-->

Materi PAI pelajaran 1 indahnya saling menghormati

Masoyit - assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
postingan kali ini kita akan belajar tentang  pembelajaran 1 : Indahnya saling menghormati.
Pendidikan agama islam kelas 6 sememster 1 : 

Masoyit mau tanya, adakah teman sekelasmu yang beragama selain islam ? bagaimana sikap mu terhadap mereka dalam kegiatan sehari-hari ?islam mengajarkan untuk saling membantu dan toleransi meskipun dengan orang yang beragama lain. namun, toleransi itu hanya dalam hal bermuamalah atau bersosial.

contohnya adalah saat bekerja bakti di kampung halaman atau membantu teman yang beragama lain yang sedang tertimpa musibah.

adapun yang menyangkut hal ibadah maka itu tidak diperbolehkan sebagaimana terdapat dalam QS Alkafirun.

Surat al-KafirĀµn adalah surat ke-109.
Jumlah ayat surat al-Kafirun 6 (enam) ayat. 
Surat al-Kafirun mengisyaratkan tentang pupusnya harapan orang-orang kafir Qurais Mekah zaman itu tehadap dakwah Nabi Muhammad shallahu a'laihi wasallam. 

Nabi Muhammad shallahu a'laihi wasallam tidak mau mengikuti tata cara beribadah orang-orang kafir Quraisy. Mereka dipersilakan beribadah menurut ajaran agamanya sendiri. Surat al-kafirun tergolong surat Makkiyah karena diturunkan di Kota Mekah sesudah surat al maun. Dinamai ”al kafirun” (orang-orang kafir) diambil dari perkataan ”al kafirun” yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

membaca surat Al kafirun beserta artinya

isi kandungan surat Al kafirun

Menjelaskan tentang hal-hal yang diperbolehkan bertoleransi dan yang tidak diperbolehkan bertoleransi agar tidak terjadi kebiasaan mencampuradukkan antara larangan dan anjuran allah subhanahuwataala.  
orang-orang kafir mengutus beberapa utusan untuk berdialog dan berkompromi dengan nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. dialog ini dimaksudkan untuk menjatuhkan nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan agar kaum muslimin kembali pada ajaran nenek moyang mereka.

Dalam dialog ini kaum kafir Quraisy mengusulkan kepada nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam untuk berkompromi dalam beribadah dengan cara berganti-ganti praktik ibadah 1 tahun kaum kafir mengikuti cara ibadah Rasulullah 1 tahun berikutnya kaum muslimin mengikuti cara ibadah mereka.

Atas kejadian tersebut Allah subhanahu wa Ta'Ala menurunkan surat al-kafirun ayat 1-6 untuk menjawab usulan yang diajukan oleh orang-orang kafir

Surat Al kafirun merupakan penegasan larangan mencampuradukkan akidah dan keimanan Islam dengan ajaran agama apapun hikmah dari surat al-kafirun sebagai berikut: 


  1. Islam memahami adanya keberagaman agama dan keyakinan lain
  2. Islam mengizinkan umatnya berinteraksi dengan umat non muslim dalam bidang muamalah
  3. Islam melarang toleransi dalam bidang aqidah dan ibadah
  4. Islam secara tegas melarang bentuk kemusyrikan

semoga bermanfaat apabila ada kekurangan silahkan tuliskan di kolom  komentar dan bila bermanfaat boleh di share ke teman dengan cara klik icon facebook, atau whatsapp dibawah ini.
sampai jumpa dan terimakasih atas kunjungannnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel