-->

MATERI SBDP PENGERTIAN, JENIS, TUJUAN DAN CONTOH REKLAME (LENGKAP)



Materi Seni budaya dan prakarya kelas 6 semester 1 tema 4.  
berikut ini adalah penjelasan mengenai Pengertian Reklame, jenis reklame, tujuan reklame dan contoh reklame

Reklame di ajarkan di pembelajaran ke 2 tema 4 tentang globalisasi sub tema 1.
tidak hanya diajarkan di kelas 6, reklame juga merupakan materi yang diajarkan di kelas 5  kebawah.

Pengertian  Reklame : kata reklame berasal dari kata reclomos . re artinya ulang, clomos artinya panggolan atau teriakan.

secara umum reklame diartikan sebagai media propaganda yang berfungsi untuk memperkenalkan dan menawarkan barang dagangan atau jasa agar dikeal oleh masyarakat. secara luas reklame diatikan sebagai sutu karya seni rupa yang bertujuan untuk menginformasikan , mengajak , menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa) kepada konsumen dengan cara yang menarik sehingga konsumen ingin memiliki , menggunakan atau membelinya.
 
reklame Diartikan juga sebagai  media yang digunakan untuk promosi. media visual merupakan jenis reklame yang memanfaatkan tulisan dan gambar yang diolah sedemikian rupa untuk mengkomunikasikan pesan tertentu kepada orang lain

tujuan reklame adalah, untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan, dan menawarkan produk.

berdasarkan tujuan pengadaannya dibedakan menjadi 2 yaitu reklame komersi dan nonkomersil.
reklame komersil adalah yang  sering digunakan oleh pedagang untuk menawarkan barang sementara non komersial adalah reklame yang bersifat mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu  atau memberi anjuran yang baik

reklame memiliki berbagai macam jenis.
poster, spanduk, selebaran, brosur. iklan, plakat, balliho, logo, buklet , leaflet

1. Poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum berupa pengumuman / iklan biasanya berbnetuk gambar yang dirancang sehingga menarik perhatian . Poster adalah jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempel ditempat-tempat umum yang strategis. 

2. Leaflet adalah jenis reklame yang berupa lembaran kecil yang dilipat lipat, berisi informasi lengkap dan rinci. Penyampaiannya dilakukan dengan cara diletakkan ditempat yang mudah diambil, disebarkan atau diberikan langsung kepada konsumen/ target. Berikut ini contoh reklame leaflet.

3. Banner adalah jenis reklame dengan bentuk potrait. 
Biasanya dicetak dengan menggunakan digital printing. Biasanya ditempatkan di depan toko atau instansi, dengan menggunakan penyangga.

4. Spanduk adalah informasi yang berupa kain rentang yang berisi slogan, propaganda/berita yang harus di ketahui umum. 
Spanduk adalah reklame yang memuat informasi reklame komersial atau non komersial yang dibuat secara ringkas, padat dan jelas menggunakan kain dan sejenisnya yang dibentangkan diantara dua tiang di tempat strategis dan ramai.

5. Embalase
Embalase adalah jenis reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk. Berfungsi sebagai daya tarik, pemberitahuan, informasi tentang produk tersebut.

6. Billboard
Billboard adalah jenis reklame yang berisi gambar atau tulisan yang menarik dan informatif dengan ukuran besar. Ditempatkan pada atap / dinding pertokoan atau instansi tertentu dengan sifat permanen.

7. Baliho adalah jenis reklame yang berisi gambar/ tulisan yang menarik dan informatif dengan ukuran besar, Ditempatkan di tempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat dan bersifat semi permanen.

8. Buklet adalah buku kecil yang biasanya akan digunakan untuk mewakili sebuah perusahaan, di mana di dalam buku tersebut berisi rincian produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan yang bersangkutan.

9. Selebaran adalah salah satu kemasan produk yang bersi pesan pesan grafis yang menarik untuk konsumen

10. Brosur adalah selebaran atau cetakan yang berisi keterangan   singkat tetapi lengkap. Brosur merupakan reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas, disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan dipahami konsumen/ target.

11. Kalender adalah pemberian nama pada periode waktu dalam sebuah sistem yang divisualisasikan pada media cetak atau elektronik. Kalender dalam bentuk media cetak dapat digunakan sebagai reklame dengan memberikan tambahan gambar dan tulisan sebagai reklame visual pada bagian depan atau bagian atas kalender. Berikut ini contoh reklame kalender.


Hal yang harus d perharikan dalam membuat reklame yaitu
  1. Slogan harus jelas dan mudah di mengerti,
  2. Bahasa baik dan menarik serta memiliki ukuran yang sesuai,
  3. Ilustrasi menarik dan mudah di ingat.
  4. Tata letak gambar dan tulisan baik

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah di ingat untuk memberi tahukan sesuatu.

Reklame  dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan medianya
1. reklame audio  : menggunakan media suara atau bunyi
2. reklame visual : menggunakan gambar
3. reklame audio visual  : gabungan dari gambar dan suara

Ciri-ciri reklame :
1. Berisi informasi, membujuk atau mengajak masyarakat untuk melakukan sesuatu 
2. Mengunakan kata -kata yang menarik agar pembaca berminat dan tertarik
3. terdapat slogan di dalamnya
4. terdapat gambar /ilustrasi untuk membuat reklame lebih menarik
5. tata letak antara tulisan dan gambar terlihat rapi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel