kunci jawaban tema 2 sub tema 1 kelas 6 lengkap
Masoyit berupaya untuk membantu bapak dan ibu atau bahkan murid-murid sekalian untuk memberikan jawaban untuk soal-soal yang terdapat pada buku paket. Tentu jawaban ini adalah hasil dari pemikiran penulis. maka harap maklum apabila ada kekeliruan.
silahkan tulis di kolom komentar untuk kekurangan dan untuk kedepannya tetap mengunjungi blog ini karena blog ini akan update postingannya dalam beberapa pekan untuk memperbarui jawaban dan melengkapi yang belum lengkap.
jadi, jangan mengunjungi selain situs ini. adapun jika ada web yang menyalin ulang maka jawaban yang ditulis tidak akan mengalami pengupdatean. tetap kunjungi situs ini dan share bila bermanfaat.
perlu di ketahui bahwa dalam postingan ini terdiri dari
kunci jawaban tema 2 sub tema 1 kelas 6 lengkap. kunci jawaban buku paket tema 2 halaman 5, 6, 10, 14, 21, 24, 27, 29, 33, 41, 42
Halaman 3
Teks proklamasi Ditulis di rumah
laksanama tadashi maeda, yang menyusun teks proklamasi adalah ir soekarno,
hatta, dan ahmad subarjo lalu di ketik oleh sayuti melik.
Dimana teks asli prokmasi disimpan ?
Halaman 3
Apa = apa yang menyebabkan tentara Jepang menyerah terhadap sekutu?
Mengapa = mengapa proklamasi
kemerdekaan sangat penting bagi Indonesia ?
Siapa = siapa yang merumuskan teks
proklamasi ?
Kapan = kapan dibacakan teks
proklamasi ?
Dimana = dimana dibacakan teks
proklamasi?
Bagaimana = bagaimana sikap pejuang
indonesia saat mendengar peristiwa pengeboman hiroshima dan nagasaki oleh
tentara sekutu?
Halaman 5
Proklamasi
Kemerdekaan memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia?
1.Sebagai Puncak
Perjuangan Indonesia Bangsa Indonesia telah dijajah selama bertahun-tahun oleh
negara- negara Eropa sampai Jepang. Penduduk dengan latar belakang yang berbeda
bersatu untuk melawan penjajah. Proklamasi Kemerdekaan merupakan hasil dari
perjuangan para pahlawan.
2.Pengakuan
Kepada Dunia Luar Dengan membacakan teks proklamasi, Indonesia mengumumkan
kepada dunia luar bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka. Pengakuan ini (de facto) diikuti oleh
pengakuan dari negara lain (de jure).
3. Menaikkan
Martabat Bangsa Pembacaan teks proklamasi memberikan pesan kepada negara lain
bahwa Indonesia adalah negara yang bebas dari penjajahan, negara yang memiliki
martabat, dan negara yang mandiri.
4.Perjuangan
sebagai Negara Baru Indonesia adalah negara yang dibangun oleh rakyat dan untuk
rakyat. Negara Indonesia adalah negara
mandiri yang tidak tergantung kepada negara lain.
5. Tonggak
Sejarah Negara Indonesia Pembacaan teks proklamasi merupakan awal dari masa
kemerdekaan Indonesia yang terbebas dari belenggu penjajahan.
Halaman 6
Apa = apa fungsi daun lebar pada
teratai ?
Mengapa = mengapa teratai hidup di
air ?
Siapa =x
Kapan = x
Dimana = dimana tumbuhan teratai
hidup ?
Bagaimana = bagaimana cara teratai
bertahan hidup di air ?
Halaman 10
Apa perbedaan yang ada ?
Berbeda suku dan agama
Bagaimana menyikapi nya ?
Saling toleransi antar suku dan
agama, tidak membeda-bedakan dan hidup rukun antar sesama
Apa manfaat hidup rukun ?
Terjaganya persatuan dan kesatuan,
hidup menjadi lebih aman dan tentram.
Halaman 14
Tari merak dari jawa barat dengan
pola lantai vertikal
Tari kecak dari bali dengan pola
lantai melingkar
Dll
Halaman 21
Cara tumbuhan menyesuaikan diri
Putri malu = menyesuaikan diri
dengan dengan mengatupkan daunnya
Lidah buaya = menyesuaikan diri
dengan memiliki duri / daun berduri
Pohon jati = menyesuaikan diri
dengan menggugurkan daunnya pada musim panas (meranggas)
Kaktus = menyesuaikan diri dengan memiliki
akar panjang untuk mencari air jauh kedalam tanah, memiliki bentuk daun yang
berduri dengan tujuan untuk mengurangi penguapan.
Teratai = menyesuaikan diri dengan
memiliki daun yang lebar dan batang berongga. Bentuk akar pendek karena hidup
di air.
Halaman 24
Apa = apa makna proklamasi
kemerdekaan bagi indonesia ?
Mengapa = mengapa laksamana tadashi
maeda rela membantu indonesia padahal beliau adalah warga jepang ?
Siapa = siapa yang mengetik teks
proklamasi ?
Bagaimana = bagaimana sikap kita terhadap perjuangan para
pahlawan yang rela mengorbarkan jiwa raga untuk kemerdekaan bangsa ?
Kapan = kapan teks proklamasi di
bacakan ?
Dimana = dimanakah para tokoh
merumuskan teks proklamasi ?
Halaman 27
Apa = apa yang menyebabkan jepang
menawarkan kemerdekaan pada bangsa Indonesia ?
Siapa = yang berjanji untuk
memberkan kemerdekaan kepada bangsa indonesiia ?
Dimana = dimana tempat pertemuan pihak indonesia
dengan jepang dalam upaya perundingan pemberian kemerdekaan Indonesia ?
Kapan = kapan pihak indonesia memutuskanuntuk
bertemu denagn palingma besar tentara jepang ?
Mengapa = mengapa terjadi
pertentangan antara golongan tua dan muda ?
Bagaimana = bagaimana cara jepang
untuk menarik simpati rakyat indonesia ?
Halaman 29
Kegiatan festival budaya = perbedaan
dalam budaya
Kegiatan diskusi kelompok = jenis
perbedaan adalah perbedaan pendapat
Manfaat dari kegiatan diatas adalah
Hidup menjadi aman dan tentram
Saling menghargai satu sama lain
Halaman 33
1.
Kegiatan edo dan teman temannya mencerminkan
sikap cinta tanah air.
2.
Cinta budaya sendiri merupakan wujud dari
penerapan makna Proklamasi Kemerdekaan.
3.
Memakai batik, bangga mengenakan batik merupakan
bentuk penerapan makna proklamasi kemerdekaan.
halaman 34
tari seudati memiliki pola lantai vertikal
tari andun dari bengkulu memiliki pola lantai diagonal
tari tanda riau memiliki pola melingkar
tari tambun dan bungai kalimantan tengah memiliki pola
lantai vertikal
Pembelajaran 6
Halaman 41
Pengibar Sang Saka Merah Putih Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan
melibatkan banyak pihak. Salah satunya adalah mereka yang mengibarkan Sang Saka
Merah Putih. Berkibarnya bendera Merah Putih menegaskan berdirinya negara
Indonesia yang merdeka dan berdaulat.
Abdul Latif Hendraningrat adalah salah satu pengibar bendera pada 17
Agustus 1945 di Pegangsaan Timur, Jakarta. Ia adalah lulusan Sekolah Tinggi
Hukum. Saat menjadi mahasiswa, ia mengajar Bahasa Inggris di beberapa sekolah
menengah swasta, seperti yang dikelola oleh Muhammadiyah dan perguruan rakyat.
Ia juga ditugaskan ke New York untuk memimpin rombongan tari. Abdul Latif
Hendraningrat pernah menjadi pasukan Pembela Tanah Air (PETA) dan ikut dalam
berbagai pertempuran. Ia pernah menjabat komandan komando kota ketika Belanda
menyerbu Yogyakarta (1948). Kemudian ia ditunjuk sebagai atase militer RI untuk
Filipina (1952), lalu dipindahkan ke Washington hingga tahun 1956.
1.
Apa = apa
tujuannya pengibaran bendera merah putih saat peristiwa proklamasi kemederkaan
Indonesia ?
2.
Dimana = dimana lokasi tempat dikibarkannyaa
sang saka merah putih untuk pertama kali ?
3.
Siapa = siapa yang menjadi pengibar bendera
merah putih ?
4.
Mengapa = mengapa peristiwa kemerdekaan
melibatkan banyak orang ?
5.
Kapan = kapan dikibarkannya bendera merah putih pertama
kali saat memperingati hari kemerdekaan?
6.
Bagaimana = bagaimana sikap kita terhadap
perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk memerdekaakan negara
Indonesia ?
Halaman 42
1.
(diserahkan kepada siswa)
2.
Contoh wujud pesatuan dalam kelas
a.
Bekerja sama
dalam piket , Bekerja sama dalam memecahkan masalah kelompok, tidak memilih
teman dalam bergaul.
b.
Manfaat : dngan adanya persatuan dan kesatuan
pekerjaan menjadi menjadi mudah selesai. Mempereat persatuan dan menghindari
perselisihan.