KELAS 5 TEMA 9 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2
IKLAN ELEKTRONIK KELAS 5 TEMA 9
SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2 HALAMAN 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79
Kunci Jawaban Halaman 70
Apakah yang dimaksud iklan elektronik?
Iklan elektronik adalah iklan yang disampaikan/penyebarannya menggunakan media elektronik seperti radio, televisi, dan internet
Kunci Jawaban Halaman 71-72
Kamu telah mengetahui unsur-unsur iklan secara umum
Sekarang, coba sebutkan unsur-unsur iklan elektronik pada radio, televisi, dan internet. Lakukan kegiatan dengan mengisi kolom berikut.
Beri penilaian terhadap iklan-iklan elektronik pada gambar
Apakah iklan itu sesuai dengan unsur-unsur yang ada? Sertakan pula alasan penilaianmu terhadap iklan tersebut. Kaitkan alasanmu dengan unsur-unsur iklan elekstronik
1.
Penilaian :
Kurang menarik/kurang sesuai/Ada unsur iklan yang tidak tercantum.
Alasan :
Karena ada unsur iklan yang tidak terdapat dalam iklan tersebut, yaitu tidak mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, karena tiadanya kata-kata atau kalimat sama sekali.
2.
Penilaian :
Menarik/sesuai dengan unsur-unsur iklan yang ada.
Alasan :
Iklan menarik perhatian (Attention), mengundang minat (interest) dengan tulisan keunggulan produk, mampu menggerakkan keinginan (Desire) konsumen dengan adanya manfaat yang didapat, mampu menumbuhkan kepercayaan (conviction) calon konsumen dengan adanya peragaan dan kata-kata penunjang, Jika mampu memenuhi unsur-unsur tersebut, maka terdapat peluang lebih besar bagi iklan untuk menggerakkan konsumen untuk melakukan tindakan (Action) untuk membeli produk tersebut.
3.
Penilaian :
Kurang menarik
Alasan :
Tidak mampu memenuhi salah satu unsur iklan menarik, yaitu tidak mampu memenuhi kebutuhan akan rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen dengan memberi penjelasan lebih rinci, sehingga iklan hanya mendapat perhatian (Attention), Minat (interest), namun sulit mendapat keinginan (Desire) karena tidak mampu memenuhi rasa ingin tahu lebih dalam.
Kunci Jawaban Halaman 75
Kamu telah mengetahui beberapa contoh zat pada materi. Sekarang, diskusikan dengan teman satu kelompokmu untuk mencari contoh lain materi yang termasuk zat tunggal, zat campuran homogen, dan zat campuran heterogen. Berikan alasan mengapa materi tersebut termasuk zat tunggal, zat campuran homogen, datau zat campuran heterogen. Setiap kelompok minimal membuat lima contoh materi. Buatlah laporan hasil diskusi kelompokmu. Kumpulkan hasilnya kepada Bapak/Ibu guru untuk dinilai.
Laporan Hasil Diskusi
Nama Anggota Kelompok :
................
Hasil diksui
Materi : Zat tunggal
1. Air
2. Emas murni (24 karat)
3. Sulfur (Belerang)
4. Timah
5. Tembaga
6. Berlian
7. Gula murni (Sukrosa)
8. Garam dapur (natrium klorida)
9. Baking soda (natrium bikarbonat)
10. Besi
Alasannya:
Karena komposisinya konstan/tetap dan memiliki sifat yang sama (konsisten) di seluruh bagiannya.
Materi : Zat Campuran Homogen
1. Air garam
2. Sirop
3. Udara
4. Perunggu
5. Kuningan
6. Emas putih
7. Stainless stell
8. Tenol
9. Cuka
10. Baja
Alasan :
· Karena tidak terlihat lagi batas-batas antara zat-zat yang dicampurkan
· Karena materi-materi penyusunnya berinteraksi, namun tidak membentuk zat baru
Materi : Zat Campuran Heterogen
1. Air Kopi
2. Es dawet
3. Es campur
4. Air tepung
5. Minyak pasir
6. Campuran kapur dan pasir
7. Adonan cor beton
8. Pizza
9. Air kapur
10. Air oli
Alasan :
· Karena masih terlihat bidang batas antara zat-zat yang tercampur tersebut
· Karena materi-materi penyusunnya tidak berinteraksi, sehingga dapat diamati dengan jelas materi penyusun dari campuran tersebut.
Kunci Jawaban Halaman 78
Bentuklah kelompok yang terdiri atas lima anak. Buatlah lima contoh bentuk pola lantai yang ditulis atau digambar pada selembar kertas. Dari bentuk pola lantai yang kalian buat, cobalah peragakan di depan guru dan kelompok lain.
Kunci Jawaban Halaman 79
Kamu telah mengetahui pengertian pola lantai tarian daerah. Sekarang, coba kamu cari contoh gerakan tarian daerah dari internet atau dari kaset video tarian daerah. Mintalah Bapak/Ibu/Saudara untuk mendampingimu saat mengamati gerak tarian daerah tersebut. Tuliskan tarian yang kamu amati dan pola lantai tariannya. Lakukan kegiatan ini secara kelompok.
Jawaban relatif berbeda-beda (tergantung video yang diamati siswa)