-->

Kunci jawaban soal latihan mandiri PPPK pedagogik pembelajaran 5

untuk seri pembelajaran pppk yang disediakan oleh kemendikbud secara mandiri menyediakan beberapa modul dan latihan soal. untuk kamu yang susah atau gagal terus saat melakukan tes dan males baca modul yang panjang panjang.

silahkan untuk mempelajari soal dan kunci jawaban bahan belajar mandiri pppk Pedagogik.

seperti yang kta tahu bahwa terdapat 2 Quiz terlebih dahulu dan sisanya 7 soal review. soal untuk setiap orang pastinya akan diacak. jadi pahami betul soal dan jawbaannya.

Kunci jawaban soal latihan mandiri PPPK pedagogik pembelajaran 5 


Dibawah ini kami uraikan Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik Pembelajaran 5 (Dasar Komunikasi) Seri Belajar Mandiri Calon ASN P3K. Selamat membaca!!


1. Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran yang akan dilakukan bersama-sama di suatu kelas, disampaikan oleh guru pada kegiatan …
Jawaban : Kegiatan pendahuluan


2. Merancang pertanyaan-pertanyaan dalam proses pembelajaran yang bertujuan memotivasi siswa untuk tetap menaruh perhatian pada pelajaran, dan mengontrol siswa tetap fokus pada pelajaran, sebaiknya dibuat/disusun dalam Rencana Program Pembelajaran pada bagian ….
Jawaban : Kegiatan Inti


3. Pertanyaan yang bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat ….
Jawaban : pendahuluan



4. Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang kurang tepat untuk menjelaskan tentang komunikasi yang efektif?
Jawaban : Komunikasi efektif dapat terjadi apabila komunikator menyampaikan pesan hanya secara linear kepada komunikan dengan maksud untuk merubah tingkah laku.


5. Contoh pesan non verbal yang terjadi pada proses pembelajaran di kelas yaitu …
Jawaban : Guru memberikan “standing applause” kepada kelompok yang presentasi hasil kerjanya bagus


6. Salah satu kelebihan komunikasi yang dilakukan secara langsung dan tatap muka (direct communication) adalah …
Jawaban : Komunikator dan komunikan mengetahui respon secara langsung pada saat komunikasi berlangsung


7. Salah satu faktor penunjang keberhasilan komunikasi yang efektif adalah faktor etos (nilai-nilai) pada diri komunikator. Secara teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat membangun etos guru sebagai komunikator dalam pembelajaran?
Jawaban : Kepercayaan dan daya tarik


8. Perhatikan contoh kegiatan berikut ini: 1) menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pembelajaran, 2) mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun siswa pada pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi apa saja yang akan dibahas pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke tiga hal tersebut, dalam kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya untuk menyamakan … dalam komunikasi.
Jawaban : Persepsi


9. Perhatikan kata (istilah) “likuid” dalam pebelajaran IPA, dengan kata (istilah) “likuid”/”likuiditas” dalam pembelajaran IPS. Istilah tersebut memiliki arti yang berbeda dengan konteks masing-masing. Kesalahan memahami suatu istilah dapat menghambat dalam proses komunikasi pembelajaran. Hambatan ini biasa disebut ….
Jawaban : Hambatan semantik


10. Secara sederhana komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima. Diagram yang menunjukkan komunikasi efektif adalah....
Jawaban : Perception -----> interpretation --------> understanding -------> action


11. Lima hal yang perlu diperhatikan guru dalam membangun iklim komunikasi yang positif dengan peserta didik yaitu ....
Jawaban : Respect, emphaty, audible, clarity, dan humble


12. Komunikasi itu merupakan proses simbolik. Pernyataan ini merupakan …
Jawaban : Prinsip komunikasi


13.Indikator keterampilan komunikasi melalui presentasi hasil kerja ilmiah yang dilakukan oleh siswa dapat diukur melalui aspek-aspek di bawah ini, yaitu …
Jawaban : Siswa mengungkapkan data yang diperoleh dari pengamatan


14. Seorang guru dituntut memiliki kemampuan keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran. Diantara pernyataan di bawah ini, manakah yang kurang tepat mengenai fungsi pertanyaan dalam pembelajaran?
Jawaban : mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan pokok pelajaran


15. Fungsi utama mengajukan pertanyaan kepada siswa dalam proses pembelajaran yaitu untuk ….
Jawaban : Mengajak siswa untuk berpikir dan bernalar


16. Seorang guru menyampaikan materi pembelajaran secara langsung melalui aplikasi video conferences yang diikuti oleh siswa secara terpisah. Komunikasi yang terjadi pada kasus tersebut adalah …
Jawaban : Komunikasi langsung bermedia (mediated direct communination)


17. Pada pendekatan pembelajaran saintifik, keterampilan komunikasi siswa dapat dilihat dan diukur (dinilai) pada kegiatan di bawah ini, kecuali …
Jawaban : Mencoba atau bereksperimen


18. Hal yang tidak termasuk ke dalam jenis komunikasi non verbal adalah …
Jawaban : Bahasa yang digunakan


19. Pada saat tertentu, siswa tidak akan memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru ketika dia menganggap penjelasan guru semakin tidak jelas, semakin bingung, bahkan semakin stress. Hal ini merupakan hambatan komunikasi antara guru dan siswa dalam bentuk ....
Jawaban : gangguan kepentingan


20.Berdasarkan kuantitas orang yang terlibat dalam proses komunikasi, komunikasi di golongkan menjadi beberapa jenis, yaitu …
Jawaban : Komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel