-->

rangkuman kelas 6 tema 4 SBDP tentang Reklame

Reklame adalah suatu media atau alat untuk menyampaikan informasi, menawarkan, mempromosikan, serta memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada khalayak dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik.


jenis reklame : 

1. poster

A. pengertian poster 

Poster adalah sebuah media publikasi berisikan beberapa konten yang terdiri dari gambar, tulisan atau keduanya dengan bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang lain.

B. fungsi dan tujuan poster : 

memuat informasi untuk mengedukasi masyarakat secara umum tentang suatu hal (poster layanan masyarkat) 

untuk menawarkan barang dan/atau jasa (poster niaga) 

memberitahukan tentang suatu kegiatan yang akan diselenggarakan (poster kegiatan)

C. Unsur poster

Unsur- unsur Poster

a. Bahasa yang digunakan menarik dan jelas serta tidak berbelit-belit

b. Memiliki sasaran yang jelas .

c. Pemilihan warna dan jenis huruf harus menarik karena menjadi daya tarik pembaca.

d. Memiliki slogan produk untuk menarik pembaca dan sebagai jaminan yang diperoleh konsumen, 

jika membeli maupun memanfaatkan barang atau jasa di poster tersebut.

slogan adalah kalimat yang unik untuk menarik minat orang (khalayak)

e. Perlu adanya logo dan nama perusahaan, sehingga jelas, siapa yang menghasilkan produk barang maupun jasa tersebut sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pembaca.

poster harus di tempatkan di tempat yang ramai. tempat yang cocok untuk memasarkan barang tentu saja di pasar, sementara untuk 

reklame yang berisi layakanan masyarakat seperti KB, Imunisasi, anjuran hidup bersih dan sehat bisa di letakan di puskesmas/rumah sakit 


2. brosur

sebuah alat yang mempublikasi yang resmi dari sebuah perusahaan yang akan mempunyai bentuk cetakan, yang dapat memiliki berbagai informasi tentang sebuah produk , layanan, program atau yang lainnya, dan ditujukan pada pasar sasaran atau juga sasaran tertentu yang lainnya.

brosur memiliki ciri : 

Umumnya memiliki pesan yang tunggal.

Tujuannya menginformasikan produk kepada masyarakat luas.

Hanya sekali diterbitkan.

Dibuat semenarik mungkin agar menarik perhatian publik. (desain menarik)

Didistribusikan secara tersendiri (oleh perusahaan tersebut).

Desainnya menarik dan isinya jelas

brosur yang baik adalah brosur yang mengunakan bahasa yang mudah di pahami. 

Jenis reklame berdasarkan tujuan pengadaannya 

dibedakan menjadi 2 

a. reklame komersil / reklame niaga 

Reklame komersil adalah reklame yang dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan biasanya berkaitan dengan iklan barang atau jasa sebuah perusahaan.   Contoh: Iklan produk sabun mandi, iklan mobil yang terpampang di jalan raya, dan sebagainya.

contoh : iklan odol merek "x", reklame jualan makanan ringan 

b. reklame non komersil /reklame layanan masyarakat 

Reklame non komersil adalah reklame yang dibuat dengan tujuan tidak untuk mendapatkan keuntungan secara bisnis melainkan untuk menghimbau, mengajak, menginformasikan sesuatu kepada orang banyak.  Contoh: poster Pekan Imunisasi Nasional, poster petunjuk cuci tangan yang benar, poster peringatan penaggulangan demam berdarah, dan sebagainya.

contoh : iklan anjuran membuang sampah pada tempatnya, ajakan untuk hidup bersih dan sehat dll 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel