa dikelas tersebut diketahui 70% memiliki preferensi belajar kinestetik sehingga
mereka tidak fokus saat pembelajaran dan diskusi berlangsung, siswa lebih senang jika
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dari kasus tersebut strategi pembelajaran
yang paling tepat dipilih guru….
A. Kooperatif xB. Project based learning C. Kontekstual
D. Inqury E. Discovery
10. Di sekolah seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput
dan mencoret-coret meja hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar
berkembang kecerdasan….
xA. Naturalis B. Kinestetis C. Visual spasial
D. Verbal linguistic E. Logis matematis