KELAS 5 TEMA 9 SUB TEMA 3 PEMBELAJARAN 2
Jawaban Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 2 Hal 129-136
KUNCI JAWABAN KELAS 5 TEMA 9
SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2 HALAMAN 129, 130, 131, 132, 133, 135, 136
Kunci Jawaban Halaman 129
Pada pagi itu Edo sedang berangkat ke sekolah. Tidak lupa Edo berpamitan dengan ayah dan ibu Edo. Sesampai Edo di sekolah, Edo belajar tentang iklan. Edo beserta teman-temannya mengamati sebuah iklan dari selebaran yang sedang dibawa oleh Ibu Guru.
Pada pembahasan mengenai iklan sebelumnya, kamu telah mengetahui masalah pengertian iklan, bentuk-bentuk iklan, serta ciri-ciri iklan di media cetak.
Sekarang kamu akan mempelajari tentang ciri-ciri bahasa iklan dan unsur-unsur iklan yang digunakan di dalam pembuatan iklan di media cetak.
Bentuklah kelompok terdiri atas 5 anak. Kemudian setelah mengamati iklan yang ada pada gambar di atas, maka diskusikanlah bersama kelompokmu mengenai unsur-unsur iklan. Kemudian tuliskan pada kolom berikut.
Agar dapat menarik perhatian khalayak, maka iklan dalam sebuah media cetak harus memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut:
1. Dengan menggunakan bahasa yang singkat, padat serta jelas
2. Dengan menggunakan bahasa yang mampu memikat serta memiliki suatu daya sugesti
3. Dengan menggunakan kata-kata bermakna konotasi positif
4. Isinya bersifat objektif, singkat, jujur, jelas serta menarik.
Kunci Jawaban Halaman 130
Untuk dapat memperdalam pengetahuan kamu tentang suatu iklan, lakukanlah sebuah latihan berikut ini.
Perhatikanlah sebuah iklan kolom dalam sebuah koran di bawah ini.
Setelah membaca iklan tersebut, coba jawablah pertanyaan di bawah ini.
1. Sebutkanlah unsur-unsur yang terdapat dalam iklan di atas
Jawaban :
Nama produk :
Totota new Alvanza
Gambar menarik :
Gambar mobil
Kalimat iklan :
Totota termurah New Alvanza ready stock
Keunggulan produk :
DP murah, angsuran ringan, proses cepat, mudah data, harga & servis terbaik, gratis hadiah tanpa diundi
Harga produk :
Tidak tercantum
Nomor telepon :
0221866677777
Alamat pengiklan :
Tidak tercantum
2. Bagaimanakah ciri-ciri bahasa yang terdapat pada iklan tersebut?
Jawaban :
Ciri-ciri bahasa yang digunakan pada iklan baris tersebut adalah menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
3. Buatlah gambar (visual) tentang kesimpulan isi teks paparan iklan yang ada di atas
Kunci Jawaban Halaman 131
4. Coba sekarang amati segelas air gula. Gula ternyata tercampur sempurna dengan air sehingga campuran antara air dan gula terlihat jernih. Ini berarti gula tercampur rata dengan air. Dalam peristiwa tersebut termasuk campuran apakah air dengan gula? Berikan penjelasannya.
Jawaban :
Ternyata gula tercampur secara merata dengan air. Dan campuran antara gula beserta air merupakan campuran homogen, atau biasa disebut dengan larutan. Dlam campuran tersebut terdapat 2 penyusun campuran/larutan, yaitu air sebagai pelarut dan gula sebagai zat yang terlarut.
5. Sekarang coba untuk mengamati segelas air yang di dalamnya terdapat pasir. Sekarang apakah pasir tersebut dapat terlarut sempurna dalam air sehingga larutan terlihat jernih? Tentu tidak bukan? Sekarang termasuk campuran apakah peristiwa air dengan pasir tersebut?
Jawaban :
Ternyata campuran antara air dengan pasir merupakan campuran heterogen. Hal ini dikarenakan pasir tidak dapat larut dengan sempurna dalam air, karena zat-zat penyusunnya bercampur secara tidak merata serta campuran tersebut tiap-tiap bagiannya tidak sama susunannya.
Kunci Jawaban Halaman 132
Buatlah sebuah kelompok yang terdiri atas 5 orang. Kemudian, lakukanlah percobaan berikut ini. Percobaan ini adalah untuk menentukan jenis-jenis campuran beberapa benda. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan percobaan.
1. Alat dan bahan
2. Langkah-langkah dari percobaan
3. Membuat kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan dengan menentukan jenis campuran
4. buatlah laporan dari hasil percobaan kalian
Laporan Hasil Percobaan
CAMPURAN HOMOGEN / CAMPURAN HETEROGEN
1. Tujuan :
Menentukan jenis dari campuran beberapa benda
2. Alat dan bahan :
4 buah gelas, 4 buah sendok, air, minyak goreng, pasir, tanah, susu bubuk, dan garam
3. Langkah-langkah dari percobaan :
- Menyiapkan 4 buah gelas dengan 4 buah sendok
· Gelas 1 diisi dengan minyak dan air, setelah itu diaduk dengan sendok
· Gelas 2 diisi dengan pasir dan tanah, setelah itu diaduk dengan sendok
· Gelas 3 diisi dengan garam dan air, setelah itu diaduk dengan sendok
· Gelas 4 diisi dengan susu bubuk dan air, setelah itu diaduk dengan sendok
- Mengamati ke-4 campuran tersebut, kemudian segera menentukan campuran dari masing-masing gelas apakah termasuk campuran heterogen atau campuran homogen
- Mencatat hasil dari pengamatan ke dalam tabel
4. Data pengamatan
Kunci Jawaban Halaman 133
Di daerah mana kamu sekarang tinggal? Apa karya seni rupa yang berada di daerahmu? Jelaskan karya seni rupa tradisional yang ada di daerahmu. Uraikanlah dalam kolom berikut
11. DKI Jakarta
Seni rupa : Wayang golek lenong Betawi, Golok
12. Jawa Barat
Seni rupa : Wayang golek Bogor, kujang, angklung, anyaman aseupan
13. Banten
Seni rupa : Batik Banten, Golok
14. Jawa Tengah
Seni rupa : Batik Pekalongan, blankon, keris
15. Yogyakarta
Seni rupa : Batik motif Ambarsari, Keris, Relief Candi Borobudur
16. Jawa Timur
Seni rupa : Batik Gajah oleng, Topeng reog, clurit
17. Kalimantan Barat
Seni rupa : Batik motif insang, Rumah panjang, Mandau
18. Kalimantan Tengah
Seni rupa : Batik Benang Bintik, Lunjuk Sumpit Randu
19. Kalimantan Timur
Seni rupa : Batik motif dayak, batang garing, Mandau
20. Kalimantan Selatan
Seni rupa : Batik Sasirangan, keris bujak beliung
21. Kalimantan Utara
Seni rupa : Batik Lulantatibu, Mandau
22. Bali
Seni rupa : Lukisan Bali, topeng leak/barong
23. Nusa Tenggara Barat (NTB)
Seni rupa : Batik Sasambo, Alat musik serunai, Sampari
24. Nusa Tenggara Timur (NTT)
Seni rupa : Kain tenun sawu, tenun Buna, batik rukun kupang, Sundu
25. Sulawesi Selatan
Seni rupa : batik Pa'teddong toraja, batik makasar, Badik Lompo Battang
26. Sulawesi Tengah
Seni rupa : batik Bomba palu, Pasatimpo
27. Sulawesi Tenggara
Seni rupa : Tenun Tolaki, Laikas, keris
28. Gorontalo
Seni rupa : Kain Karawo, Sabele
29. Sulawesi Utara
Seni rupa : Batik Minahasa, Peda
30. Sulawesi Barat
Seni rupa : Kain Sambu, Keris
31. Maluku
Seni rupa : Batik Maluku, Ronawiska, Kalawai
32. Maluku Utara
Seni rupa : Batik Tubo ternate, batik bunga cengkih, Salawaku
33. Papua barat
Seni rupa : Hiasan rumah adat honai, patung kamoro, noken, tifa
34. Papua
Seni rupa : Patung asmat, noken, tifa
Kunci Jawaban Halaman 135
1. Sebutkanlah berbagai jenis dari karya seni rupa daerah yang ada di Indonesia yang telah kamu ketahui.
Jawaban :
Terdiri dari seni rupa murni dan seni rupa terapan
2. Sebutkanlah ciri-ciri umum dari karya seni rupa daerah
Jawaban :
· Mempunyai sifat kedaerahan
· Telah dipengaruhi oleh budaya dan latar belakang dari sejarah suatu daerah
· Corak serta motifnya dipengaruhi oleh kondisi fisik/geografis suatu daerah, serta dipengaruhi oleh corak seni tradisional masyarakat sekitar/setempat
3. Sebutkanlah dua macam seni rupa berdasarkan jenisnya
Jawaban :
Berdasarkan jenisnya, terbagi atas dua, yaitu seni murni dan seni terapan
4. Sebutkan 3 contoh seni rupa terapan yang adal di sekitar daerahmu
Jawaban :
Batik, Gerabah, Ukiran, patung
5. Sebutkan fungsi dari karya seni rupa di daerah
Jawaban :
a. Fungsi Individual
Sebagai media untuk mengekspresikan jiwa, emosi, dan mencerminkan segala sesuatu baik suka, duka, marah, serta pandangan hidup , watak, bentuk, corak bahan dan juga teknik yang tercermin melalui karya seni
b. Fungsi sosial
Sebagai media pendidikan, media hiburan, media komunikasi, media keagamaan
Kunci Jawaban Halaman 136
Laporan Hasil Diskusi
Kita harus menghormati keanekaragaman karya seni tersebut dengan jalan menunjukkan sikap :
· Menghormati kelompok/suku/daerah lain yang mempunyai karya seni yang berbeda
· Tidak menghina hasil karya seni daerah lain
· Mau menonton/menikmati hasil karya seni daerah lain
· Mau belajar dan mengembangkan berbagai karya seni tradisional tersebut
· Bangga dengan karya seni dalam negeri yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia
Dengan menghormati, menghargai dan mempelajari berbagai karya seni di berbagai daerah Indonesia, maka kita turut melestarikan budaya Indonesia, serta tetap memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.