-->

cara mendapatkan nilai diatas passing grade tes wawasan kebangsaan

Masoyit  - Kisi-kisi test wawasan kebangsaan, pasing grade tes wawasan kebangsaan dan cara memperoleh nilai tinggi saat tes SKD

setelah tahap administrasi, selanjutnya adalah tes SKD dimana pada tahap ini banyak peserta yang berguguran sebab hanya beberapa orang saja yang bisa lolos.

Tes wawasan kebangsaan atau disingkat dengan TWK terdiri dari :

kisi-kisi TWK
sumber gambar dari instagram BKN.

Tes wawasan kebangsan atau TWK terdiri dari 35 soal. dan setiap soal memiliki bobot 5 untuk nilai yang benar dan tidak ada pengurangan nilai untuk yang salah. usahakan untuk mengisi semua twk jangan sampai ada yang dikosongkan.

passing grade nya adalah  65. jadi dari 35 soal kamu harus benar mengerjakan soal twk yaitu : 13 soal.
dalam TWK kamu tidak hanya harus jago dalam menghafal melainkan memahami


UNTUK KAMU YANG BARU PERTAMA KALI IKUT CPNS
1. tes TWK soalnya tidak seperti pada buku-buku CPNS karena nantinya dalam layar kamu akan melihat tulisan yang selayar penuh untuk 1 soal. wow !!!!!
dan dengan tulisan panjang itu kamu harus memahami apa isinya dan setelah kamu paham isinya barulah kamu menjawab soal tersebut.
terutama untuk soal pemahaman bahasa indonesia yang tidak mudah, TRIKNYA ADALAH : baca dulu apa yang ditanyakan daritesk

INGAT, waktu kamu untuk satu soal adalah maksimal 59 detik.

2. buatlah peta konsep untuk menghafal materi TWK
untuk kamu yang tidak bisa, tidak sempat atau malas buat peta konsep silahkan download peta konsepnya KLIK DISINI

3.  buatlah trik khusus untuk menghafalkan UUD. biasanya UUD yang ditanyakan adalah mengenai lambang negara, atau tentang presiden. tahun lalu, saya mendapatkan soal mengenai lambang negara yang terdapat pada baju Timnas indonesia. untuk soalnya saya tidak ingat karena panjang. intinya coba pelajari sekitar itu.

4. kerjakan soal-soal mengenai penerapan nilai pancasila
penerapan nilai pancasila banyak muncul pada tes CPNS tahun lalu. hal ini cukup mudah sekali karena mengingat untuk para guru tentunya penerapan nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah materi yang selalu dipelajari setiap hari. usahakan untuk setiap soal seperti ini kamu harus menjawabnya benar.

kebanyakan diantara orang-orang yang berdiskusi di grup CPNS tidak bisa menganalisis nilai pancasila dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

contoh : ada tulisan panjang yang menjelaskan perilaku seseorang dalam bis. setelah panjang lebar tersebut intinya adalah ada orang yang lebih tua masuk bis dan sikap mempersilahkan yang lebih tua duduk itu termasuk pengamalan sila ke berapa ? begitu tidak menutup kemungkinan juga pengamalan nilai pancasila ini akan berkaitan erat dengan kejadian di Indonesia saat ini.


temukan banyak informasi dan bahan belajar cpns DISINI

TRIK DAN TIPS

1. pahami , bukan sekedar menghafalkan
2. carilah banyak referensi untuk mengenal soal-soal TWK. untuk referensi silahkan KLIK DISINI
3. pastikan dalam sehari kamu memiliki target mengerjakan berapa soal
4. kuasai yang mudah seperti penerapan nilai pancasila atau Menghafal UUD
5. untuk GURU, materi TWK adalah materi PKN dan IPS , apalagi di SD. usahakan untuk mengulang dan terus mengulas bersama murid
6. jangan lupa berdoa
7. berlatihlah bersama teman

SEMOGA BERMANFAAT
semoga lulus tahun ini, jangan lupa apapun hasilnya nanti yang terbaik adalah bukan menurutmu melainkan menurut Allah subhanahu wa ta'ala

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel