-->

Soal dan kunci jawaban Pretest PPG SD part 4

 Soal 1

Dalam pembelajaran PPKn guru sebaiknya dapat membuat RPP dengan menggunakan prinsip

pengembangan RPP berbasis “konteks”, yang memiliki makna bahwa ....

A. adanya konsistensi antara kompeteni dasar, indkator, dan materi

B. pembelajaran berorientasi pada pengetahuan dan nilai kehidupan kekinian

C. proses pembelajaran yang menjadikan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar

D. kompetensi inti merupakan acuan utama dalam pengembangan RPP

E. adanya hubungan antara yang menjadi materi pelajaran

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Dalam pembelajaran PPKn guru sebaiknya dapat membuat RPP dengan menggunakan prinsipprinsip

tertentu. Salah satu prinsip dari pengembangan RPP adalah berbasis “konteks”, artinya

pembelajaran berorientasi pada pengetahuan dan nilai kehidupan kekinian.

 

Soal 2

Seorang guru PPKn SD dalam mengembangkan evaluasi hasil belajar akan melaksanakan tes

subsumatif, mengembangkan tes kinerja, melakukan obervasi aktivitas siswa, memberi tugas

kelompok dan individu. Evaluasi yang dilakukan guru dengan melakukan kegiatan seperti itu

dalam pembelajaran, dikenal dengan ….

A. evaluasi akhir semester

B. evaluasi proses dan hasil

C. evaluasi dalam proses

D. authentic assessment

E. evaluasi hasil belajar

Kunci Jawaban: D

Pembahasan

Seorang guru PPKn SD dalam mengembangkan evaluasi hasil belajar, melaksanakan

subsumatif, mengembangkan tes kinerja, melakukan obervasi aktivitas siswa, memberi tugas

kelompok dan individu, Evaluasi dalam pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, dikenal

dengan authentic assessment.

 

Soal 3

Di sebuah Sekolah Dasar, dalam satu kelas terdiri dari 26 peserta didik yang kemampuan

belajarnya beragam. Tujuh peserta didik tampak sangat menonjol bagus dalam memahami

pelajaran, sementara ada enam peserta didik yang kemampuannya sangat kurang dalam

memahami pelajaran, sedang sisanya biasa saja. Tujuh peserta didik yang menonjol bagus

kadang justru menggangu temannya yang belum memahami pelajaran. Jika akan dilakukan

penelitian untuk perbaikan pembelajaran, variabel terikat yang sesuai dengan kondisi kelas

tersebut adalah ….

A. model pembelajaran

B. pemahaman

C. jumlah peserta didik

D. kesulitan belajar.

E. kemampuan belajar

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Variabel yang terikat yang sesuai dengan kondisi kelas tersebut adalah pemahaman. Melalui

penelitian akan dapat diukur bagaimana upaya yang dilakukan olej guru dalam rangka

meningkatkan pemahaman peserta didik. Peningkatan pemahaman dapat dilakukan dengan

melakukan eksperimen atau tindakan dengan menerapkan model, media, pengembangan

materi, dan atau perlakuan lain dalam pembelajaran.

 

Soal 4

Seorang guru SD kelas 4 dalam muatan pembelajaran PPKn memulai pembelajaran dengan

menyampikan beberapa penjelasan berdasar pokok-pokok materi pembelajaran. Lalu

membentuk kelompok untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, setelah selesai tugasnya

siswa melaporkan hasil diskusi kelompoknya. Selesai presentasi siswa diberi hadiah sebagai

penghargaan atas keberhasilannya. Guru tersebut menerapkan model pembelajaran ....

A. kontekstual

B. direct

C. berbasis masalah

D. kooperatif

E. berbasis project

Kunci Jawaban: D

Pembahasan

Guru SD kelas 4 yang memulai pembelajaran dengan menyampikan penjelasan berdasar

pokok-pokok materi pembelajaran, membentuk kelompok untuk melaksanakan kegiatan

pembelajaran, dan melaporkan hasil diskusi kelompoknya ini menerapkan model pembelajaran

kooperatif. Pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran PPKn mengajarkan kepada peserta

didik keterampilan kewarganegaraan (civic skills).

 

Soal 5

Pancasila merupakan landasan bagi penyelenggara negara dan pelaksanaan sistem

pemerintahan. Konsekuensi penerapan fungsi Pancasila sebagai dasar negara RI adalah ....

A. segala peraturan yang ada harus berdasar dan bersumber Pancasila

B. Pancasila menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari

C. Pancasila menjadi alat pemersatu bangsa

D. Pancasila menjadi kepribadian bangsa Indonesia

E. Ciri khas bangsa Indonesia

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Konsep kunci yang perlu dicermati adalah fungsi (Pancasila) dalam konteks dasar (yang

bersifat mendasari) serta lingkup wadah (negara) BUKAN dikaitkan dengan bangsa atau

manusianya (sebagaimana pengecoh jawaban yang menekankan bangsa atau kehidupan sehari

hari manusianya). Kata yang jelas membantu adalah landasan bagi penyelenggara negara dan

pelaksanaan pemerintahan. Pancasila merupakan landasan bagi penyelenggara negara dan

pelaksanaan sistem pemerintahan. Sebagai dasar negara, Pancasila merupakan sumber dari

segala sumber hukum dimana segala peraturan yang ada harus berdasar dan bersumber

pada Pancasila. Sejalan dengan teori Hans Kelsen tentang kaidah hukum berjenjang, artinya

peraturan di bawah harus berpedoman dan tidak boleh bertentangan pada peraturan di

atasnya, maka pasal 7 undang-undang UU No. 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan

Perundang-undangan menyebutkan bahwa hirarki peraturan perundangan di Indonesia adalah

sebagai berikut.

a. UUD NRI Tahun 1945;

b. Ketetapan MPR;

c. UU/Perpu

d. Peraturan Pemerintah (PP);

e. Peraturan Presiden (Perpres);

f. Peraturan Daerah Provinsi;

g. Peraturan Daerah Kabupaten/Kota.

 

Soal 6

Manakah pernyataan berikut tentang Pancasila sila pertama yang paling benar?

A. Sila I Pancasila mengamanatkan bahwa seluruh warga negara wajib beragama.

B. Sila I Pancasila mengamanatkan bahwa peraturan perundangan didasarkan pada agama.

C. Sila I Pancasila mengamanatkan bahwa seluruh warga negara wajib ber-Tuhan yang

diwujudkan dengan memeluk agama atau kepercayaannya.

D. Sila I memberikan kebebasan kepada setiap warganegara beribadah sesuai dengan

agama dan keyakinannya, menciptakan kerukunan umat beragama, aturan dan

penyelenggaan bernegara harus ber-Ketuhanan YME.

E. Sila I Pancasila mencintai sesama sesuai dengan keyakinan agamanya.

Kunci Jawaban: D

Pembahasan

Jawaban ini paling benar karena paling lengkap dengan merujuk pada (1) pengakuan adanya

Tuhan yang tertuju pada sisi vertikal dan (2) rukun antar umat beragama yang mengarah pada

sisi horizontal, serta penegasan (3) aturan dan penyelenggaan bernegara harus ber-Ketuhanan

YME. Sila ke-1 memberikan kebebasan kepada setiap warganegara beribadah sesuai dengan

agama dan keyakinannya, menciptakan kerukunan umat beragama. Hal ini berarti bahwa setiap

warganegara (1) mengakui adanya Tuhan yang diwujudkan dengan memeluk dan melakukan

ibadah sesuai dengan agama dan keyakinannya, (2) bertoleransi, tidak mempertentangkan

keyakinan intra dan antar pemeluk agama, tidak ada pemaksaan dalam keyakinan, (3) aturan

dan penyelenggaan bernegara harus ber-Ketuhanan YME.

 

Soal 7

Negara hukum material dan negara hukum formil merujuk pada tradisi yang berbeda dari

paham rechtsstaat dan the rule of law. Manakah pernyataan di bawah ini yang benar dalam

membedakan antara negara hukum material dan negara hukum formil ?

A. Paham rechtsstaat menekankan substansi material

B. Paham rechtsstaat menekankan bentuk aturan hukum

C. Paham rechtsstaat menekankan proses persidangan.

D. Paham rechtsstaat menekankan hukum acara persidangan

E. Paham rechtsstaat menekankan tata cara persidangan hakim memberi putusan

Kunci jawaban: A

Pembahasan

Hal yang perlu dicermati adalah (1) paham rechtsstaat lebih menekankan materi hokum

yang dijalankan oleh penyelenggara negara, sedangkan the rule of law lebih menekankan

bentuk aturan yang pasti. (2) paham rechtsstaat mengikuti pola tradisi Eropa Kontinental,

sedangkan the rule of law mengikuti pola di Inggris. Prinsip negara hukum Indonesia tidak

merujuk secara khusus dan langsung pada dua aliran yang berbeda tentang negara hukum.

Paham rechtsstaat dikembangkan di Eropa Kontinental yang lebih menekankan substansi

material dan semangat penyelenggara negara yang adil (negara hukum material) bukannya

bentuk aturan yang ketat, sedangkan paham the rule of law bertumpu pada sistem hukum anglo

saxon atau Inggris. Negara hukum formal bersandar pada keyakinan bahwa kekuasaan negara

harus dijalankan atas dasar adanya bentuk aturan hukum yang jelas, pasti, adil dan baik. Negara

hukum formal disebut juga negara undang-undang karena implementasi penyelenggaraan

pemerintahan negara didasarkan hanya atas aturan perundangan yang tertulis (hukum tertulis).

Berdasarkan ketentuan Amandemen UUD 1945, ditegaskan bahwa negara Indonesia adalah

negara hukum. Jadi, ada dua unsur dalam negara hukum, yaitu pertama: adanya norma material

yang mengatur hubungan antara yang memerintah dan yang diperintah tidak berdasarkan

kekuasaan (machtstaat); kedua: bentuk aturan dan tata cara formal yang jelas dan pasti.

 

Soal 8

Penegakan HAM di Indonesia terkendala antara lain oleh lemahnya pengawasan masyarakat

dan perlunya penguatan Lembaga swadaya masyarakat di bidang hukum. Usulan upaya

penegakan dan pemajuan HAM di Indonesia yang tergolong pada Lembaga Swadaya

Masyarakat adalah ....

A. Undang-undang Pengadilan HAM

B. Komnas HAM, lembaga Pengadilan HAM, dan KPAI

C. YLBHI dan Kontras

D. KNPA dan KPAI, Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan,

E. Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi

Kunci Jawaban : C

Pembahasan

Cukup jelas. YLBHI dan Kontras. Penekanan ada pada Lembaga yang dibentuk masyarakat,

bukan oleh pemerintah. Penegakan HAM di Indonesia perlu pengawasan dari masyarakat dan

penguatan lembaga swadaya masyarakat. Lembaga swadaya masyarakat menjadi kekuatan

yang mampu mengkritisi upaya pemerintah dalam upaya penegakan HAM di Indonesia.

 

Soal 9

Selalu membina kerukunan, persatuan dan kesatuan di lingkungannya serta mencintai budaya

bangsa di atas kepentingan pribadi, keluarga, dan golongan merupakan pencerminan dari ....

A. Kerelaan berkorban

B. Cinta tanah air

C. Sadar bernegara Indonesia

D. Sadar berbangsa Indonesia

E. Jati diri bangsa indonesia

Kunci jawaban B

Pembahasan

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah bangsa yang lahir karena adanya contoh sikap

cinta tanah air. Tanpa rasa cinta tanah air, negara ini tidak akan terbentuk. Seperti yang kita

tahu, bangsa Indonesia memiliki sejarah yang panjang untuk menjadi sebuah negara yang

berdaulat. cinta tanah air juga merupakan sebuah kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai,

menghormati, dan loyalitas sehingga menimbulkan keinginan untuk merawat dan membela

tanah air. Dari semua defi nisi diatas, semuanya merujuk pada ungkapan bahwa kecintaan itu

menimbulkan rasa memiliki dan ingin melindungi apa yang kita miliki.

 

Soal 10

Gagasan bahwa negara perlu menata kewenangannya dengan adanya pelimpahan kekuasaan

dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Sistem pemerintahan yang di anut Republik

Indonesia saat ini adalah.....

A. Federal

B. Monarkhi

C. Presidensial asas desentralisasi

D. Presidensial asas sentralisasi

E. Parlementer

Kunci Jawaban : C

Pembahasan

Sistem pemerintahan merupakan serangkaian cara yang digunakan suatu negara untuk mengatur

segala yang berhubungan dengan kepemerintahan dan kenegaraan. Aturan pemerintahan yang

masuk dalam sistem berkaitan dengan sekumpulan aturan dasar tentang pola kepemerintahan,

pola pengambilan kebijakan, pola pengambilan keputusan, dan lainnya. Untuk mengatur

negara dan pemerintahannya setiap negara memilih sendiri sistem pemerintahan yang sesuai

dengan negaranya. Terdapat beberapa sistem pemerintah di dunia, yaitu sistem pemerintahan

presidensial, parlementer, semi presidensial, liberal, demokrasi liberal, dan komunis. Di mana

antara satu dengan lainnya memiliki karakteristik, kelebihan, dan kelemahannya masingmasing.

Sistem pemerintahan yang digunakan Indonesia saat ini sama dengan sistem

pemerintahan setelah amandemen UUD 1945, yaitu presidensial. Sistem pemerintahan

presidensial berarti bahwa presiden sebagai kepala pemerintahan sekaligus kepala negara.

Sistem pemerintahan presidensial berbeda dengan sistem pemerintahan parlementer. System

pemerintahan presidensial asas desentralisasi adalah dengan adanya pelimpahan kekuasaan

dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel