-->

Soal PAS/UAS kelas 6 tema 2 kurtilas mupel IPS


dalam tema kedua untuk PAS/UAS kelas 6 semester 1. dalam muatan pelajaran IPS terdiri dari beberapa 15 soal dan 10 isian dan 10 essay.
semoga bermanfaat bagi para siswa untuk berlatih. dan para guru untuk dijadikan referensi soal evaluasi.

IPS
1.Karakter individu yang dapat memperkuatpertemanan, adalah . . . .
a. jujur                    c. sombong
b. angkuh '               d. rendah diri

2. Tokoh yang berangkat keDalatselain Moh.Hatta dan dr. Radjiman Wedyodiningrat,yaitu....
a. Supomo                   
b. Soetomo
c. lr. Soekarno               
d. Muh. Yamin

3.Proklamasi kemerdekaan dapat dimaknai .dengan mengikuti pemilihan umum(pemilu) untuk pemilihan calon pemimpindagrah. Apabila melihat orang tua ataukakak kita tidak ikut serta dalam pemilu,kamusebaiknya....
a. mengingatkannya               
b. menasihatinya
c. membiarkannya                   
d. memarahinya

4.Perhatikan penerapan makna proklamasikemerdekaan berikut.
1) Membela dan melindungi keluargaketika ada permasalahan.
2)Menaati peraturan rambu-rambu lalulintas.
3) Belajar dengangiat dan sungguh-'sungguh,
4) Selalu mengikutiupacara benderadengan tertib.
Penerapan wujud memaknai proklamasikeme;dekaan dalam kehidupan sehariharidi rumah terdapat pada nomor. . . .
a. 1)dan 2)                      
b. 1) dan 3)
c. 2)dan4)'                       
d. 3) dan 4)

5.Salah satu contoh wujud memaknaiproklamasi kemerdekaan adalah
mengikuti upacara bendera. Upacarabpndera d imaksudkan untuk-membentuksikap....
a. bekerja keras                   
b. berjiwa nasionalis
c. pantang menyerah                
d. membela kebenaran

6.Faktor utama terjadinya pertempuran 10November 1945 adalah rakyat Surabayamenolak. . . .
a.kerja sama dengan Sekutu           
b.ultimatum dari pihak Sekutu
c.membebaskan tawanan Jepang       
d.penjajahan kembali oieh Belanda

7.Perhatikan tokoh berikut.
1) Bung Tomo
2) Gubemur Suryo
3) KolonelSungkono
4) JenderalSudirman
5) JenderalNasution
Tokoh yang mernimpin pertempuran 10November 1945 di Surabaya ditunjukkanolehangka........................
a. 1), 2), dan 3)              
b. 1), 3), dan 4)
c.2),4), dan 5)               
d. 3),4), dan 5)


8.Perjanjian Renville dilakukan antarapihak...dan....
a. lndonesia dan Belgia           
b. lndonesia dan Belanda
c. Belanda dan Australia          
d. Belanda dan Amerika Serikat

9. Bagaimana Perjanjian Renvilledilaksanakan?
a. Perjanjian Renville dilaksanakanpada'17 Januari 1948.
b. Perjanjian Renville dilakukan antarapihak Belanda dan lndonesia.
c. Fqrjanjian Renville dilakukan di.ataskapal perang Amerika Serikat (USS
Renville).
d. Perjanjian Renville melibatkan tiganegara dalam perundingan, yaitu,Amerika Serikat, Australia, dan Belgia.

10.Mengangkat secara bersama-sama ataumengerjakan sesuatu secara bersamasamadisebut....
a. gotong royong               
b. musyawarah
c. mufakat.                   
d. voting

11. Contoh manfaat persatuan dan kesatuandalam kehidupan masyarakat adalah . . . .
a. menimbulkan perselisihan
b. menciptakan kesenjangan sosial
c. rnenghasilkan hubungan harmonis
d. melahirkan sikap kedaerahan yangsempit

12.Pertempuran Ambarawa memiliki artipentingkarena....
a. kekuatan pasukan TKRAmbarawa
b. letak Ambarawa yangpegunungan
c. Ambarawa memiliki stasiun kdretaapi
d. posisiAmbarawa sangat strategis

13. Masyarakat Bandung menjawabultimatum kedua Sekutu dengan
. membumihanguskan kota. Sikap tersebutdilakukanagar....
a. Sekutu tidak dapat memanfaatkaninfrastruktur di Kota Bandung
b. Sekutu tidak dapat mengejarmasyarakat Bandung yang melarikandiri
c. masyarakat Bandung mepiliki I persenjataan untuk menghhdapiSekutu
d. TKRdapatmenarikpasukannyadari daerah-daerah kantong gerilya

14.Pada saatterjadiAgresiMiliter ll Belanda,Presiden Soekarno menulis surat kepadabeberapa tokoh lndonesia di lndia. Sikaptersebut bertujuan . . . .
a. mengirim bantuan senjata dari lndiake lndonesia
b. membentuk Peimerintahan I ndonesiadi pengasingan
c. mencari dukungan luar negeri,khususnya dari Pemerintah lndia
d. mencari pasukan dari lndia untuk d.membantu melawam Agresi Militer llBelanda

15.Bagaimanakah suasana saat terjadiPertempuran Ambarawa? .
a. PertempuranAmbarawaberlangsungsengit dan damai..
b. PertempuranAmbarawa berlangsungdamai dan santai
c. PertempuranAmbarawaberlangsungsengit dan menegangkan.
d. PertempuranAmbarawa berlangsungtenang dan menegangkan

Ayo, mengisi dengan tepat!
1. Golongan . . . ingin kenierdekaan tidak dicampuri oleh pihak Jepang.
2. lr.Soekarno................ dan dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat.
3. Kekompakan dalam sebuah tim harus diwujudkan agar tujuan bisa . . . .
4.Dalam lingkungan keluaiga pembagiantugas pekerjaan di rumah secara adildapat dilakukan dengan cara . . . .
5.Salah satu contoh sikap cinta tanah airterhadap lingkungan hidup
dengan cara .....................
6.Peristirlva yang rnenyebabkan Sekutumengultimatum rakyat Surabaya adalah
terbunuhnya....
7.Setiap 10 November bangsa lndonesiamemperingati hari ....
8.Budaya gotong royong merupakanidentitas. . . .
9. Persatuan dan kesatuan dalamkehidupan masyarakat sekitar bermanfaat
menciptakan rasa....................antarwargamasyarakat.
10.Untuk memperingati peristiwaPertempuran Ambarawa pemerintah
membangunmonumen....

C. Uraian
Ayo, menjawab dengan tepat!
1.Apa tujuan Jepang memberikan janjikemerdekaan kepada lndonesia?
2. Bagaimana sikap golongan muda terkaitkemerdekaan yang hendak diwujudkan?
3.Berikanlah tiga contoh penerapan maknaproklamasi kemerdekaan di lingkunganmasyarakatl
3. Sebagai generasi muda, kita harusmenghargai dan menghormati jasapahlawan. tsagaimana cara menghargaijasa para pahlawan?
4. Wujud memaknai kemerdekaan denganmenunjukkan rasa kebersamaan untuksaling m,embantu dalam melakukanpembangunan. Keadaan ini tecermindalam budaya gotong royong bangsalndonesia. Sebutkan manfaat gotongroyong yang telah menjadi budayabangsa tersebut!
5.Bagaimana tanggapan lr. Soekarnoterhadap perjuangan para pahlawan?
6. Deskripsikan peran Jenderal Soedirmandalam perjuangan memperta.hankan
Kemerdekaan Idonesia?
7 Jelaskan latar belakang pertempuranMedan Area!
8. Apa tujuan Agresi Militer I Belanda?
9. sebutkan makna penting kemerdekaan !
10. sebutkan kebijakan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan ekonomi Indonesia !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel