-->

Rangkuman kelas 6 IPS Semester 1

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama 10 (sepuluh) negara di Asia Tenggara.

ASEAN dibentuk tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand lewat Deklarasi Bangkok. Lima orang yang menjadi perwakilan negara pendiri untuk menandatangani deklarasi tersebut adalah Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Narciso Ramos (Filipina), S. Rajaratnam (Singapura), dan Thanat Khoman (Thailand).

Indonesia termasuk negara yang memiliki wilayah yang paling luas di Asia tenggara

Thailand di juluki negara gajah putih

Brunei darusalam memiliki potensi alam yang luar biasa yaitu dari minyak dan gas bumi dan Brunei Darussalam merupakan salah satu negara di Asean yang memiliki pendapatan perkapita tertinggi di Asia tenggara. 

Singapura merupakan salah satu negara di Asean yang memiliki sumber penghidupan dari perdagangan dan industri meskipun negara Singapura ini terbilang memiliki luas yang kecil dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya namun dari segi industri dan pariwisata Singapura lebih baik dibandingkan dengan negara lain d asean

proklamasi kemerdekaan dilakukan tanggal 17 Agustus 1945 proklamasi kemerdekaan menjadi bukti bahwa Indonesia adalah bangsa yang mandiri karena kemerdekaan Indonesia merupakan hasil perjuangan sendiri bukan pemberian bangsa lain. teks proklamasi dibacakan oleh insinyur Soekarno dan Drs Muhammad Hatta maka dari itu mereka dijuluki bapak proklamator

saat peristiwa proklamasi kemerdekaan bendera merah putih yang dikibarkan adalah hasil buatan tangan Fatmawati (istri soekarno)

setelah Indonesia dinyatakan merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia lantas tidak mendapatkan perjuangan yang mudah karena setelah peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia harus tetap berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan Salah satu peristiwa pada tanggal 10 November 1945 di kota Surabaya terjadi pertempuran besar ar-rum melibatkan an-nas nya jenderal Mallaby dan peristiwa 10 November tersebut merupakan hari yang kita peringati sebagai hari pahlawan. 


Indonesia akan tetap menjadi negara yang kuat jika menjaga persatuan dan kesatuan

saat ini dalam masa penemu pembelajaran dilakukan dengan cara sistem daring sistem daring merupakan manfaat teknologi dalam bidang pendidikan dengan adanya sistem daring meskipun kita belajar di rumah tapi kita masih bisa mendapatkan ilmu dari guru. teknologi dapat mempermudah manusia dalam berbagai bidang contoh lain adalah mesin perontok padi yang membantu para petani untuk merontokkan padi lebih cepat dibandingkan dengan cara tradisional. dari segi industri dengan adanya teknologi maka proses industri menjadi lebih cepat.

Indonesia merupakan negara yang sudah banyak mengekspor tekstil ke luar negeri. Ekspor adalah kegiatan mengirim barang ke luar negeri sementara impor adalah kegiatan mendatangkan barang dari luar negeri ke dalam negeri. Contoh saat kita membeli barang dari China maka hal tersebut disebut dengan kegiatan impor. 

Saat ini ini diterapkan masyarakat ekonomi ASEAN atau mea maka peluang tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai profesi di Indonesia menjadi semakin terbuka. Kerjasama ma dengan negara-negara ASEAN ataupun internasional dapat mempercepat proses perkembangan ekonomi negara Indonesia dengan adanya kerjasama ekonomi antar negara-negara ASEAN juga dapat memberikan keuntungan seperti kita dapat melakukan ekspor ke negara tetangga dan manfaat ekonomi bagi negara yang memiliki komoditas perdagangan yang sama yaitu dapat menjaga kestabilan harga. 

Dengan adanya kerjasama antar negara ASEAN juga dapat meningkatkan pendapatan devisa negara salah satunya adalah saat diadakannya pesta olahraga ASEAN (kerjasama dalam bidang olahraga) maka negara yang menjadi tuan rumah akan mendapatkan banyak keuntungan dan pertumbuhan ekonomi menjadi meningkat. 

selain kerjasama ekonomi ada juga kerjasama di bidang pendidikan seperti contohnya pertukaran pelajar dan lain-lain

Lalu ada juga kerjasama dalam bentuk penanganan covid 19 yang saat ini dilakukan oleh negara-negara ASEAN hal tersebut termasuk kerjasama antar negara ASEAN dalam bidang politik.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel