-->

kunci jawaban tema 2 sub tema 1 kelas 6 lengkap


Masoyit berupaya untuk membantu bapak dan ibu atau bahkan murid-murid sekalian untuk memberikan jawaban untuk soal-soal yang terdapat pada buku paket. Tentu jawaban ini adalah hasil dari pemikiran penulis. maka harap maklum apabila ada kekeliruan.

silahkan tulis di kolom komentar untuk kekurangan dan untuk kedepannya tetap mengunjungi blog ini karena blog ini akan update postingannya dalam beberapa pekan untuk memperbarui jawaban  dan melengkapi yang belum lengkap.

jadi, jangan mengunjungi selain situs ini. adapun jika ada web yang menyalin ulang maka jawaban yang ditulis tidak akan mengalami pengupdatean. tetap kunjungi situs ini dan share bila bermanfaat.

perlu di ketahui bahwa dalam postingan ini terdiri dari
kunci jawaban tema 2 sub tema 1 kelas 6 lengkap. kunci jawaban buku paket tema 2 halaman 5, 6, 10, 14, 21, 24, 27, 29, 33, 41, 42

Halaman 3

Teks proklamasi Ditulis di rumah laksanama tadashi maeda, yang menyusun teks proklamasi adalah ir soekarno, hatta, dan ahmad subarjo lalu di ketik oleh sayuti melik.
Dimana teks asli prokmasi disimpan ?
Halaman 3
Apa = apa yang menyebabkan tentara Jepang menyerah terhadap sekutu?

Mengapa = mengapa proklamasi kemerdekaan sangat penting bagi Indonesia ?

Siapa = siapa yang merumuskan teks proklamasi ?

Kapan = kapan dibacakan teks proklamasi ?

Dimana = dimana dibacakan teks proklamasi?

Bagaimana = bagaimana sikap pejuang indonesia saat mendengar peristiwa pengeboman hiroshima dan nagasaki oleh tentara sekutu?

Halaman 5

Proklamasi Kemerdekaan memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia?
1.Sebagai Puncak Perjuangan Indonesia Bangsa Indonesia telah dijajah selama bertahun-tahun oleh negara- negara Eropa sampai Jepang. Penduduk dengan latar belakang yang berbeda bersatu untuk melawan penjajah. Proklamasi Kemerdekaan merupakan hasil dari perjuangan para pahlawan.
2.Pengakuan Kepada Dunia Luar Dengan membacakan teks proklamasi, Indonesia mengumumkan kepada dunia luar bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka.  Pengakuan ini (de facto) diikuti oleh pengakuan dari negara lain (de jure).
3. Menaikkan Martabat Bangsa Pembacaan teks proklamasi memberikan pesan kepada negara lain bahwa Indonesia adalah negara yang bebas dari penjajahan, negara yang memiliki martabat, dan negara yang mandiri.
4.Perjuangan sebagai Negara Baru Indonesia adalah negara yang dibangun oleh rakyat dan untuk rakyat.  Negara Indonesia adalah negara mandiri yang tidak tergantung kepada negara lain.
5. Tonggak Sejarah Negara Indonesia Pembacaan teks proklamasi merupakan awal dari masa kemerdekaan Indonesia yang terbebas dari belenggu penjajahan.

Halaman 6

Apa = apa fungsi daun lebar pada teratai ?
Mengapa = mengapa teratai hidup di air ?
Siapa =x
Kapan = x
Dimana = dimana tumbuhan teratai hidup ?  
Bagaimana = bagaimana cara teratai bertahan hidup di air ?

Halaman 10

Apa perbedaan yang ada ?
Berbeda suku dan agama
Bagaimana menyikapi nya ?
Saling toleransi antar suku dan agama, tidak membeda-bedakan dan hidup rukun antar sesama  
Apa manfaat hidup rukun ?
Terjaganya persatuan dan kesatuan, hidup menjadi lebih aman dan tentram.

Halaman 14

Tari merak dari jawa barat dengan pola lantai vertikal
Tari kecak dari bali dengan pola lantai melingkar
Dll

Halaman 21

Cara tumbuhan menyesuaikan diri
Putri malu = menyesuaikan diri dengan dengan mengatupkan daunnya
Lidah buaya = menyesuaikan diri dengan memiliki duri / daun berduri
Pohon jati = menyesuaikan diri dengan menggugurkan daunnya pada musim panas (meranggas)
Kaktus = menyesuaikan diri dengan memiliki akar panjang untuk mencari air jauh kedalam tanah, memiliki bentuk daun yang berduri dengan tujuan untuk mengurangi penguapan.
Teratai = menyesuaikan diri dengan memiliki daun yang lebar dan batang berongga. Bentuk akar pendek karena hidup di air.

Halaman 24

Apa = apa makna proklamasi kemerdekaan bagi indonesia ?
Mengapa = mengapa laksamana tadashi maeda rela membantu indonesia padahal beliau adalah warga jepang ?
Siapa = siapa yang mengetik teks proklamasi ?
Bagaimana =  bagaimana sikap kita terhadap perjuangan para pahlawan yang rela mengorbarkan jiwa raga untuk kemerdekaan bangsa ?
Kapan = kapan teks proklamasi di bacakan ?
Dimana = dimanakah para tokoh merumuskan teks proklamasi ?

 Halaman 27

Apa = apa yang menyebabkan jepang menawarkan kemerdekaan pada bangsa Indonesia ?
Siapa = yang berjanji untuk memberkan kemerdekaan kepada bangsa indonesiia ?
Dimana  = dimana tempat pertemuan pihak indonesia dengan jepang dalam upaya perundingan pemberian kemerdekaan Indonesia ?
Kapan = kapan pihak indonesia memutuskanuntuk bertemu denagn palingma besar tentara jepang ?
Mengapa = mengapa terjadi pertentangan antara golongan tua dan muda ?  
Bagaimana = bagaimana cara jepang untuk menarik simpati rakyat indonesia ?

Halaman 29

Kegiatan festival budaya = perbedaan dalam budaya
Kegiatan diskusi kelompok = jenis perbedaan adalah perbedaan pendapat
Manfaat dari kegiatan diatas adalah
Hidup menjadi aman dan tentram
Saling menghargai satu sama lain

Halaman 33

 Pembelajaran 5
1.       Kegiatan edo dan teman temannya mencerminkan sikap cinta tanah air.
2.       Cinta budaya sendiri merupakan wujud dari penerapan makna Proklamasi Kemerdekaan.
3.       Memakai batik, bangga mengenakan batik merupakan bentuk penerapan makna proklamasi kemerdekaan.
halaman 34
tari seudati memiliki pola lantai vertikal
tari andun dari bengkulu memiliki pola lantai diagonal
tari tanda riau memiliki pola melingkar
tari tambun dan bungai kalimantan tengah memiliki pola lantai vertikal  
Pembelajaran 6

Halaman 41

Pengibar Sang Saka Merah Putih Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan melibatkan banyak pihak. Salah satunya adalah mereka yang mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Berkibarnya bendera Merah Putih menegaskan berdirinya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.
Abdul Latif Hendraningrat adalah salah satu pengibar bendera pada 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur, Jakarta. Ia adalah lulusan Sekolah Tinggi Hukum. Saat menjadi mahasiswa, ia mengajar Bahasa Inggris di beberapa sekolah menengah swasta, seperti yang dikelola oleh Muhammadiyah dan perguruan rakyat. Ia juga ditugaskan ke New York untuk memimpin rombongan tari. Abdul Latif Hendraningrat pernah menjadi pasukan Pembela Tanah Air (PETA) dan ikut dalam berbagai pertempuran. Ia pernah menjabat komandan komando kota ketika Belanda menyerbu Yogyakarta (1948). Kemudian ia ditunjuk sebagai atase militer RI untuk Filipina (1952), lalu dipindahkan ke Washington hingga tahun 1956.

1.       Apa  = apa tujuannya pengibaran bendera merah putih saat peristiwa proklamasi kemederkaan Indonesia ?
2.       Dimana = dimana lokasi tempat dikibarkannyaa sang saka merah putih untuk pertama kali ?
3.       Siapa = siapa yang menjadi pengibar bendera merah putih ?
4.       Mengapa = mengapa peristiwa kemerdekaan melibatkan banyak orang ?
5.       Kapan = kapan dikibarkannya bendera merah putih pertama kali saat memperingati hari kemerdekaan?
6.       Bagaimana = bagaimana sikap kita terhadap perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk memerdekaakan negara Indonesia ?

Halaman 42

1.       (diserahkan kepada siswa)
2.       Contoh wujud pesatuan dalam kelas
a.        Bekerja sama dalam piket , Bekerja sama dalam memecahkan masalah kelompok, tidak memilih teman dalam bergaul.
b.      Manfaat : dngan adanya persatuan dan kesatuan pekerjaan menjadi menjadi mudah selesai. Mempereat persatuan dan menghindari perselisihan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel