-->

Soal PTS Tema 1 kelas 4 Essai dengan jawaban





untuk melihat kunci jawaban dan soal Pilihan Ganda
silahkan KLIK DISINI (Pilihan ganda)
silahkan KLIK DISINI (Kunci Jawaban essay)
Soal PTS Tematik kelas 4 tema 1 kelas 4 Essai denga jawaba. untuk semester 1.
HOT (High Order Thinking) 


II. Isilah titik titik dengan jawaban yang tepat !
1. Perhatikan gambar berikut !




Jelaskan yang kamu ketahui tentang gambar diatas !
2. Sebutkan manfaat kerjasama !
3. Bagaimana sikap menghargai kebudayaan daerah?
4. Sebutkan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari paragraf dibawah !
Rumah Adat Joglo merupakan rumah adat yang berasal dari suku jawa yang kebanyakan bermukim di Jawa Tengah , dan Jawa Timur , dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Ketiga provinsi ini memiliki budaya yang hampir sama juga bangunan rumah adat yang hampir mirip satu sama lainnya . Rumah joglo dari Jawa tengah terkenal dengan gaya arsitekturnya yang unik dan sarat akan nilai filosofis tentang pola tingkah laku manusia dalam bermasyarakat , bahkan setiap sudut ruangan dan bentuk rumah ini memiliki makna tersendiri yang membuatnya semakin unik dan istimewa .
5. Perhatikan bacaan berikut !
Acara pernikahan merupakan bentuk perjanjian nikah yang dilakukan oleh pihak laki-laki dan perempuan, dan mungkin tidak asing lagi buat kita tentang suku Bugis, Sulawesi Selatan. Pernikahan dalam suku bugis Bulukumba dinamakan 'Mappabotting', berbeda dengan acara-acaran pesta pernikah yang berlansung atau dilakukan di sebuah gedung.
Mappabotting ini dilakukan apabila sudah ada persetujuan antara pihak laki-laki dan perempuan, dalam suku bugis ini memiliiki cerita yang sangat unik mengenai acara pernikahan. Sebelum pernikahan ada syarat yang dinamakan 'Maddutta', madduta ini adalah pihak keluarga laki-laki melamar perempuan dengan adanya uang untuk acara yang nantinya juga berlasung di rumah perempuan.
Madduta ini merupakan proses tawar-menawar sama halnya yaitu seperti pembeli dengan penjual dalam sistem jual-beli. Bila mana sudah ditentukan waktu pernikan, 2 hari sebelum acara mappabotting ada juga yang dinamakan 'Accado-cado'. Yaitu semua keluarga berdatangan menyambut rasa kebahagiaan karena ada salah satu keluarganya akan melansungkan pernikahan, dan mereka dengan bergotong royong bekerja untuk kesiapan acara pernikahan.
Adapun syarat pernikahan lainnya dalam suku Bugis yaitu mabbarasanji dan wenni appacingen. Mabbarasanji adalah membacakan ayat barsanji, sedangkan appacingen merupakan malam suci yang dimana anak yang akan melaksanakan pernikahan dihias dengan beberapa kosmetik tradisional.
Sebutkan gagasan pokok yang terdapat dalam bacaan diatas!
6. Sebutkan hal yang kamu ketahui dari gambar berikut !







7. Sebutkan contoh kerjasama dalam keberagaman di lingkungan masyarakat!
8. Darimanakah sumber bunyi berasal?
9. Bunyi tidak bisa merambat pada …..
10.Jelaskan proses terjadinya pendengaran !

0 Response to "Soal PTS Tema 1 kelas 4 Essai dengan jawaban "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel